backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

9 Manfaat Daun Kari, dari Sehatkan Rambut hingga Jantung

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Klinik Chika Medika


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 28/08/2023

9 Manfaat Daun Kari, dari Sehatkan Rambut hingga Jantung

Tidak hanya membuat makanan menjadi lebih sedap dan beraroma, daun kari rupanya juga memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tumbuhan yang juga dikenal dengan nama “salam koja” ini sudah sejak lama dipercaya dapat mengurangi risiko diabetes, menjaga kesehatan rambut, hingga melindungi Anda dari penyakit jantung.

Kandungan daun kari

Sudah cukup lama bagian daun dari tanaman Murraya koenigii ini digunakan sebagai obat tradisional.

Tentu saja, khasiat yang ada di dalam daun kari tidak terlepas dari kandungan gizi dan berbagai bahan aktif yang ada di dalamnya, seperti:

  • alkaloid,
  • glikosida,
  • fenolik,
  • asam oksalat,
  • vitamin A,
  • vitamin C,
  • kalsium,
  • serat,
  • protein,
  • karbohidrat, dan
  • karotin.

Dengan berbagai kandungan di dalamnya, Murraya koenigii juga memiliki sifat antioksidan, antidiabetes, antibakteri, dan antinosiseptif (menurunkan kepekaan pada rangsangan yang menyebabkan rasa sakit).

Manfaat daun kari

daun kari

Selama diolah dengan tepat dan tidak dikonsumsi berlebihan, daun Murraya koenigii bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Membantu melindungi tubuh dari penyakit kronis

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa daun kari mengandung berbagai senyawa seperti linalool, alpha-terpinene, dan mirene.

Senyawa-senyawa tersebut merupakan antioksidan. Dengan antioksidan, tubuh Anda akan lebih mampu menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit.

Salah satu permasalahan yang kerap muncul karena radikal bebas adalah stres oksidatif. Jika dibiarkan, stres oksidatif akan membuat tubuh Anda rentan terkena penyakit kronis, seperti kanker dan jantung.

2. Menyehatkan rambut

Kandungan protein dan beta karoten pada daun kari diyakini bisa membuat rambut Anda lebih sehat. Pasalnya, kedua zat ini mampu membantu mengatasi rambut rontok dan penipisan rambut.

Selain itu, daun kari juga berpotensi menghilangkan sel kulit mati pada lapisan kepala. Manfaat ini tidak terlepas dari kandungan antioksidan di dalamnya yang menyehatkan sel kulit.

Meski begitu, masih dibutuhkan lebih lanjut mengenai penggunaan Murraya koenigii sebagai salah satu bahan perawatan rambut.

Selain itu, hasil penggunaan pada setiap orang mungkin berbeda-beda.

3. Membantu menurunkan berat badan

Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, daun Murraya koenigii bisa membantu melancarkan pencernaan Anda sehingga berat badan Anda ikut terjaga.

Selain itu, daun kari juga dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan dengan cara mengeluarkan racun dari tubuh dan membakar lemak berlebih.

Namun agar hasilnya optimal, di samping mengonsumsi daun kari, Anda tentu juga membutuhkan olahraga rutin.

4. Membantu mengurangi risiko penyakit jantung

Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Kedokteran Diponegoro menunjukkan bahwa daun kari dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung pada tikus.

Pada percobaan tersebut, tikus dengan obesitas yang diberi ekstrak Murraya koenigii setiap hari selama sepuluh hari mengalami penurunan kadar kolesterol dan trigliserida.

Khasiat tersebut diduga berasal dari kandungan alkaloid yang cukup tinggi pada daun kari. Alkaloid merupakan senyawa yang efektif untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

Sementara itu, kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dalam darah merupakan faktor penyebab penyakit jantung.

5. Berpotensi menurunkan risiko kanker

Dengan kandungan zat antikanker dan antioksidannya yang tinggi, daun kari dipercaya mampu membantu mengurangi risiko kanker, terutama kanker payudara.

Senyawa yang dikenal cukup aktif mencegah penyebaran sel kanker adalah alkaloid, flavonoid, dan fenol. Manfaat ini bisa diperoleh dengan cara mengolah ekstrak daun kari dengan etanol.

Meski begitu, Anda sebaiknya tidak menjadikan Murraya koenigii sebagai satu-satunya pengobatan untuk kanker payudara. Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya.

6. Membantu mengurangi risiko diabetes

Salah satu kandungan mineral yang ada pada Murraya koenigii adalah zinc. Mineral ini membantu hormon insulin dalam mengendalikan kadar gula darah.

Jika kinerja insulin terjaga, gula darah pun akan ikut terkontrol. Dengan begitu, Anda bisa turut mengurangi risiko penyakit diabetes.

Meski kandungan zinc pada daun kari tidak setinggi makanan lain, seperti daging dan kacang-kacangan, tanaman obat ini bisa membantu memenuhi kebutuhan zinc harian.

7. Meredakan gejala rematik

Rematik merupakan salah satu jenis penyakit autoimun yang ditandai dengan nyeri dan peradangan pada sendi.

Meski masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, daun Murraya koenigii dipercaya dapat membantu mengatasi rematik dengan cara mengurangi nyeri sendi.

Pemanfaatan tumbuhan ini sebagai obat herbal rematik sejauh ini masih dilakukan pada tikus dengan pemberian melalui oral.

8. Membantu menyembuhkan luka

clover honey untuk luka

Khasiat daun kari yang satu ini berasal dari suatu zat yang disebut alkaloid karbazol. Zat ini akan membantu proses penyembuhan luka dan pertumbuhan rambut baru di sekitar kulit yang terluka.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu menggiling daun kari dengan sedikit air sampai membentuk pasta.

Setelah itu, oleskan pada kulit yang terluka dan biarkan semalaman. Bila perlu, tutup dengan kain kasa.

Perlu diketahui bahwa penggunaan Murraya koenigii untuk mengobati luka hanya bisa dilakukan untuk luka kecil seperti lecet atau memar.

9. Manfaat lainnya

Selain berbagai manfaat di atas, berikut adalah sejumlah khasiat daun kari menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Health Sciences and Research (2016).

  • Membantu mengobati anemia.
  • Menjaga kesehatan mata.
  • Membantu mencegah sirosis hati.
  • Menjaga kesehatan pencernaan.
  • Meringankan mual dan muntah.

Cara mengonsumsi daun kari

Daun kari biasanya diolah menjadi ekstrak atau pasta untuk digunakan secara topikal (dioleskan langsung pada kulit).

Anda bisa mencari obat herbal dengan ekstrak Murraya koenigii, tetapi usahakan untuk membeli produk yang sudah terdaftar di BPOM.

Sementara jika Anda ingin mengolah Murraya koenigii sendiri, pastikan untuk memilih daun yang berkualitas dan mencucinya sampai bersih terlebih dahulu.

Efek samping daun kari

manfaat daun kari curry leaf leaves

Sama seperti penggunaan obat herbal lainnya, daun Murraya koenigii juga dapat menyebabkan efek samping bagi penggunanya.

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi yang ditandai dengan ruam, gatal-gatal, hingga sesak napas.

Selain itu, ada juga risiko gangguan pencernaan jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Kondisi ini ditandai dengan diare, kembung, dan mual.

Mengingat tumbuhan ini dapat menurunkan tekanan darah, orang dengan tekanan darah rendah sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Begitu pula bagi Anda yang mengonsumsi obat-obatan medis seperti obat diabetes atau obat untuk tekanan darah tinggi.

Interaksi antara obat medis dan herbal mungkin meningkatkan efek samping atau mengurangi keampuhan obat.

Kesimpulan

  • Daun kari mengandung berbagai bahan aktif yang memiliki sifat antioksidan, antidiabetes, antibakteri, dan antinosiseptif.
  • Manfaatnya antara lain menyehatkan rambut, menurunkan berat badan, meredakan gejala rematik, membantu penyembuhan luka, serta mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes.
  • Dapat menimbulkan efek samping berupa alergi dan gangguan pencernaan. Tumbuhan ini mungkin berinteraksi dengan obat medis seperti obat diabetes dan obat untuk tekanan darah tinggi.

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Klinik Chika Medika


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 28/08/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan