Kelelahan memang suatu hal yang wajar. Terlalu banyak melakukan aktivitas dapat menyebabkan Anda merasa kelelahan, artinya Anda butuh istirahat sebentar sebelum melanjutkan aktivitas Anda kembali. Namun, jika Anda sering kelelahan, mungkin ini menjadi hal yang tidak wajar. Ada berbagai penyebab Anda merasa kelelahan, mulai dari kurang tidur, kurang aktivitas fisik, dan masih banyak lagi. Ada juga penyebab kelelahan karena alasan medis. Selanjutnya, Anda bisa lihat penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Anda sering kelelahan

Kelelahan dapat terjadi pada semua orang, mulai dari tingkat ringan, sedang, sampai kelelahan berat. Anda mungkin mengalami kelelahan seperti seolah-olah Anda belum tidur, sehingga Anda tidak bisa mengerjakan tugas Anda dengan baik, atau Anda menjadi tidak produktif di rumah.

Kelelahan bisa terjadi karena berbagai hal, yang terkadang mungkin Anda tidak ketahui apa penyebabnya. Berikut ini merupakan beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab dari sering kelelahan:

1. Masalah kesehatan

Ada banyak masalah kesehatan yang dapat membuat Anda merasa lelah. Contohnya saja, seperti anemia, diabetes, masalah tiroid, penyakit celiac, sleep apnearematik, alergi, intoleransi makanan, sampai penyakit jantung. Biasanya kelelahan karena kondisi medis ini disertai dengan gejala lainnya. Kondisi lainnya, seperti kehamilan juga dapat menyebabkan kelelahan (terutama di 12 minggu pertama kehamilan), namun ini sangat normal terjadi pada setiap ibu hamil.

Tak hanya masalah medis, kelelahan juga bisa terjadi pada Anda yang mempunyai masalah kelebihan berat badan maupun kekurangan berat badan. Kelebihan berat badan membuat tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk dapat melakukan aktivitas. Sedangkan, pada orang yang kekurangan berat badan, ia memiliki kekuatan otot yang lebih lemah, sehingga bisa lebih cepat merasa kelelahan.

2. Masalah psikologi

Kelelahan juga bisa terjadi karena masalah psikologis. Penyebab ini lebih sering terjadi dibandingkan masalah kesehatan/ fisik. Salah satu masalah psikologis yang bisa menyebabkan kelelahan adalah kecemasan. Kecemasan dapat menyebabkan Anda mengalami insomnia, yang jika terjadi terus-menerus akan mengakibatkan Anda merasa kelelahan yang sering.

Kekhawatiran tentang masalah pekerjaan, keuangan, asmara, atau masalah di kehidupan sehari-hari Anda lainnya dapat membuat Anda menjadi kelelahan. Karena, kekhawatiran ini menyebabkan energi Anda terkuras dan tidur Anda kurang nyenyak. Selain kecemasan, depresi juga dapat membuat Anda merasa lebih lelah.

3. Gaya hidup

Selain karena kedua hal di atas, kelelahan juga bisa disebabkan karena faktor gaya hidup. Ini mungkin tidak seberat masalah kesehatan dan psikologi, namun pada akhirnya gaya hidup Anda dapat memengaruhi kesehatan dan psikologi Anda.

Gaya hidup, seperti sering mengonsumsi minuman beralkohol, merokok, memiliki pola makan yang buruk, dan sering begadang dapat membuat Anda sering merasa kelelahan. Jika Anda sering minum minuman beralkohol, ini dapat membuat Anda depresi dan juga memengaruhi tidur Anda, pada akhirnya dapat menyebabkan Anda merasa kelelahan.

Selain itu, gaya hidup lain yang mungkin sudah biasa Anda lakukan, seperti kurang gerak, kurang minum, kurang mengonsumsi makanan tertentu (seperti makanan kaya zat besi), sering melewatkan sarapan, sering makan junk food, dan kebiasaan buruk lainnya juga dapat menyebabkan Anda mengalami kelelahan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca