Suka Makan Cokelat Tiap Hari, Bikin Gemuk Atau Tidak, Ya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 16 Juni 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Cokelat adalah makanan yang disukai oleh sejuta umat. Rasanya yang manis dan sedikit pahit membuat cokelat menjadi camilan yang digemari maka itu tak heran jika banyak orang yang tak bisa lepas dari camilan manis ini. Namun, apakah makan cokelat tiap hari bisa meningkatkan berat badan?

Benarkah makan cokelat tiap hari bikin gemuk?

selai kacang cokelat

Tak hanya enak dimakan sebagai camilan, cokelat juga disebut-sebut punya segudang manfaat. Sayangnya, Anda tidak dianjurkan makan cokelat setiap hari karena dapat membuat berat badan naik.

Alasannya, cokelat ternyata mengandung kalori yang cukup tinggi. Hampir tiga potong cokelat atau sebesar kurang lebih 37 g mengandung 170 kalori, di mana 110 kalorinya berasal dari lemak. Jika Anda makan 37 g cokelat setiap hari tanpa mengurangi kalori lainnya, Anda secara otomatis menambahkan 1190 kalori ke dalam tubuh Anda selama satu minggu.

Jika dihitung-hitung lagi, berat badan akan naik 1 kg jika asupan Anda bertambah sekitar 7000 kalori. Nah, bila Anda makan cokelat tiap hari selama 6 minggu, berat badan Anda akan naik 1 kilo setiap 6 minggu sekali atau 7 kilo dalam satu tahun.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin merasakan manfaat kesehatan dari mengonsumsi cokelat, pastikan Anda mengonsumsi dengan jumlah yang tepat. Hanya dengan makan cokelat tiap hari sebanyak satu potong kecil dengan kandungan 30 kalori saja, Anda tetap bisa merasakan manfaat kesehatan dari makan cokelat tiap hari tanpa meningkatkan risikonya untuk kesehatan.

Nutrisi yang terkandung di dalam cokelat adalah natrium, riboflavin, vitamin E, gula, kalsium, potasium, dan protein. Dark chocolate mengandung 3.14 gram serat di dalam 28 gram cokelat, sedangkan cokelat susu mengandung 0.5 gram serat dan cokelat putih tidak mengandung serat sama sekali.

Tak bisa lepas dari cokelat? Begini cara sehat makan cokelat

cokelat dan kecerdasan

Bagi Anda yang tidak bisa ‘melepaskan’ cokelat dari makanan Anda sehari-hari, jangan khawatir! Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati dampak cokelat terhadap tubuh Anda, sehingga Anda tetap bisa mengonsumsi cokelat tanpa harus khawatir berat badan Anda bertambah setiap harinya.

1. Atur porsi makan cokelat tiap hari

Jika Anda benar-benar tidak bisa jika tidak makan cokelat tiap harinya, pastikan Anda mengatur porsi cokelat yang hendak Anda makan setiap harinya dan jangan dilanggar. Artinya, Anda tetap bisa makan cokelat tiap hari namun pada jumlah yang telah Anda tentukan untuk diri sendiri.

Tentu saja tidak pada jumlah yang banyak, yang penting Anda tetap bisa menikmati kelezatan cokelat yang Anda sukai setiap hari.

2. Pilih cokelat dengan kalori lebih rendah

Kalori pada cokelat susu lebih tinggi dibandingkan kalori pada dark chocolate, sehingga pilihlah dark chocolate jika Anda ingin mengonsumsi cokelat setiap hari. Apalagi, dark chocolate lebih mengenyangkan dibandingkan cokelat susu sehingga Anda tetap akan merasa kenyang dan senang hanya dengan dark chocolate.

3. Imbangi dengan makanan sehat

Meski Anda ingin makan cokelat tiap hari, usahakan untuk mengimbangi asupan gizi harian Anda dengan makanan sehat lain seperti sayuran, buah-buahan, dan gandum. Sehingga selain cokelat, tubuh Anda tetap sehat dengan asupan gizi lainnya. Dengan begitu, kalori yang Anda konsumsi bisa seimbang.

4. Konsumsi cokelat dalam bentuk lain

Konsumsi cokelat harian Anda dalam bentuk lain. Misalnya, Anda biasa mengonsumsi kopi pada pagi hari dan makan cokelat kemudian. Daripada menumpuk kalori, sebaiknya ganti kopi yang biasa Anda minum pagi hari dengan asupan cokelat dalam bentuk minuman, seperti cokelat hangat. Sehingga, Anda pun tidak bosan dalam mengonsumsi cokelat. Cokelat dalam bentuk minuman memiliki manfaat kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan cokelat batangan.

5. Kurangi asupan makanan lainnya

Jika Anda lebih memilih untuk mengonsumsi cokelat setiap hari, maka Anda harus rela mengurangi asupan kalori Anda pada makanan lainnya jika Anda tidak ingin berat badan Anda meningkat karena terlalu banyak makan cokelat.

Bayangkan bahwa cokelat adalah ‘hadiah’ untuk diri Anda dari diri Anda sendiri, oleh sebab itu jangan memaksakan diri untuk makan makanan lain yang mengandung kalori tinggi karena dengan begitu berat badan Anda akan tetap melonjak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Alih-Alih Bikin Gemuk, Makan Cokelat Bisa Turunkan Berat Badan. Kok Bisa?

Katanya, cokelat bisa bikin gemuk dan menaikkan gula darah. Namun, ada juga yang bilang kalau cokelat bisa bikin berat badan turun. Benarkah demikian?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Nutrisi, Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 7 September 2018 . Waktu baca 5 menit

10 Cara Menyenangkan untuk Bisa Hidup Lebih Panjang Umur

Umur kita di dunia siapa yang tahu. Namun, Anda bisa melakukan 10 aktivitas seru dan menyenangkan ini agar panjang umur dan selalu awet muda.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Hidup Sehat, Fakta Unik 14 Juli 2018 . Waktu baca 7 menit

Makan Cokelat Ternyata Baik Bagi Penderita Sindrom Iritasi Usus (IBS)

Cokelat tidak hanya bisa memperbaiki suasana hati, ternyata juga bisa meredakan gejala IBS. Lalu, berapa banyak batasan makan cokelat untuk iritasi usus?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 26 Mei 2018 . Waktu baca 3 menit

Rasanya Memang Lezat, Tapi Apakah Selai Cokelat Kacang Benar-Benar Sehat?

Banyak orang suka makan roti dengan olesan selai kacang cokelat saat sarapan. Namun, apa dampaknya untuk kesehatan? Apa benar menyehatkan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Nutrisi, Hidup Sehat 4 Mei 2018 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

anak kebanyakan makan cokelat

Si Kecil Gila Cokelat di Hari Natal? Batasi Asupannya ya, Bu!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 25 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit
tanda orang cerdas

10 Tanda Orang Cerdas yang Jarang Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 7 Juni 2019 . Waktu baca 7 menit
cokelat menyebabkan jerawat

Benarkah Makan Cokelat Kebanyakan Bisa Bikin Jerawatan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 April 2019 . Waktu baca 3 menit
bubuk kakao biji coklat

10 Khasiat Menakjubkan Kakao Bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2018 . Waktu baca 12 menit