backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

9 Rekomendasi Rumah Sakit di Bandung dengan Fasilitas Terbaik

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 26/12/2023

9 Rekomendasi Rumah Sakit di Bandung dengan Fasilitas Terbaik

Ketersediaan fasilitas dan tenaga medis profesional tentu dibutuhkan di kota-kota besar, salah satunya Kota Bandung. Untuk mengetahui rekomendasi rumah sakit terbaik di Bandung dan sekitarnya, simak pembahasan di bawah ini.

Pilihan rumah sakit terbaik di Bandung dan sekitarnya

Sebagai ibu kota Jawa Barat, Bandung termasuk peringkat lima besar kota di Indonesia dengan jumlah penduduk terbanyak, yakni lebih dari 2,4 juta jiwa.

Dengan banyaknya jumlah penduduk tersebut, wilayah Bandung dan sekitarnya memiliki jajaran rumah sakit terbaik yang mampu memberikan pelayanan kesehatan mumpuni.

Bagi Anda yang berdomisili di kawasan ini, berikut ini adalah daftar nama rumah sakit pemerintah dan swasta di Kota Bandung dan sekitarnya yang bisa dikunjungi.

1. RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung

tes kesehatan sebelum menikah pria

Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin Bandung (RSHS) yang sudah berdiri sejak 1920 ini adalah rumah sakit umum tipe A yang dimiliki oleh Kementerian Kesehatan.

Seiring dengan perkembangan zaman, RSHS yang awalnya hanya menyediakan 300 tempat tidur kini telah memiliki lebih dari 1.000 tempat tidur dengan layanan yang lengkap.

Adapun, enam layanan unggulan dari RSHS meliputi pelayanan onkologi, pelayanan jantung terpadu, pelayanan infeksi, bedah minimal invasif, kedokteran nuklir, dan transplantasi ginjal.

Alamat: Jl. Pasteur No.38, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40161

Nomor telepon: (022) 2034953

2. Santosa Hospital Bandung Central

Santosa Hospital Bandung Central merupakan rumah sakit swasta bertaraf internasional yang berlokasi tepat di pusat Kota Bandung.

Rumah sakit ini memiliki kapasitas 500 tempat tidur, dengan 28 tempat tidur di kelas VVIP dan 20 tempat tidur di kelas VIP, yang mampu memberikan pelayanan prima.

Selain layanan unggulan di bidang jantung, saraf, dan mata, rumah sakit bertipe A ini memiliki fasilitas penunjang, seperti apartemen, taman penyembuhan (healing garden), dan helipad.

Alamat: Jl. Kebon Jati No.38, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181

Nomor telepon: (022) 4248333

3. RSUD Kota Bandung

Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung adalah rumah sakit yang dikelola Pemerintah Kota Bandung dengan pelayanan BPJS Kesehatan terbaik.

Rumah sakit pemerintah terbaik di Jawa Barat ini punya 27 poliklinik spesialis, di antaranya penyakit dalam, ortopedi, saraf, gigi, serta jantung dan pembuluh darah.

Anda tidak perlu khawatir akan sistem administrasi yang menyulitkan, sebab RSUD Kota Bandung telah memiliki sistem pendaftaran daring atau online yang mudah diakses.

Alamat: Jl. Rumah Sakit No.22, Pakemitan, Kec. Cinambo, Kota Bandung, Jawa Barat 45474

Nomor telepon: (022) 7811794

4. Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung

Berlokasi di jalan protokol Kota Bandung, Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung bisa menjadi salah pilihan rumah sakit umum untuk Anda berobat.

Sebagai salah satu rumah sakit swasta tertua yang berdiri sejak 1921, Rumah Sakit Santo Borromeus menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan terbaru sesuai tuntutan zaman.

Salah satu fasilitas unggulan dari rumah sakit ini ialah medical gym. Fasilitas ini bisa membantu pasien pemulihan pascacedera atau operasi dengan didampingi oleh fisioterapis profesional.

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.100, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Nomor telepon: (022) 2552000

5. Mayapada Hospital Bandung

Diresmikan pada Maret 2023 lalu, Mayapada Hospital Bandung (MHDB) menyediakan layanan kesehatan terlengkap dengan didukung oleh tenaga medis terbaik di Jawa Barat.

Rumah sakit swasta ini memiliki empat layanan unggulan, seperti Oncology Center, Cardiovascular Center, Tahir Neuroscience Center, dan Tahir Uro-nephrology Center.

MHDB termasuk ke dalam rumah sakit bertipe B dengan kapasitas 195 tempat tidur yang bisa memenuhi kebutuhan pasien sesuai dengan kondisi yang dialaminya.

Alamat: Jl. Terusan Buah Batu No.5, Batununggal, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40266

Nomor telepon: (022) 86023777

6. RSUD Al-Ihsan Provinsi Jawa Barat

cara menggunakan BPJS rawat inap

Rumah Sakit Islam Al-Ihsan di Baleendah, Kabupaten Bandung, yang berdiri pada tahun 1993 berubah nama menjadi RSUD Al-Ihsan Provinsi Jawa Barat sejak 2004.

Perubahan pada rumah sakit yang saat ini dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini juga sejalan dengan fasilitas dan dokter spesialis yang cukup lengkap.

Sejumlah layanan unggulan dari RSUD Al-Ihsan Provinsi Jawa Barat, seperti poliklinik onkologi, diabetes, hingga jantung, kini juga telah ditunjang dengan peralatan kesehatan modern.

Alamat: Jl. Kiastramanggala, Baleendah, Kec. Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40375

Nomor telepon: (022) 5940872

7. RSAU dr. M. Salamun

Tidak hanya melayani anggota TNI Angkatan Udara (TNI AU), RSAU dr. M. Salamun juga dapat memberikan layanan kesehatan untuk masyarakat umum.

Rumah sakit militer tingkat II yang berlokasi di Ciumbuleuit, Bandung, ini punya 259 tempat tidur serta sarana kesehatan lain, seperti laboratorium, bank darah, dan CT-scan.

Salah satu fasilitas kesehatan unggulan dari RSAU dr. M. Salamun ialah klinik hemodialisis atau cuci darah untuk menangani pasien dengan kerusakan ginjal.

Alamat: Jl. Ciumbuleuit No.203, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40142

Nomor telepon: (022) 2032090

8. Rumah Sakit Immanuel Bandung

Sebagai rumah sakit ramah usia lanjut, Rumah Sakit Immanuel Bandung punya layanan khusus untuk membantu proses pengobatan pada pasien berusia 60 tahun ke atas.

Rumah sakit swasta tipe B ini menyediakan 341 kamar tidur dengan fasilitas layanan kesehatan lengkap, mulai dari klinik rawat jalan, rawat inap, dan instalasi gawat darurat (IGD) 24 jam.

Rumah sakit ini juga memiliki 20 titik taman yang dapat memberikan kenyamanan bagi pasien dan keluarga selama menjalani perawatan.

Alamat: Jl. Raya Kopo No.161, Situsaeur, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40233

Nomor telepon: (022) 5201656

9. RSU Hermina Soreang

Hadir bagi masyarakat Soreang dan sekitarnya, RSU Hermina Soreang memberikan pelayanan yang mumpuni dengan menyediakan 111 tempat tidur.

Rumah sakit swasta di Kabupaten Bandung ini memiliki keunggulan pada pelayanan kesehatan ibu dan anak, yakni dengan klinik tumbuh kembang (KTK), perinatologi, serta PICU dan NICU.

Tak hanya itu, rumah sakit yang melayani pasien BPJS Kesehatan ini juga dibekali dengan IGD, ambulans 24 jam, serta poliklinik, seperti penyakit dalam, ortopedi, dan gigi.

Alamat: Jl. Terusan Al Fathu No.9A, Sarilamping, Soreang, Kec. Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40911

Nomor telepon: (022) 5892525

Itulah daftar rekomendasi rumah sakit di Bandung dan sekitarnya dengan fasilitas serta layanan kesehatan terbaik yang dapat Anda kunjungi.

Selain rekomendasi di atas, Anda juga bisa melihat daftar rumah sakit terdekat dari lokasi Anda untuk mendapatkan perawatan sesuai dengan kebutuhan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 26/12/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan