Hidup dengan diabetes? Anda tidak sendiri. Ikut komunitas kami sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Para Pengidap Diabetes

Manfaat Buah Mengkudu untuk Para Pengidap Diabetes

Buah mengkudu terkenal memiliki manfaat sebagai obat untuk membantu mengatasi berbagai penyakit, termasuk diabetes. Namun, apakah anggapan tersebut sudah terbukti benar? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa manfaat buah mengkudu untuk diabetes?

kandungan dan manfaat buah mengkudu

Mengkudu atau Morinda citrifolia adalah buah berwarna kuning kehijauan dengan rasa pahit dan berbau tak sedap.

Tanaman ini dapat ditemukan di Kepulauan Pasifik, Asia Selatan, dan Asia Tenggara, khususnya Tahiti, Hawaii, Australia, hingga India.

Buah mengkudu sering dikonsumsi masyarakat sebagai obat-obatan tradisional untuk membantu mengatasi penyakit.

Beberapa tahun ke belakang, buah mengkudu disebut-sebut juga memiliki manfaat berikut untuk penderita diabetes.

1. Menurunkan kadar gula darah

gula darah normal

Anggapan bahwa buah mengkudu dapat menurunkan kadar gula darah telah dibuktikan pada berbagai penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan dan manusia.

Penelitian pada hewan percobaan pengidap diabetes

Studi yang dipublikasikan oleh Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine mengamati efek antidiabetes pada buah mengkudu yang difermentasi dengan cheonggukjang.

Cheonggukjang adalah pasta kedelai yang difermentasi dengan cepat.

Penelitian tersebut dilakukan pada tikus percobaan pengidap diabetes yang dibagi menjadi empat kelompok, salah satunya diberikan fermentasi mengkudu selama 90 hari.

Hasilnya, gula darah pada tikus percobaan terbukti menurun. Hal ini berhubungan dengan penurunan resistensi insulin yang dialami hewan percobaan setelah mengonsumsi fermentasi mengkudu.

Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa buah mengkudu yang telah difermentasi dengan cheonggukjang dapat digunakan sebagai makanan kesehatan untuk pengobatan diabetes melitus tipe 2.

Penelitian pada pasien diabetes

Bukti bahwa buah mengkudu memiliki manfaat untuk penderita diabetes tertera di jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine pada tahun 2018.

Penelitian tersebut dilakukan pada 20 pasien diabetes tipe 2 yang sedang menjalani perawatan standar untuk mengatasi diabetes, termasuk diet rendah karbohidrat dan obat-obatan antidiabetik.

Pasien-pasien tersebut diminta mengonsumsi sari buah mengkudu dalam jumlah tertentu setiap hari selama delapan minggu.

Hasilnya, rata-rata kadar gula darah pagi para pasien menurun. Kadar glukosa darah pada beberapa pasien dengan hiperglikemia juga menurun.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa konsumsi harian sari buah mengkudu dapat bermanfaat untuk mengatur gula darah pasien diabetes tipe 2.

2. Menurunkan berat badan

diet yang ampuh

Selain terbukti dapat menurunkan gula darah pada pasien diabetes, buah mengkudu juga disebut dapat menurunkan berat badan berlebih.

Hal itu disebutkan dalam jurnal Foods yang dipublikasikan pada tahun 2018. Jurnal tersebut menunjukkan berbagai manfaat kesehatan buah mengkudu, salah satunya menurunkan berat badan.

Seperti yang diketahui, berat badan berlebih hingga obesitas dapat meningkatkan risiko Anda mengalami diabetes.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah mengkudu secara rutin mungkin memiliki manfaat untuk mencegah diabetes di kemudian hari.

3. Mengontrol tekanan darah

alat pengukur tekanan darah digital

Satu lagi manfaat buah mengkudu untuk para pengidap diabetes yaitu mengontrol tekanan darah. Hal ini juga disebutkan dalam jurnal Foods.

Ketika mengidap diabetes, Anda perlu memantau tekanan darah. Jika tekanan darah Anda tinggi, ini dapat mempersulit aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk jantung.

Alhasil, Anda lebih berisiko mengalami serangan jantung atau stroke. Anda juga punya risiko yang lebih besar untuk mengalami semua komplikasi diabetes.

Artinya, buah mengkudu mungkin bisa Anda jadikan santapan rutin agar terhindar dari bahaya komplikasi diabetes.

Tips mengonsumsi buah mengkudu

Buah mengkudu memang tak begitu mengguggah selera karena rasanya yang pahit dan baunya tidak sedap.

Oleh karena itu, cara membuat jus buah mengkudu agar lebih enak untuk diminum pengidap diabetes adalah mencampurnya dengan buah-buahan lainnya.

Anda bisa menambahkan buah-buahan yang juga aman untuk pengidap diabetes, seperti apel atau kiwi.

Sebaiknya hindari menambahkan gula apalagi dalam jumlah yang banyak karena justru bisa meningkatkan kadar glukosa darah Anda.

Manfaat buah mengkudu untuk diabetes

Berbagai penelitian di atas menunjukkan bahwa buah mengkudu mungkin memiliki manfaat untuk pengidap diabetes.

Namun, perlu diingat bahwa penelitian tambahan tetap dibutuhkan untuk membuktikan seberapa efektif buah mengkudu sebagai obat alami diabetes.

Buah mengkudu juga tidak bisa Anda jadikan sebagai satu-satunya pengobatan untuk mengatasi diabetes.

Anda tetap perlu mengikuti rencana pengobatan yang dirancang dokter, khusus untuk kondisi Anda.

Jangan ragu untuk berdiskusi atau melakukan konsultasi dengan dokter sebelum memutuskan ingin minum jus buah mengkudu.

Anda atau keluarga hidup dengan diabetes?

Anda tidak sendiri. Ayo gabung bersama komunitas pasien diabetes dan temukan berbagai cerita bermanfaat dari pasien lainnya. Daftar sekarang!


health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Algenstaedt, P., Stumpenhagen, A., & Westendorf, J. (2018). The Effect ofMorinda citrifoliaL. Fruit Juice on the Blood Sugar Level and Other Serum Parameters in Patients with Diabetes Type 2. Evidence-Based Complementary And Alternative Medicine, 2018, 1-10. doi: 10.1155/2018/3565427

Nerurkar, P., Hwang, P., & Saksa, E. (2015). Anti-Diabetic Potential of Noni: The Yin and the Yang. Molecules, 20(10), 17684-17719. doi: 10.3390/molecules201017684

Lee, S., Park, S., Hwang, J., Yi, S., Nam, Y., & Lim, S. (2012). Antidiabetic Effect of Morinda citrifolia(Noni) Fermented by Cheonggukjangin KK-AyDiabetic Mice. Evidence-Based Complementary And Alternative Medicine, 2012, 1-8. doi: 10.1155/2012/163280

Diabetes – Symptoms and causes. (2021). Retrieved 30 April 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/symptoms-causes/syc-2037144https://www.cdc.gov/diabetes/basics/diabetes.html

West, B., Deng, S., Isami, F., Uwaya, A., & Jensen, C. (2018). The Potential Health Benefits of Noni Juice: A Review of Human Intervention Studies. Foods, 7(4), 58. doi: 10.3390/foods7040058

UK, D., confidence, M., & possible, Y. (2021). Diabetes and blood pressure. Retrieved 30 April 2021, from https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/managing-your-diabetes/blood-pressure

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fajarina Nurin Diperbarui 24/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x