Benarkah Kanker Payudara Metastatik (Stadium 4) Tidak Bisa Sembuh Sama Sekali?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Kanker payudara metastatik terjadi ketika perkembangan sel kanker sudah mencapai tahap akhir atau stadium 4. Banyak orang yang menganggap bahwa kanker ini sudah tidak bisa lagi disembuhkan. Namun, belum tentu. Sudah saatnya kita meluruskan beragam mitos menyesatkan tentang kanker payudara metastatik agar setiap pengidapnya bisa mendapatkan pengobatan yang terbaik.

Mitos 1: Hanya wanita yang bisa kena kanker payudara metastatik

sembuh dari kanker payudara

Kanker payudara memang lebih banyak terjadi pada wanita. Namun, pria juga bisa terkena kanker ini dan mungkin lebih parah.

Kanker payudara pada pria justru biasanya ditemukan sudah pada stadium akhir karena terlambat terdeteksi. Sebagian besar pria masih beranggapan bahwa kanker payudara hanya bisa dialami oleh wanita.

Maka dari itu, yuk, kenali gejala kanker payudara pada pria sebelum terlambat!

Mitos 2: Kanker payudara metastatik tidak ada obatnya

obat pereda nyeri kanker

Kanker payudara metastatik memang tidak ada obatnya dan tidak bisa disembuhkan seutuhnya.

Metastatik artinya sel kanker sudah menyebar luas dalam tubuh. Namun, bukan berarti kanker ini tidak bisa diobati. Pengidap kanker payudara stadium 4 memerlukan pengobatan kanker seumur hidup untuk menjaga kondisinya tetap stabil. Selama pengobatan masih terus berlangsung, Anda akan tetap diberikan obat kemoterapi untuk mengendalikan perkembangan sel kankernya juga obat pereda nyeri lainnya.

Pengobatan yang diberikan akan tergantung usia, komplikasi yang mungkin ada, akses ke rumah sakit atau ke pelayanan kesehatan, dan kondisi kesehatan lainnya.

Mitos 3: Sel kanker menyebar karena salah pengobatan

waktu pengobatan kanker payudara

Jika Anda sudah telaten menjalani pengobatan kanker dari sejak awal tapi nyatanya stadium kanker Anda terus naik, bukan berarti pengobatannya yang salah.

Sel kanker tidak bisa diprediksi sama sekali perkembangannya. Terlebih, tidak ada satu pun tindakan medis yang bisa menjamin sel kanker akan berhenti berkembang total sehingga peluang kanker menyebar tetap ada.

Apapun jenis penanganannya, mulai dari terapi radiasi, kemoterapi, operasi, tetap saja masih ada peluang untuk sel kanker untuk terus berkembang.

Sekitar 20-30% pasien kanker payudara stadium awal akan tetap mengalami kekambuhan penyakitnya di kemudian hari.

Mitos 4: Lebih baik kena kanker payudara metastatik daripada kanker lainnya

perubahan yang terjadi selama pengobatan kanker payudara

Tidak ada kanker yang lebih baik atau yang lebih parah. Setiap jenis kanker sama berbahayanya dan sama-sama perlu pengobatan yang tepat agar tidak berakibat fatal.

Bedanya, setiap orang yang memiliki kanker payudara stadium 4 mungkin merasakan intensitas rasa sakit yang berbeda. Sebab masing-masing orang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda saat menghadapi kanker. Maka itu, beban kanker yang dialami masing-masing orang akan berbeda.

Mitos 5: Pengobatan kanker metastatik semuanya sama saja

pengobatan kanker darah

Tidak ada satu pengobatan kanker yang pasti cocok untuk mengobati semua jenis kanker. Ada begitu banyak pilihan pengobatan untuk kanker payudara stadium lanjut.

Jika cara yang satu sudah tidak efektif atau memang tidak mempan dari awal, biasanya ada perawatan lain yang akan dicoba.

Jika pengobatan tersebut tidak mempan untuk satu orang, bukan berarti akan pasti gagal juga untuk Anda. Pengobatan yang diberikan akan mengandung dosis yang berbeda-beda untuk tiap pasien.

Kondisi kesehatan tubuh di luar kanker juga menjadi pertimbangan dokter. Jika ada kondisi medis tertentu selain kanker, pengobatan pun akan disesuaikan menurut kondisi Anda keseluruhan. Bukan hanya melihat kankernya saja.

Jadi, wajar jika perawatan kanker berbeda-beda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca