Mencuci Daging Ayam Mentah Sebelum Dimasak Ternyata Berbahaya, Lho!

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 27/11/2017
Bagikan sekarang

Anda mungkin terbiasa untuk mencuci setiap bahan makanan mentah sebelum dimasak. Mencuci buah dan sayuran memang langkah terbaik untuk membilas bersih sisa-sisa kotoran dan pestisida yang mungkin masih menempel. Namun tahukah Anda, ternyata tak semua bahan makanan boleh dicuci dulu sebelum dimasak? Mencuci daging ayam mentah justru berbahaya bagi kesehatan. Kenapa begitu?

Mencuci daging ayam mentah tingkatkan risiko penyebaran infeksi

Ada banyak bakteri yang terdapat pada daging ayam mentah. Bakteri yang biasanya terdapat pada daging ayam adalah Campylobacter, penyebab utama dari infeksi saluran cerna, seperti diare.

Itu sebabnya agar tidak terjangkit diare (atau yang lebih parah, keracunan makanan), Anda mungkin berpikir untuk mencucinya terlebih dulu sebelum diolah. Di lain sisi, kuman dan bakteri penyakit yang dibilas tersebut malah bisa berpindah tempat ke bagian dapur lain, peralatan masak di sekitarnya, bahkan hinggap di baju Anda.

Pasalnya, ketika Anda mencuci daging mentah, tanpa Anda sadari air cucian yang notabene mengangkut bakteri dari daging tersebut akan terciprat ke mana-mana. Meskipun jumlah bakteri yang berpindah mungkin tidak terlalu banyak, namun tetap cukup untuk membuat Anda rentan terinfeksi.

Jika tidak dicuci, bagaimana bakteri dalam daging ayam bisa mati?

Anda tak perlu takut keracunan bila tidak mencuci daging ayam mentah dengan air. Jika Anda memasak ayam dengan benar, bakteri dan kuman akan tetap hilang dan mati. Bakteri tidak dapat hidup di suhu yang tinggi, sehingga untuk membuat semua kuman-kuman yang ada di daging ayam mati, Anda hanya harus memasaknya di suhu minimal 75 derajat Celsius.

cara memasak ayam

Tak hanya cara memasak, berikut adalah hal yang harus Anda perhatikan ketika akan memasak daging ayam agar tidak terkontaminasi dengan bakteri dan kuman:

  • Jangan cairkan daging ayam beku di dalam suhu ruangan. Bila memang daging ayam masih beku, maka sebaiknya pindahkan daging dari freezer ke kulkas bagian bawah. Pastikan bahwa daging tertutup rapat. Membiarkan daging di luar ruangan hanya akan menarik bakteri untuk tumbuh di daging.
  • Pastikan kalau peralatan memasak sudah bersih. Biasanya kontaminasi bakteri sangat mudah terjadi akibat penggunaan peralatan masak yang tidak bersih. Cuci peralatan masak, seperti pisau dan talenan setelah Anda menggunakannya untuk memotong bahan makanan apapun. Jika tidak, hal ini akan menimbulkan kontaminasi silang, yang kemudian membuat bakteri menempel pada makanan Anda.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Diare Jadi Tanda Anda Sedang Hamil Muda, Benar atau Tidak?

Banyak wanita mengalami gangguan pencernaan seperti diare pada awal masa kehamilan. Namun, benarkah diare adalah tanda hamil muda?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

Di antara silaturahmi dan makan di banyak rumah, dikelilingi sajian Lebaran penuh lemak dan kolesterol, kita bisa tetap menjalaninya dengan sehat, lho.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
Hari Raya, Ramadan 21/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 29/05/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
makan nasi merah setiap hari

Bolehkah Makan Nasi Merah Setiap Hari?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020