backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Kucing Scottish Fold, Fakta di Balik Telinganya yang Lucu

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

Kucing Scottish Fold, Fakta di Balik Telinganya yang Lucu

Telinga yang terlipat, bulu pendek, serta mata bulat membuat kucing Scottish Fold terlihat begitu menggemaskan.

Di samping penampilannya, jenis kucing peliharaan ini dikenal lebih suka menghabiskan waktu dengan pemiliknya dibandingkan bermain sendiri.

Tertarik untuk memelihara Scottish Fold? Simak informasi berikut terlebih dahulu.

Apa itu kucing Scottish Fold?

Scottish Fold adalah kucing yang pertama kali ditemukan pada tahun 1961 di sebuah peternakan di Skotlandia. Kala itu, pemiliknya memberi ia nama Susie.

Sejauh ini tidak diketahui secara pasti siapa indukan dari Susie. Dengan begitu, tidak diketahui pula asal ras kucing bertelinga terlipat ini. 

Setelah itu, Susie dikawinkan dengan kucing British Shorthair. Saat dilahirkan, kucing hasil perkawinan ini tidak memiliki telinga berlipat. Lipatan tersebut baru terlihat setelah anak kucing berusia 21 hari.

Namun, tidak semua hasil perkawinan kucing Scottish Fold menghasilkan anak kucing dengan telinga berlipat. Kucing yang tidak memiliki telinga berlipat lantas disebut Scottish Straight.

Tahukah Anda?

Laman Cats Protection menyebutkan bahwa meski telinga kucing Scottish Fold terlihat menggemaskan, ini sebenarnya disebabkan oleh osteochondrodysplasia atau gangguan tulang rawan.

Ciri-ciri kucing Scottish Fold

Scottish Fold memang mudah dikenali karena telinganya. Namun, tahukah Anda apa saja sifat yang dimiliki kucing ini? Simak uraian berikut untuk penjelasannya.

1. Karakteristik fisik

Tinggi kucing Scottish Fold berada pada kisaran 20–25 cm. Berat badan kucing jantan bisa mencapai 5,9 kg, sedangkan berat kucing betina biasanya hanya berkisar pada 2,7–4,1 kg.

Scottish Fold termasuk kucing berhidung pesek dan berkaki pendek. Kombinasi ini membuatnya terlihat semakin bulat dengan telinganya yang terlipat.

Meski memiliki masalah pada tulang rawan, Scottish Fold memiliki angka harapan hidup yang cukup lama, yaitu 12–15 tahun. 

2. Warna mata menyesuaikan bulu

Scottish Fold bisa memiliki mata berwarna biru, kuning, dan kombinasi keduanya. Uniknya, warna mata Scottish Fold akan menyesuaikan bulunya. 

Kucing Scottish berwarna putih atau bicolor (kombinasi dua warna) bisa memiliki mata biru atau kombinasi biru dan kuning.

Sementara itu, kucing yang berwarna hitam atau gelap akan memiliki warna mata kuning.

3. Sangat dekat dengan pemiliknya

Scottish Fold termasuk jenis kucing yang mudah beradaptasi, baik dengan lingkungan maupun orang baru.

Mereka tidak akan keberatan jika ada orang asing yang membelai, bahkan memeluknya. Namun, respons yang mereka berikan tidak akan sebaik ketika dipeluk oleh pemiliknya.

Meski begitu, kucing ini dikenal tidak terlalu manja. Artinya, Scottish Fold tidak akan merajuk untuk digendong atau dipangku. Selama Anda berada di sisinya, mereka akan merasa tenang.

4. Tidak disarankan kawin dengan saudara sedarah

Dominasi gen telinga terlipat dikhawatirkan bisa menimbulkan kondisi yang lebih serius.

Oleh karena itu, beberapa negara telah melarang perkawinan kucing Scottish Fold dengan saudara sedarahnya, termasuk Scottish Straight.

Jadi, jika Anda berniat mengawinkan Scottish Fold, sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan dokter hewan.

5. Tidak terlalu aktif

Selain dikenal mudah beradaptasi, Scottish Fold juga dikenal cukup tenang. Ia akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur dibandingkan dengan bermain.

Malangnya, sampai saat ini penelitian masih terus dilakukan untuk mengetahui apakah perilaku kucing Scottish Fold yang pendiam ini merupakan sifat bawaan atau karena kesakitan akibat gangguan tulang rawan.

Cara merawat kucing Scottish Fold

obat tetes telinga kucing

Meski kucing Scottish Fold tampak lucu dan menggemaskan, Anda harus memahami bahwa mereka memang membutuhkan perawatan ekstra.

Pasalnya, gangguan tulang rawan yang mereka alami tidak hanya membuat mereka rentan mengalami masalah pada telinga, tapi juga ekor dan jari kaki.

Supaya kucing Scottish Fold Anda tetap sehat, berikut adalah beberapa upaya perawatan yang bisa Anda berikan.

1. Jaga berat badan

Mempertahankan berat badan supaya tetap ideal merupakan hal penting dalam perawatan anak bulu (anabul) dengan ras Scottish Fold.

Ini lantaran berat badan yang berlebih akan memberikan tekanan ekstra pada kaki mereka sehingga meningkatkan berbagai risiko terkait masalah tulang.

Berat badan kucing yang berlebihan juga akan membuat mereka lebih rentan terkena berbagai penyakit, terutama diabetes.

2. Bersihkan telinga secara rutin

Meski terlipat, bukan berarti telinga Scottish Fold selalu bersih. Sebaliknya, Anda harus lebih sering membersihkannya jika telinga kucing ini tertutup rapat.

Melansir dari Animal Corner, Anda bisa menggunakan kain lembut atau bola kapas yang dibasahi campuran sari apel dan air hangat (perbandingan 1:1) untuk membersihkan telinga kucing.

Selain telinga, Anda juga perlu membersihkan mata kucing berkaki pendek ini lebih sering. Pasalnya, dengan alasan yang belum diketahui secara pasti, mata Scottish Fold cukup mudah berair.

3. Hati-hati saat menggendong

Penampilan Scottish Fold yang menggemaskan membuat banyak orang ingin menggendongnya.

Akan tetapi, pastikan untuk melakukannya dengan lebih berhati-hati karena mereka mungkin merasa kesakitan.

Selain itu, jangan ragu mengingatkan orang lain untuk melakukan hal serupa. Bila perlu, cukup ajak bermain Scottish Fold tanpa perlu menggendongnya.

4. Bawa ke dokter secara rutin

Dengan berbagai kondisi fisik yang dimiliki ras kucing ini, Anda sebaiknya tidak pernah melewatkan jadwal pemeriksaan rutin bersama dokter hewan.

Tak jarang, dokter akan memberikan obat pereda nyeri untuk melakukan uji nyeri pada Scottish Fold.

Melalui cara tersebut, dokter akan melihat apakah anabul Anda menjadi lebih aktif setelahnya. Jika iya, artinya anabul Anda selama ini merasa kesakitan.

Merawat kucing memang bukanlah pekerjaan yang mudah, terlebih jika kucing Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti Scottish Fold dengan masalah tulangnya.

Di sisi lain, keberadaan kucing hewan juga bisa memberikan berbagai manfaat bagi pemiliknya. Jadi, siapkah Anda memelihara kucing yang satu ini?

Kesimpulan

  • Scottish Fold pertama kali ditemukan pada tahun 1961 di Skotlandia.
  • Ciri-ciri Scottish Fold adalah daun telinganya yang terlipat, wajah bulat, mudah beradaptasi, sangat dekat dengan pemiliknya, dan tidak terlalu aktif.
  • Meski menggemaskan, lipatan di telinga kucing ini disebabkan oleh gangguan tulang rawan.
  • Hal-hal yang tak boleh terlewatkan dalam perawatan Scottish Fold adalah menjaga berat badan dalam rentang yang ideal, membersihkan telinga mereka secara rutin, dan berhati-hati saat menggendongnya.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan