Ini Alasan Kenapa Anda Harus Melepas Perhiasan dan Tindik Selama Operasi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 16 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Persiapan operasi tidak hanya melulu soal rawat inap dan puasa dulu beberapa jam sebelumnya. Terutama jika Anda memakai perhiasan atau tindik tubuh, Anda juga akan diminta untuk melepasnya sebelum masuk ruang operasi. Bukan, ini bukan karena dokter atau suster Anda cemburu dengan gemerlap perhiasan tubuh Anda atau karena takut hilang. Alasan kenapa Anda harus lepas perhiasan sebelum operasi ada kaitannya dengan keselamatan Anda selama dibedah. Kok bisa?

Lepas perhiasan selama persiapan operasi adalah untuk keselamatan Anda

Banyak orang yang menganggap kalau alasan melepaskan perhiasan sebelum masuk ke ruangan operasi adalah takut barang tersebut hilang. Sebenarnya, hal ini tidak sepenuhnya salah. Namun, di balik hal itu ada alasan medis mengapa Anda tidak diperbolehkan untuk menggunakan perhiasan ketika operasi berlangsung. Apa saja alasannya?

1. Mengganggu prosedur operasi

Jika dokter Anda menginstruksikan Anda untuk melepas tindik dan semua perhiasan di tubuh, jangan ragu untuk menurutinya. Sebab, ini ditakutkan dapat mengganggu prosedur operasi yang akan dilakukan atau bahkan membahayakan nyawa Anda.

Misalnya saja, Anda memiliki tindik di bagian lidah. Hal ini tentu saja akan menyulitkan tim medis untuk memasang selang tabung pernapasan yang biasanya dilakukan di awal operasi. Jika tindik masih ada di lidah Anda ketika peralatan tersebut terpasang, bukan tidak mungkin tindikan tersebut justru tertelan dan akhirnya menyebabkan masalah lainnya.

Tindik di bagian tubuh lainnya juga harus dilepas sebelum operasi, tergantung dengan jenis operasi yang dilakukan. contohnya, Anda akan melakukan operasi di bagian perut, maka tindik yang ada di perut sebaiknya juga dilepas sebelum operasi.

komplikasi setelah operasi

2. Bengkak selama dan setelah operasi

Menggunakan perhiasan atau tindik dapat menimbulkan bengkak pada tubuh saat dan setelah operasi. Misalnya saja Anda menggunakan gelang atau cincin yang ukurannya pas dengan jari dan pergelangan tangan Anda.

Maka hal ini, dapat menyebabkan aliran darah tidak lancar ke bagian tangan karena perhiasan yang Anda gunakan. Sehingga, bagian tubuh Anda menjadi bengkak selama dan setelah operasi berlangsung. Tentu hal ini juga tidak baik bagi kesehatan Anda secara umum.

3. Risiko infeksi tinggi

Selama operasi dilakukan, seharusnya semua dalam keadaan steril sehingga menurunkan risiko infeksi. Namun, kalau Anda menggunakan perhiasan atau benda metal lain di tubuh Anda, maka hal ini bisa saja memengaruhi ‘kebersihan’ dan membuat area operasi tidak steril. Hal ini yang kemudian akan menyebabkan infeksi saat operasi berlangsung.

Lalu, bagaimana bila saya tak bisa melepaskan perhiasan sebelum operasi?

Pada beberapa kasus, perhiasan mungkin saja dibiarkan terpasang di dalam tubuh. namun memang tergantung dengan operasi apa yang akan dilakukan dan bagian tubuh mana yang akan dioperasi. Contohnya, ketika seseorang memiliki arthritis atau peradangan sendi yang tidak bisa melepaskan cincin dari jarinya. Biasanya, dokter akan membiarkan hal ini, karena nyeri sendi yang pasien alami.

Namun, dalam beberapa kasus yang lainnya, bisa saja dokter melepas paksa perhiasan atau pun tindik yang terpasang karena mengganggu prosedur. Maka dari itu, ketika Anda melakukan persiapan operasi, sebaiknya tanyakan pada dokter apa saja hal-hal yang harus dilakukan dan perhiasan apa saja yang harus dilepaskan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Payudara Terasa Sakit, Apa Penyebabnya Selalu Kanker?

Penyebab payudara sakit kerap dikaitkan dengan kanker. Namun, apakah anggapan itu benar? Bagaimana penjelasan lengkapnya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kanker Payudara, Kanker 14 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit