5 Penyebab Punggung Terasa Panas yang Mungkin Tak Anda Sadari

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Kadang, punggung bisa tiba-tiba terasa panas tanpa Anda tahu apa alasannya. Sensasi panas tersebut juga bisa hilang sendiri, atau bisa juga disertai gejala lain yang mungkin jadi pertanda masalah kesehatan tertentu. Yuk, cari tahu beragam penyebab punggung terasa panas lewat artikel ini.

Berbagai penyebab punggung terasa panas

payudara besar beresiko sakit punggung

Ada banyak hal yang menyebabkan punggung terasa panas. Mungkin itu karena Anda keluar rumah tidak mengoleskan tabir surya, atau gejala gangguan saraf tertentu. Berikut ulasannya.

1. Nyeri saraf

Nyeri saraf menjadi salah satu penyebab paling umum dari punggung yang terasa panas atau hangat. Ketika kondisi ini disebabkan oleh nyeri saraf, gejala lain yang biasanya muncul yaitu sensasi terbakar dan kesemutan.

Selain itu, nyeri saraf juga kerap diikuti dengan gejala lainnya sepetri:

  • Mati rasa
  • Linu
  • Rasa tersentak tiba-tiba yang terasa seperti sengatan listrik pada punggung

Sensas panas yang muncul karena nyeri saraf muncul karena ada bagian saraf yang terluka atau  tertekan. Akibatnya, saraf tidak bisa mengirim sinyal sebagaimana mestinya sehingga tubuh memunculkan reaksi yang tidak biasa, seperti panas mati rasa, dan kesemutan.

Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, tetapi paling rentan dialami orang dengan diabetes sebagai komplikasi yang disebut neuropati diabetik. Kadar gula darah dan trigliserida yang terlalu tinggi bisa merusak saraf seiring dengan berjalannya waktu.

Sementara itu, jenis nyeri saraf lainnya yang juga kerap muncul dan jadi penyebab punggung terasa panas yaitu radikulopati. Kondisi ini muncul akibat ada tekanan atau peradangan saraf tulang belakang. Rasa sakit ini biasanya muncul di bagian punggung mana pun dan bisa bertambah buruk seiring dengan berjalannya waktu.

2. Kulit terbakar matahari

Punggung terasa panas setelah berkegiatan di luar ruangan seharian? Bisa jadi kulit Anda terbakar matahari lho. Matahari dapat dengan mudah membakar kulit yang terpapar apalagi ketika tidak ada pelindung di atasnya seperti baju dan sunscreen.

Ketika terbakar matahari, kulit akan terasa panas saat disentuh. Selain itu, Anda juga akan merasakan kesemutan yang tak kunjung hilang dalam waktu lama. Ciri lainnya yang sangat mudah dikenali yaitu kulit memerah dan mengelupas. Bahkan jika sengatannya cukup parah Anda bisa mengalami demam dan dehidrasi.

3. Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah gangguan medis jangka panjang yang menyebabkan nyeri di seluruh tubuh, sehingga menggangu aktivitas sehari-hari. Fibromyalgia juga jadi salah satu penyebab mengapa punggung terasa panas.

Para peneliti percaya bahwa fibromyalgia memperkuat sensasi rasa sakit dengan memengaruhi cara otak memproses sinyal tersebut.

Gejalanya biasanya muncul setelah seseorang mengalami trauma fisik, operasi, infeksi, atau stres secara psikologis. Dalam kasus lain, gejala secara bertahap menumpuk dari waktu ke waktu tanpa ada pemicu khususnya.

Rasa sakit yang muncul bisa di manapun tetapi biasanya berfokus pada otot yang sering digunakan seperti punggung. Rasa sakit ini bisa disertai dengan rasa hangat dan sensasi seperti terbakar. Ketimbang pria, wanita biasanya lebih sering mengalami kondisi yang satu ini.

4. Asam lambung naik (heartburn)

Kondisi ini terjadi ketika asam lambung masuk kembali ke kerongkongan. Biasanya masalah ini terjadi setelah seseorang makan terlalu banyak atau makan makanan yang sangat asam.

Dalam kasus yang cukup parah, heartburn bisa jadi penyebab punggung terasa panas. Biasanya kondisi ini disertai dengan sensasi rasa sakit yang menjalar ke punggung bagian tengah hingga atas.

5. Radikulitis lumbal

Kondisi ini biasanya muncul saat piringan lunak di sepanjang tulang belakang menekuk atau terpelintir. Kondisi ini bisa menyebabkan iritasi pada saraf tulang belakang bagian bawah dan merasakan rasa sakit seperti terbakar dan tajam.

Rasa sakitnya biasanya menjalar dari punggung bagian bahwa ke bokong dan kaki disertai dengan perubahan posisi. Berbagai perawatan yang membantu meringankannya yaitu terapi fisik, antiradang, dan steroid.

Untuk memastikan lebih jelas penyebab punggung yang terasa panas secara tiba-tiba, konsultasikan ke dokter terdekat.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca