Sandiaga Dikabarkan Cegukan Terus-menerus, Ini Beberapa Penyebabnya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Sandiaga S. Uno dikabarkan mengalami cegukan tanpa henti, sebagaimana dilansir dari Kompas.com (17/04). Kondisi ini rupanya bukanlah hal baru di dunia medis. Meski umum terjadi, cegukan yang tak kunjung berhenti bisa menjadi sinyal kondisi kesehatan lain. Lantas, apa saja penyebab seseorang tak bisa berhenti cegukan?

Mengapa seseorang bisa cegukan?

Cegukan adalah kondisi umum yang bisa dialami oleh siapa pun. Kondisi ini terjadi karena adanya kontraksi pada otot diafragma yang terjadi secara tiba-tiba tanpa bisa dikendalikan diikuti dengan pita suara yang menutup cepat dan membuat suara yang berbeda.

Kebanyakan orang biasanya hanya akan mengalami cegukan selama beberapa menit saja. Namun, ada yang mengalaminya selama lebih dari 48 jam.

Kalau sudah begini, Anda mungkin mengalami cegukan kronis yang dapat menggangu tidur dan makan minum Anda. Dampak serius dapat terjadi seperti kelelahan, dehidrasi dan penurunan berat badan. Oleh karena itu Anda perlu segera konsultasi ke dokter.

Penyebab seseorang cegukan terus-menerus

Sebenarnya, belum ada penyebab yang pasti mengapa seseorang bisa mengalami kondisi ini. Namun, seperti diungkapkan dalam situs Mayo Clinic, cegukan kemungkinan disebabkan oleh porsi makan yang terlalu banyak, konsumsi alkohol atau minuman soda.

Beberapa pemicu lain yang juga menjadi penyebab cegukan tak berhenti, antara lain:

  • Perubahan suhu tiba-tiba di dalam perut
  • Terlalu banyak udara masuk saat makan permen karet atau mengisap permen
  • Masalah emosional, seperti stres, kecemasan, dan kegembiraan berlebihan
  • Makanan pedas
  • Minuman yang panas
  • Penyakit tertentu yang melukai saraf pengatur diafragma

Selain beberapa penyebab di atas, beberapa jenis operasi juga diketahui dapat menyebabkan cegukan. Operasi yang bisa memicu cegukan biasanya adalah operasi yang memerlukan anestesi atau prosedur operasi yang melibatkan organ perut.

Apakah cegukan terus-menerus berbahaya?

Cegukan adalah kondisi yang umum, tapi tidak dengan cegukan yang terus-menerus. Cegukan tanpa henti selama lebih dari 48 jam bisa jadi mengindikasikan adanya suatu kondisi kesehatan lain dalam diri Anda.

Cegukan yang terjadi lebih dari 48 jam atau bahkan lebih disebut sebagai cegukan kronis.

Kondisi ini lebih rentan menyerang laki-laki dibandingkan dengan wanita. Cegukan kronis bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur, depresi, kelelahan, dehidrasi, serta menurunnya berat badan.

Cegukan kronis bisa mengindikasikan adanya tanda-tanda penyakit serius, seperti gangguan saluran pencernaan, gangguan sistem saraf pusat, kerusakan saraf, bahkan kanker.

Untuk memastikan penyebabnya dan mendapatkan perawatan yang tepat, sebaiknya kunjungi dokter Anda apabila cegukan Anda tak kunjung berhenti.

Cara menghilangkan cegukan terus-menerus yang tak kunjung berhenti

Sekalipun merupakan kondisi yang umum, cegukan kadang bisa mengganggu dan seseorang ingin segera menghilangkannya.

Terdapat beberapa cara menghilangkan cegukan, baik secara alami maupun menggunakan obat-obatan. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan cegukan.

Cara menghilangkan cegukan secara alami

  • Menahan napas sebentar
  • Bernapas menggunakan kantong kertas
  • Berkumur dengan air
  • Minum air dingin sedikit demi sedikit
  • Memberikan tekanan lembut pada bola mata
  • Memijat perut bagian atas
  • Menelan butiran gula
  • Tekuk kaki ke arah dada dan tempelkan dada Anda ke kaki untuk menekannya

Cara menghilangkan cegukan dengan obat

Obat-obatan kadang juga digunakan untuk menghilangkan cegukan yang tak kunjung berhenti. Namun, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui mana obat yang tepat untuk Anda.

Beberapa obat untuk menghilangkan cegukan tanpa henti antara lain:

Sumber foto: bbc.com

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan