backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

8 Rekomendasi Tensimeter Digital Terbaik dan Akurat

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 27/03/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

    8 Rekomendasi Tensimeter Digital Terbaik dan Akurat

    Tekanan darah merupakan salah satu parameter untuk mengetahui kondisi kesehatan. Selain periksa ke dokter, Anda bisa mengukur tekanan darah di rumah dengan tensimeter digital.

    Penggunaan tensimeter digital banyak dipilih karena dinilai lebih mudah digunakan oleh orang awam. Pasalnya, tekanan darah akan muncul secara otomatis pada layar.

    Tips menggunakan tensimeter digital

    Mengukur tekanan darah dengan alat tensi digital tidaklah sulit. Anda tinggal memasang alat ukur ke lengan dan menekan tombol mulai. Setelah itu, tekanan darah Anda akan muncul di layar.

    Melansir dari laman Medline Plus, berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan saat menggunakan tensimeter digital supaya hasilnya akurat.

    • Posisikan lengan atas sejajar dengan jantung (taruh lengan di atas meja) dengan kaki menyentuh lantai dan tidak disilangkan.
    • Beri jeda lima menit sebelum mengukur tekanan darah setelah beraktivitas.
    • Lakukan dua kali pengukuran dengan jeda satu menit.

    8 rekomendasi tensimeter digital terbaik dan harganya

    tensimeter atau alat pengukur tekanan darah

    Jika Anda memiliki masalah kesehatan yang membutuhkan pengecekan tekanan darah secara rutin seperti obesitas, hipertensi, atau stroke, penting untuk menyediakan alat tensi di rumah.

    Berikut adalah rekomendasi alat pengukur tekanan darah digital yang bisa Anda pertimbangkan.

    1. Omron Tensimeter Digital HEM 7156A

    Omron Tensimeter Digital HEM 7156A dilengkapi dengan manset besar yang bisa digunakan pada lengan berukuran 22–42 cm.

    Selain menggunakan baterai, Anda bisa memakai alat tensi darah ini menggunakan adaptor yang akan Anda dapatkan langsung saat membelinya.

    Meski bisa menyimpan hasil pengukuran hingga 60 data, alat ini hanya bisa digunakan untuk menyimpan riwayat pengukuran satu orang.

    Produk Omron Tensimeter Digital HEM 7156A dibanderol dengan harga mulai Rp1,4 jutaan.

    Nomor registrasi AKL: 20501020171

    2. Beurer BC 44 Wrist Digital Tensimeter

    Jika Anda membutuhkan alat pengukur tekanan darah yang mudah dibawa ke mana-mana, tensi darah digital Beurer bisa menjadi pilihan yang bagus.

    Ukuran Beurer BC 44 cukup kecil sehingga bisa digunakan pada pergelangan tangan. Tensimeter ini juga dilengkapi manset berukuran 19,5 cm. 

    Alat tensi darah dengan garansi pemakaian lima tahun ini dilengkapi dengan indikator jika terjadi kesalahan dalam pengoperasiannya.

    Selain itu, akan ada peringatan pula jika baterai AAA 1,5 V yang dipakai mulai melemah. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp1,1 jutaan.

    Nomor registrasi AKL: 20501912821

    3. Jumper HA200 Tensimeter Digital Voice

    Jumper HA200 Voice merupakan salah satu yang terbaik di antara deretan alat tensimeter digital rumahan dan harganya cukup terjangkau. 

    Sesuai namanya, alat satu ini dilengkapi dengan fitur suara yang akan membantu Anda membaca hasil tekanan darah.

    Dengan desain portable yang ringan, alat tensi digital merk Jumper HA200 bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dibawa traveling.

    Terlebih lagi, alat ini juga mampu menyimpan hingga 99 hasil pengukuran. Hanya saja, garansi pemakaiannya hanya satu tahun.

    Harga alat tensi digital ini berkisar antara Rp294 ribu hingga Rp520 ribuan.

    Nomor registrasi AKL: 20501913032

    4. Sinocare BA-801 Tensimeter Digital Otomatis

    Jika Anda mencari alat tensimeter digital yang harganya terjangkau, Sinocare BA-801 bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

    Dilengkapi dengan fitur pendeteksi irama jantung, alat ini bisa digunakan sebagai salah satu pendeteksi aritmia (gangguan irama jantung). Selain itu, ada pula fitur pengingat tekanan darah tinggi.

    Alat tensi digital satu ini juga memiliki dua kelompok data untuk menyimpan hasil pengukuran. Contoh penggunaannya, Anda bisa menyimpan hasil pengukuran ayah dan ibu secara terpisah.

    Alat ini juga dilengkapi dengan fitur suara sehingga mudah digunakan oleh oleh orang tua yang kemampuan penglihatannya terkadang sudah berkurang.

    Namun, adaptor sebagai pengganti baterai alat tensi darah satu ini dijual secara terpisah. Anda bisa membelinya seharga Rp180 ribuan hingga Rp399 ribu.

    Nomor registrasi AKL: 20501027173

    5. Omron HEM 7143T1 Tensimeter Digital + Connect Bluetooth

    Produk alat tensi darah digital milik Omron satu ini mengklaim mampu memberikan hasil pengukuran tekanan darah yang akurat.

    Pasalnya, Omron HEM 7143T1 dilengkapi dengan Teknologi Intellisense, sebuah teknologi penginderaan bio-informasi untuk meningkatkan keakuratan, kenyamanan, dan kemudahan dalam penggunaannya.

    Alat ukur tekanan darah otomatis ini dapat digunakan untuk lengan berukuran 22–32 cm. Fiturnya dilengkapi dengan indikator denyut nadi, gerakan tubuh, hipertensi, hingga detak jantung tidak teratur.

    Omron HEM 7143T1 semakin mudah digunakan karena dapat disambungkan dengan aplikasi Omron. Dengan begitu, hasil pengukuran akan tersimpan dalam aplikasi.

    Harga alat tensi digital Omron HEM 7143T1 adalah sekitar Rp960 ribu.

    Nomor registrasi AKL: 20501220367

    6. Yuwell Tensimeter Digital YE660B

    Satu lagi alat tensimeter digital terbaik yang harganya cukup terjangkau adalah Yuwell Tensimeter Digital YE660B.

    Sama seperti produk Omron sebelumnya, alat ini juga dilengkapi dengan Teknologi Intellisense yang dapat membuat cuff atau manset mengembang lebih optimal.

    Alat tensi darah ini mampu mengukur lengan sebesar 45 cm. Cuff tidak terlalu ketat atau longgar sehingga pengukuran lebih optimal.

    Alat satu ini bisa mati secara otomatis jika tidak digunakan selama dua menit. Ini akan menghemat penggunaan baterai, mengingat jika ingin memakai adaptor, Anda harus membelinya secara terpisah.

    Dengan fitur yang lengkap tersebut, alat tensi digital ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp240 ribuan saja.

    Nomor registrasi AKL: 20501911897

    7. Beurer BM 28 Tensimeter Digital Include Adaptor

    Dilengkapi dengan 120 memori penyimpanan untuk empat pengguna berbeda, alat tensi satu ini cocok untuk Anda gunakan di rumah bersama keluarga.

    Terlebih, Beurer BM 28 memiliki manset yang berukuran hingga 42 cm.

    Selain menggunakan baterai, alat satu ini juga bisa digunakan dengan adaptor yang akan langsung Anda dapatkan saat pembelian. Anda juga akan mendapatkan garansi selama lima tahun.

    Beurer BM 28 juga dilengkapi dengan indikator baterai lemah. Alat ini juga akan mati dengan sendirinya jika tidak digunakan dalam beberapa saat.

    Anda bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp1,3 jutaan.

    Nomor registrasi AKL: 20501713220

    8. Elvasense BP635 Tensimeter Digital + Adaptor

    Dilengkapi dengan teknologi MWI (Measuring While Inflating), tensimeter digital Elvasense BP635 dapat mengukur tekanan darah saat jantung relaksasi dan kontraksi sekaligus.

    Dengan begitu, alat tensi digital ini diklaim mampu mengukur tekanan darah dengan lebih cepat dan akurat.

    Elvasense BP635 juga memiliki indikator detak jantung tidak beraturan dan gerakan tubuh. Alat ukur tekanan darah ini bisa digunakan untuk lengan berukuran hingga 42 cm.

    Untuk menggunakan Elvasense BP635, Anda memerlukan empat baterai AA atau adaptor yang sudah termasuk dalam paket pembelian.

    Harganya pun masih terjangkau, yakni sekitar Rp450 ribu.

    Nomor registrasi AKL: 20501026001

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 27/03/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan