home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Penyebab Telinga Gatal yang Sering Luput dari Perhatian

6 Penyebab Telinga Gatal yang Sering Luput dari Perhatian

Saat telinga gatal, Anda mungkin refleks menggaruk atau mengorek telinga di depan umum untuk cepat meredakan gatalnya. Selain bikin malu, mengorek telinga juga bahaya karena bisa merusak bagian dalam telinga yang terdapat banyak saraf. Setiap orang pasti pernah merasakan telinga gatal, tapi mungkin penyebabnya beda-beda. Berikut berbagai penyebab telinga gatal.

Berbagai penyebab telinga gatal

1. Telinga kotor

Telinga Anda gatal mungkin karena jarang dibersihkan. Namun, membersihkan telinga juga tidak boleh sembarangan. Jangan gunakan cotton bud untuk mengorek kotoran telinga, apalagi pakai kuku tangan.

Pakai obat tetes telinga mengandung hidrogen peroksida atau sodium bikarbonat yang bisa dibeli di apotek untuk membersihkan telinga. Anda juga bisa teteskan sedikit baby oil atau minyak zaitun ke dalam telinga, dan tunggu 5 menit. Cara ini bisa melunakkan dan kemudian meluruhkan kotoran telinga.

Jika gatalnya sudah sangat mengganggu, pergi ke dokter untuk membersihkan telinga Anda.

2. Infeksi

Telinga yang gatal dan bengkak juga bisa diakibatkan oleh infeksi telinga luar (otitis eksterna). Otitis eksterna biasanya paling rentan terjadi setelah Anda berenang. air kolam yang masuk dan terperangkap dalam telinga bisa membuat kondisi dalam telinga jadi lembap, yang ideal untuk tumbuh kembang kuman dan bakteri.

3. Telinga kering

Kebalikan dari penyebab nomor 1. Ketika telinga tidak cukup menghasilkan cairan serumen (yang sering disebut kotoran telinga), telinga juga bisa jadi gatal.

Kotoran telinga membantu kondisi lingkungan dalam telinga tetap lembap. Saat telinga tidak memproduksi serumen yang cukup, kondisi di dalamnya akan sangat kering dan bahkan bisa mengelupas. Inilah yang menyebabkan telinga Anda gatal.

4. Efek dari alat bantu dengar

Alat bantu dengar dapat menyebabkan air terperangkap dalam telinga. Kondisi telinga dalam yang lembap mengundang bakteri dan virus untuk berkembang biak sehingga telinga mudah gatal. Selain itu, alat bantu dengar yang tidak pas dapat memberikan tekanan pada area tertentu di telinga yang bisa menyebabkan gatal.

5. Dermatitis saluran telinga

Dermatitis saluran telinga terjadi ketika kulit di dalam dan sekitar saluran telinga meradang. Biasanya, kondisi ini terjadi akibat reaksi alergi terhadap produk yang mengenai bagian dalam atau luar telinga. Misalnya, sampo, kondisioner, atau perhiasan logam seperti anting.

6. Psoriasis

Psoriasis menyebabkan kulit mengalami ruam merah dengan bercak keperakan yang terangkat. Kondisi ini bisa menyerang telinga hingga membuatnya terasa gatal.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What Causes Itchy Ear?

https://www.healthline.com/symptom/itchy-ear accessed on August 8th 2018

Why do My Ears Itch?

https://www.webmd.com/cold-and-flu/ear-infection/why-do-my-ears-itch#1  accessed on August 8th 2018

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Tanggal diperbarui 27/08/2018
x