Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Riset Temukan Potensi Vaksin Meningitis Cegah Gonore

Riset Temukan Potensi Vaksin Meningitis Cegah Gonore

Beberapa studi terbaru menjelaskan bahwa vaksin meningitis dapat mencegah terjadinya penyakit gonore. Seperti apa penggunaannya dan benarkah vaksin meningitis untuk gonore ini terbukti mengurangi risiko infeksi gonore? Ini penjelasannya.

Hasil penelitian vaksin meningitis untuk gonore

Peneliti dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Departemen Kesehatan Philadelphia, serta Departemen Kesehatan dan Kebersihan Mental Kota New York mengamati kasus infeksi menular seksual (IMS) gonore dan klamidia.

Observasi dilakukan pada pasien berusia 16 – 23 tahun dari 2016 hingga 2018. Hasil studi ini kemudian diterbitkan dalam jurnal The Lancet Infectious Diseases (2022).

Peneliti mencari berapa banyak dari pasien tersebut yang telah menerima vaksin 4CMenB (empat komponen serogrup B meningokokus) untuk meningitis.

Peneliti mengidentifikasi pada 167.706 kasus IMS (18.099 kasus gonore, 124.876 kasus klamidia, dan 24.731 kasus koinfeksi gonore dan klamidia) ada 109.737 orang yang telah melakukan imunisasi.

Kemudian, ada 4.032 orang menerima dosis pertama vaksin 4CMenB, 3.596 orang menerima dua dosis (vaksinasi lengkap), dan 64 orang menerima tiga dosis.

Penelitian menemukan bahwa efikasi vaksinasi lengkap 40% efektif melawan gonore, efikasi vaksinasi satu dosis adalah 26% efektif melawan gonore. Namun, vaksin tidak efektif melawan koinfeksi gonore dan klamidia.

Temuan ini menunjukkan bahwa vaksin 4CMenB dapat menawarkan perlindungan terhadap gonore dan memberikan bukti lebih lanjut yang mendukung kelayakan vaksin meningitis untuk infeksi menular seksual.

Studi lain dari The Lancet Infectious Diseases (2022), tim yang dipimpin oleh peneliti dari University of Adelaide, Australia mengevaluasi dampak dan efektivitas program vaksinasi 4CMenB.

Penelitian ini mengobservasi efikasi vaksin meningitis untuk gonore pada anak-anak usia 0 – 3 tahun, remaja usia 15 – 16 tahun, dan dewasa muda usia 17 – 20 tahun terhadap meningitis dan gonore.

Peneliti menemukan bahwa efikasi dua dosis vaksin sebesar 32,7% terhadap infeksi gonore. Observasi dilakukan selama dua tahun sejak tahun 2019 pada hampir 100.000 remaja dan dewasa muda.

Bagaimana vaksin meningitis bekerja mencegah gonore?

gonore

Gonore adalah salah satu infeksi menular seksual yang paling umum.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat penyakit yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae (N. gonorrhoeae) ini mengakibatkan 82 juta kasus infeksi di seluruh dunia pada tahun 2020.

Hal ini diperparah dengan meningkatnya resistensi antibiotik selama pengobatan gonore, ada kekhawatiran kalau pilihan pengobatan gonore menjadi semakin terbatas.

Cepatnya infeksi gonore mengembangkan resistensi terhadap antibiotik, ini mendorong vaksin mulai disarankan sebagai solusi untuk mengatasi penyakit tersebut.

Sementara itu, belum ada vaksin yang secara khusus dikembangkan untuk mencegah gonore, terutama bagi masyarakat yang berusia di bawah 30 tahun.

Gonore selama ini hanya bisa dihindari lewat pemakaian alat kontrasepsi.

Namun, riset akhirnya menunjukkan vaksin 4CMenB yang dirancang untuk melawan Neisseria meningitidis, rupanya turut memberikan perlindungan terhadap bakteri N. gonorrhoeae.

Seorang ahli virologi dan direktur laboratorium dari Nevada Fertility Institute dan asisten profesor klinis di University of Nevada Las Vegas School Kedokteran, dr. Cindy M. Duke menjelaskan mengapa vaksin meningitis ikut bekerja mencegah gonore.

“Bakteri meningitis dan bakteri yang menyebabkan gonore termasuk dalam keluarga bakteri yang sama. Walaupun mereka berbeda, mereka sebenarnya saudara laki-laki dan perempuan,” ujarnya.

Oleh karena itu, kedua bakteri tersebut terkait erat. Antibodi yang diproduksi dari vaksin meningitis juga dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap infeksi gonore.

Apakah vaksin meningitis bisa mencegah gonore?

pakai kondom sesudah ereksi

Sejauh ini, beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa vaksin meningitis untuk gonore memiliki potensi untuk mencegah gejala atau tanda gonore terjadi pada manusia.

Namun, studi-studi tersebut masih bersifat observasi dan memerlukan pengamatan lebih lanjut.

Uji coba klinis yang berfokus pada penggunaan vaksin 4CMenB terhadap gonore diperlukan untuk lebih memahami efek perlindungannya.

Selain itu, uji coba klinis ini berguna untuk menemukan wawasan baru dalam pengembangan vaksin khusus untuk gonore.

Cara lain mencegah gonore

Sementara belum adanya vaksin khusus gonore, Anda dapat mencegah infeksi ini dengan menjalani gaya hidup sehat.

Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terinfeksi gonore.

1. Gunakan kondom jika berhubungan seks

Tidak melakukan hubungan seks adalah cara paling mudah untuk mencegah gonore. Namun, jika Anda memilih untuk berhubungan seks (oral, anal, dan vaginal), gunakan kondom.

2. Setia dengan pasangan

Berkomitmen dalam hubungan monogami atau berhubungan seks hanya dengan satu pasangan juga dapat menurunkan risiko Anda terinfeksi IMS.

Pastikan Anda dan pasangan sudah menjalani tes atau skrining infeksi menular seksual sebelum berhubungan seks. Jalani tes dan beritahu hasilnya kepada pasangan.

3. Hindari hubungan seks berisiko

Jangan berhubungan seks dengan seseorang yang tampaknya memiliki infeksi menular seksual.

Jika pasangan Anda memiliki tanda atau gejala infeksi menular seksual, seperti rasa terbakar saat buang air kecil atau ruam atau luka genital, jangan berhubungan seks dengan orang tersebut.

4. Jalani tes gonore secara teratur

Pertimbangkan tes atau skrining gonore secara teratur. Skrining IMS tahunan direkomendasikan untuk wanita yang aktif secara seksual di bawah usia 25 tahun.

Ini juga termasuk pria yang memiliki pasangan seks baru, lebih dari satu pasangan seks, atau pasangan seks dengan infeksi menular seksual.

Kesimpulan

  • Vaksin khusus untuk gonore hingga sekarang belum tersedia.
  • Vaksin meningitis untuk gonore dianggap memiliki potensi untuk mencegah terjadinya gonore, tapi penelitian lebih lanjut masih diperlukan.
  • Anda dapat mencegah terjadinya infeksi menular seksual gonore dengan menjalani gaya hidup sehat dan hubungan seksual yang aman.
Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Abara, W. E., Bernstein, K. T., Lewis, F., Schillinger, J. A., Feemster, K., Pathela, P., Hariri, S., Islam, A., Eberhart, M., Cheng, I., Ternier, A., Slutsker, J. S., Mbaeyi, S., Madera, R., & Kirkcaldy, R. D. (2022). Effectiveness of a serogroup B outer membrane vesicle meningococcal vaccine against gonorrhoea: a retrospective observational study. The Lancet. Infectious diseases, S1473-3099(21)00812-4. Advance online publication. https://doi.org/10.1016/S1473-3099(21)00812-4

Wang, B., Giles, L., Andraweera, P., McMillan, M., Almond, S., Beazley, R., Mitchell, J., Lally, N., Ahoure, M., Denehy, E., Koehler, A., Flood, L., & Marshall, H. (2022). Effectiveness and impact of the 4CMenB vaccine against invasive serogroup B meningococcal disease and gonorrhoea in an infant, child, and adolescent programme: an observational cohort and case-control study. The Lancet. Infectious diseases, S1473-3099(21)00754-4. Advance online publication. https://doi.org/10.1016/S1473-3099(21)00754-4 

Whittles, L. K., Didelot, X., & White, P. J. (2022). Public health impact and cost-effectiveness of gonorrhoea vaccination: an integrated transmission-dynamic health-economic modelling analysis. The Lancet. Infectious diseases, S1473-3099(21)00744-1. Advance online publication. https://doi.org/10.1016/S1473-3099(21)00744-1 

Dall, C. (2022). Studies highlight meningitis vaccine’s potential against gonorrhea. CIDRAP: Center for Infectious Disease Research and Policy University of Minnesota. Retrieved May 9, 2022 from, https://www.cidrap.umn.edu/news-perspective/2022/04/studies-highlight-meningitis-vaccines-potential-against-gonorrhea 

Gonorrhea – Symptoms & causes. (2021). Mayo Clinic. Retrieved May 9, 2022 from, https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gonorrhea/symptoms-causes/syc-20351774 

Multi-drug resistant gonorrhoea. (2021). World Health Organization. Retrieved May 9, 2022 from, https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/multi-drug-resistant-gonorrhoea

Healthline. (2022). Meningitis Vaccines Help Protect Against Gonorrhea. Retrieved 9 May 2022, from https://www.healthline.com/health-news/how-meningitis-vaccines-can-help-protect-against-gonorrhea

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ilham Fariq Maulana Diperbarui 4 weeks ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro