4 Manfaat Daun Kenikir, Sayuran yang Kerap Disantap Sebagai Lalapan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Ada berbagai jenis sayuran, tapi tahukah Anda mengenai daun kenikir? Tumbuhan yang punya nama lain ulam raja ini mungkin memang tidak sepopuler bayam, kangkung, atau sawi. Namun, banyak orang yang belum tahu kalau ternyata ada segudang manfaat daun kenikir bagi kesehatan tubuh, lho. Penasaran untuk mencari tahu lebih jauh seputar sayuran ini? Baca terus ulasan ini, ya!

Apa saja kandungan nutrisi dalam daun kenikir?

daun kenikir

Kenikir atau yang bernama latin Cosmos caudatus adalah sebuah tanaman dengan bentuk daun membujur yang memiliki tangkai cukup panjang. Tanaman ini masuk ke dalam keluarga Asteraceae. C. caudatus yang awalnya berasal dari bagian Amerika Latin, hingga kemudian tubuh dan berkembang di Asia Tenggara.

Tanaman kenikir atau ulam raja memiliki tinggi yang bisa mencapai 3 meter, dengan bunga berwarna merah muda atau ungu. Daun merupakan salah satu bagian dari tanaman ini yang biasanya diambil dan diolah sebagai makanan.

Umumnya, sayuran ini lebih sering dijadikan santapan langsung bersama lalapan dan sambal alias dimakan mentah. Akan tetapi, beberapa orang juga menyukainya ketika direbus untuk dimakan sebagai sandingan sayuran lain dalam urap dan pecel.

Tak mau kalah dengan jenis sayuran lainnya, daun kenikir akan memberikan sejumlah nutrisi baik bagi tubuh Anda asalkan berhasil dibersihkan dan diolah dengan tepat.

Hal ini dibuktikan bahwa per 100 gram (gr) daun kenikir dapat menyumbang zat gizi seperti energi 45 kalori (kal), protein 3,7 gr, karbohidrat 6,6 gr, dan serat 5,8 gr. Menariknya lagi, jenis sayuran yang satu ini juga dilengkapi dengan berbagai mineral dan vitamin. Mulai dari 328 miligram (mg) kalsium, 65 mg fosfor, 2,7 mg besi, 6 mg natrium, 431 mg kalium, dan 0,6 mg seng.

Beberapa vitamin yang turut terkandung dalam sayuran ini yakni 12 mikrogram (mcg) karoten, 0,5 mg vitamin B1 (thiamin), 0,3 mg vitamin B2 (riboflavin), serta 4,5 mg niasin. Tidak berhenti sampai di situ saja, ulam raja juga memiliki banyak kandungan antioksidan di dalamnya yang semakin memperkaya nutrisinya.

Berbagai manfaat daun kenikir bagi kesehatan

Setelah mengetahui segudang kandungan zat gizi dalam sayuran yang satu ini, mungkin Anda masih bertanya-tanya khasiat apa lagi yang dimiliki ulam raja sehingga membuatnya patut dijadikan selingan menu makan harian keluarga.

Nah, berikut beberapa manfaat daun kenikir untuk membantu menunjang kesehatan tubuh:

1. Kaya akan antioksidan

masak makan sayuran

Antioksidan adalah senyawa unik yang bertugas untuk menangkal efek buruk dari serangan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Jika tidak segera dihentikan, radikal bebas ini dapat berkembang menjadi berbagai penyakit kronis yang merugikan kesehatan.

Sebenarnya, tubuh manusia memiliki kemampuan alami untuk menghasilkan antioksidan sendiri. Sayangnya, jumlah yang diproduksi tubuh kadang tidak cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan optimal, sehingga dibutuhkan asupan antioksidan dari luar.

Buah dan sayur-sayuran merupakan penyumbang antioksidan terbaik yang mudah didapatkan, salah satunya termasuk daun kenikir. Menurut hasil penelitian yang dimuat dalam Global Journal of Pharmacology, dari sekitar 37 jenis sayuran mentah yang diujicobakan, daun kenikir atau ulam raja ternyata mengandung jenis antioksidan flavonoid yang tinggi.

Para peneliti meyakini bahwa jenis antioksidan yang terkandung dalam sayuran ini berdampak positif untuk mencegah gangguan pencernaan. Selain itu, daun ulam raja turut dilengkapi dengan senyawa fenol (sejenis flavonoid) yang berpotensi berkhasiat sebagai bahan dasar obat-obatan.

2. Mencegah penyakit hipertensi

penyebab hipertensi

Daun ulam raja digadang-gadang memiliki efek antihipertensi, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh Anda yang berisiko terkena maupun ingin mencegah hipertensi. Terbukti bahwa ekstrak daun ulam raja dapat menghambat peningkatan frekuensi detak jantung pada hewan coba, menurut penelitian Journal of Research in Medical Sciences.

Jika dibandingkan, hasil penelitian tersebut setara dengan efek yang ditimbulkan dari obat antihipertensi. Di sisi lain, ada hal menarik lagi yang semakin memperkuat manfaat daun kenikir untuk mencegah hipertensi. Sayuran ini ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah berkat efek diuretik yang dimilikinya.

3. Menurunkan risiko penyakit diabetes

beda jenis diabetes

Masih dalam penelitian dengan jurnal yang sama, mendapatkan manfaat daun kenikir lainnya yang memiliki efek antidiabetes. Hasil tersebut didapat setelah para peneliti menemukan adanya penurunan gula darah yang cukup signifikan, pada hewan coba dengan berat obesitas yang sebelumnya telah diberi ekstrak daun ulam raja.

Ini dikarenakan daun ulam raja memiliki enzim yang mampu menghambat penyerapan glukosa di dalam sistem pencernaan. Lebih dari itu, daun ulam raja ini juga berpotensi mengelola kondisi hiperglikemia atau kadar gula darah terlalu tinggi di dalam tubuh.

4. Mencegah osteoporosis

penyebab demensia

Osteoporosis merupakan penyakit yang rentan terjadi di usia lanjut. Dalam hal ini, manfaat daun kenikir dipercaya dapat membantu mencegah osteoporosis pada wanita yang sudah mengalami menopause berkat kemampuannya dalam melindungi fungsi dan kondisi tulang.

Selama sekitar 8 minggu, sekelompok hewan coba yang memiliki perubahan komposisi tulang menyerupai pengeroposan tulang pada wanita menopause, telah diberikan ekstrak daun ulam raja. Alhasil, diperoleh kesimpulan bahwa volume dan komposisi tulang hewan coba tersebut secara umum dapat membaik secara bertahap.

Di samping itu, manfaat daun kenikir juga ditemukan dapat meningkatkan jumlah mineral, volume osteoid, serta osteoblas di dalam tulang. Meningkatkan tiga komposisi tulang ini dapat merangsang pembentukan dan perbaikan kondisi tulang dalam tubuh.

Terlepas dari bagaimana pun proses pengolahannya, pastikan untuk selalu mencuci bersih daun kenikir terlebih dahulu sebelum memasak atau memakannya mentah, ya!

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca