Kenapa Saya Sering Mengalami Gangguan Pencernaan Saat Haid dan Bagaimana Mengatasinya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 23 April 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Diare merupakan salah satu gangguan pencernaan saat menstruasi yang sering dikeluhkan. Seorang spesialis penyakit dalam dan sistem pencernaan dari Cleveland Clinic di Amerika Serikat, dr. Jamile Wakim Fleming mengatakan bahwa 50 persen wanita mengalami beberapa gangguan pencernaan saat menstruasi tiba atau bahkan sejak sebelumnya. Yang paling sering dikeluhkan yaitu diare, sembelit, dan perut begah. Lantas, mengapa menstruasi bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Mengapa menstruasi bisa menyebabkan gangguan pencernaan?

Selain kram dan sakit perut, diare menjadi salah satu kondisi yang sering dikeluhkan saat menstruasi. Hal ini dikaitkan dengan prostaglandin, yaitu zat kimia yang menyebabkan uterus terus berkontraksi. Nah, prostaglandin juga akan memicu kontraksi pada usus.

Produksi prostaglandin dalam tubuh umumnya meningkat mendekati masa haid, sehingga rahim bisa lebih efektif mendorong darah untuk keluar. Sayangnya, prostaglandin juga dapat memicu diare yang menyebabkan Anda lebih sering bolak-balik ke kamar mandi.

Selain diare, prostaglandin juga dapat menyebabkan rasa sakit lain yang berhubungan dengan dismenore (nyeri saat haid). Kram dan diare yang dipicu oleh prostaglandin biasanya terjadi pada tiga hari pertama haid Anda.

Penyebab lainnya yakni hormon progesteron. Peningkatan kadar progesteron dalam tubuh sebelum menstruasi dapat memengaruhi sistem gastrointestinal dengan mempercepat atau memperlambat pencernaan. Hal ini dikarenakan gerakan usus dapat berubah dengan kadar hormon yang berbeda. Oleh karena itu, tak hanya diare yang menjadi keluhan tetapi juga konstipasi atau sembelit bisa menjadi efek haid yang cukup menganggu.

Dr. Christine Greves, seorang dokter kandungan di Pusat Kebidanan dan Kandungan di Orlando Health, Florida mengatakan bahwa wanita yang memiliki endometriosis lebih berisiko mengalami sembelit. Diare, sembelit, perut begah, dan mual juga bisa terjadi seminggu sebelum menstruasi datang.

Bagaimana cara mengatasi gangguan pencernaan saat menstruasi?

1. Minum obat diare

obat diabetes sulfonilurea

Jika haid Anda teratur, cobalah untuk mengonsumsi obat antidiare ketika gejala PMS seperti diare muncul (meskipun haidnya belum tiba). Ingat, penggunaan obat sebaiknya hanya dikonsumsi saat Anda mengalami gejala diare yang cukup parah dan sering. Jika diare yang terjadi hanya sesekali dan tidak mengganggu aktivitas Anda, maka Anda tidak perlu mengonsumsi obat jenis apa pun.

2. Minum air yang banyak

air putih obat infeksi saluran kencing alami

Usahakan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan banyak minum air. Selain itu, konsumsilah makanan tinggi serat untuk melancarkan pencernaan serta mengurangi gejala diare saat menstruasi. Namun, jika Anda mengalami sembelit, hindari makanan berserat tinggi karena dapat mengakibatkan feses semakin padat dan sulit dikeluarkan.

3. Konsumsi probiotik

punya maag boleh makan yogurt

Untuk mengatasi gangguan pencernaan saat menstruasi, mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik seperti yogurt bisa jadi solusinya. Bakteri baik yang terkandung dalam probiotik dapat membantu menyeimbangkan kontraksi usus berlebihan yang menjadi penyebab diare dan sembelit.

4. Tambah asupan vitamin B6 atau kalsium (jika memang dianjurkan dokter)

minum suplemen kolagen

Minum suplemen vitamin B6 atau kalsium ketika PMS muncul juga bisa mengurangi gangguan pencernaan saat menstruasi. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi ibuprofen sebelum haid tiba. Hal ini dimaksudkan untuk mengatasi berbagai gejala PMS, termasuk nyeri haid.

Namun, setiap obat atau suplemen yang akan Anda konsumsi harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Selain itu, jika diare dan sembelit yang terjadi disertai dengan buang air besar berdarah serta gejala lainnya, bisa jadi Anda punya penyakit tertentu yang lebih serius. Segera periksa ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang diminati banyak orang. Tapi, apakah Anda tahu apa saja manfaat yoga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fitriana Deswika
Latihan Kelenturan, Kebugaran 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Bahaya Mie Instan Jika Terlalu Sering Dikonsumsi

Mie instan mungkin makanan favorit masyarakat Indonesia, terutama anak kos di akhir bulan. Namun, tahukah Anda bahaya makan mie instan?

Ditinjau oleh: Hello Sehat Medical Review Team
Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Fakta Gizi, Nutrisi 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Hati-hati! Ini 6 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Oleh Tikus

Tikus terkenal sebagai hewan yang jorok karena bisa menyebabkan penyakit. Berikut adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh tikus yang perlu diwaspadai.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi 24 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Pernahkah Anda tiba-tiba mengeluarkan air mani meski tak menerima rangsangan apapun? Berikut ini penjelasannya secara medis.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

wanita berbulu lebat nafsu tinggi seks

Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
tidak tumbuh jenggot dan kumis

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
obat sariawan

Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
sakit kepala setelah cabut gigi

Kenapa Bisa Sakit Kepala Setelah Cabut Gigi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit