home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Sakit Telinga Akibat Otitis Media? Ini Pilihan Pengobatannya

Sakit Telinga Akibat Otitis Media? Ini Pilihan Pengobatannya

Telinga nyeri saat sedang berbaring, ada tekanan dalam telinga, sakit kepala, demam hingga 38 derajat Celcius – apakah Anda mengalami ini semua? Kalau begitu, bisa jadi sakit telinga yang Anda rasakan ini adalah tanda dari otitis media. Otitis media seringnya terjadi pada anak-anak, tetapi bukan berarti orang dewasa tidak bisa mengalami kondisi ini. Lantas, harus apa jika ini terjadi?

Apa itu otitis media?

telinga terasa tersumbat

Otitis media adalah kondisi infeksi telinga di bagian telinga tengah. Infeksi ini umumnya disebabkan oleh bakteri atau virus. Sakit telinga otitis media ini terasa sangat nyeri dan mengganggu. Bahkan bisa membuat orang sulit tidur karena terjadi peradangan sekaligus penumpukan cairan di area telinga tengah. Selain itu, cairan juga dapat keluar dari telinga.

Infeksi telinga ini memang tidak menimbulkan komplikasi dalam jangka waktu panjang. Namun, tetap ada beberapa komplikasi yang bisa terjadi jika infeksi ini tidak ditangani.

Misalnya saja terganggunya kemampuan pendengaran, infeksi menyebar ke bagian lain misalnya mastoiditis (infeksi yang menyebar ke tulang mastoid), hingga robeknya gendang telinga. Komplikasi ini semua tidak permanen, bisa sembuh ketika infeksi otitis media sudah diobati dengan baik. Maka itu, diperlukan pengobatan otitis media yang tepat.

Bagaimana cara mengobati otitis media?

telinga berair

Pada saat mengalami otitis media ada beberapa hal yang diatasi, yakni rasa nyeri yang Anda alami, dan obat yang dibutuhkan untuk melawan bakteri.

Mengatasi rasa nyeri

Untuk mengatasi rasa nyeri ini, ada dua hal yang pada umumnya bisa Anda lakukan:

Kompres hangat

Menaruh lap hangat dan lembap di atas telinga yang terkena infeksi untuk mengurangi rasa sakit.

Obat nyeri

Dokter Anda biasanya akan menyarankan penggunaan obat pereda nyeri yang bisa dibeli di apotek, seperti acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil, Mortin IB) untuk menghilangkan rasa sakit yang sudah tidak terbendung lagi menggunakan kompres hangat.

Gunakanlah obat pereda nyeri ini sesuai dosis dan petunjuk yang diberikan. Apalagi jika ini dialami oleh anak-anak. Sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda sebelum memberikan obat pereda nyeri akibat otitis media pada anak.

Melawan pertumbuhan bakteri

Selain meredam rasa nyeri yang ditimbulkan akibat infeksi, mungkin diberikan juga obat antibiotik untuk melawan serangan bakteri yang terjadi dalam telinga. Ada banyak pilihan antibiotik yang biasa diberikan pada orang dengan otitis media:

  • Amoxicillin (Amoxil, Trimox, Wymox)
  • Cefixime (Suprax)
  • Cefuroxime Axetil (Ceftin)
  • Cefprozil (Ceffil)
  • Cefpodoxime (Vantin)
  • Cefdinir (Omnicef)
  • Clindamycin (Cleocin HCl)
  • Clarithomycin (Biaxin)
  • Azithromycn (Zithromax)
  • Ceftriaxone ( Rocephin)

Semua pilihan antibiotik yang diberikan adalah antibiotik yang diminum, bukan yang diteteskan ke telinga. Untuk informasi lebih jauh, konsultasikan langsung dengan dokter Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Medscape. 2018. Acute Otitis Media Medication. [Online] Tersedia pada: https://emedicine.medscape.com/article/859316-medication#showall (Diakses 2 Oktober 2018)

Mayo Clinic. 2018. Ear Infection (Middle Ear). [Online] Tersedia pada: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ear-infections/diagnosis-treatment/drc-20351622 (Diakses 2 Oktober 2018)

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 07/10/2018
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita