Kenapa Hidung Saya Terasa Dingin? Apakah Normal?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Hidung terasa dingin ini sama halnya dengan kaki atau tangan yang dingin. Sebenarnya hal ini cukup umum terjadi dan ada banyak penyebab kenapa seseorang bisa mengalami hidung yang dingin. Lantas, apa saja penyebab hidung terasa dingin?

Penyebab hidung terasa dingin

Respon tubuh terhadap suhu lingkungan

Saat tubuh kedinginan, aliran darah akan secara otomatis mengalir ke pusat tubuh bertujuan menjaga organ inti berfungsi normal. Pembuluh darah yang terletak di bagian terluar dari tubuh dan kulit (terutama tangan, kaki, telinga, dan hidung) akan dikurangi aliran darahnya.

Aliran darah akan dibawa lebih banyak ke organ inti tubuh seperti otak, jantung, hati, ginjal, dan usus. Strategi ini dilakukan tubuh untuk menjaga agar darah tetap bisa hangat secara keseluruhan.

Itulah mengapa bagian tubuh yang di tepi luar lebih sering mengalami dingin. Ditambah lagi bagian luar hidung manusia sebagian besar terdiri dari tulang rawan yang tertutup oleh lapisan kulit yang tipis dan jumlah tumpukan lemak yang minim, sehingga hidung jauh lebih mudah menjadi dingin bahkan dibandingkan kaki atau perut.

Permasalahan dengan kelenjar tiroid

Hormon tiroid adalah penggerak yang sangat penting bagi metabolisme tubuh. Kondisi yang disebut hipotiroidisme, yakni gangguan tiroid yang kurang aktif, bisa membuat tubuh Anda berpikir bahwa kondisi tubuh sekarang itu dingin, walaupun sebenarnya tidak merasakan dingin.

Dalam keadaan hipotiroidisme ini, tubuh menyesuaikan dengan mencoba menghemat panas dan energi, sehingga menimbulkan banyak gejala metabolisme yang melambat, termasuk hidung yang dingin.

Hidung dingin akibat hipotiroid terjadi dengan gejala penyerta yakni:

  • Keletihan yang terus menerus
  • Penambahan berat badan
  • Melemahnya otot dan sendi
  • Rambut rontok
  • Kulit kering dan gatal
  • Intoleransi umum dingin (merasa kedinginan bahkan ketika berada di tempat yang hangat)

Fenomena Raynaud

Fenomena raynaud adalah kondisi saat tubuh membesar-besarkan respon dingin untuk tubuh normal. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah lokal di tangan dan kaki menyempit secara dramatis dalam waktu yang singkat sebelum kembali normal.

Tangan dan kaki paling sering terkena, tetapi bisa juga terjadi di telinga dan hidung. Gejala lain yang terjadi dalam sindrom Raymond:

  • Perubahan warna jadi warna putih atau kebiruan pada tangan, kaki, hidung, atau telinga
  • Mati rasa, kesemutan, kadang-kadang terasa sakit
  • Perasaan dingin di area tertentu yang bisa terjadi selama beberapa menit

Mengalami penyakit kronis

Anda juga mungkin mengalami gangguan peredaran darah salah satunya yang rendah ke hidung Anda. Kondisi ini membuat kadar oksigen dalam tubuh meningkat, dan menyebabkan jantung tidak memompa secara efektif atau efisien. Contohnya seperti:

Bagaimana mengatasi hidung yang terasa dingin ini?

Ini tergantung dengan apa yang menyebabkan hidung Anda terasa dingin, jika memang karena Anda memiliki masalah dengan kelenjar tiroid, atau penyakit jantung, diabetes, atau Raynaud Anda perlu konsultasi ke dokter untuk menemukan diagnosis yang tepat. Namun jika hidung terasa dingin hanya karena tubuh merasa kedinginan. Tindakan ini bisa Anda lakukan di rumah:

  • Kompres dengan air hangat. Basahi lap dengan air hangat yang bersih dan tempelkan pada hidung Anda hingga hidung ikut memanas
  • Minum minuman yang panas. Minum minuman panas seperti teh dapat membantu menghangatkan tubuh. Anda bahkan juga bisa membiarkan uap dari cangkir menghangatkan hidung.
  • Kenakan syal untuk membantu Anda tetap hangat.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juli 7, 2018 | Terakhir Diedit: Juni 20, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca