4 Cara Mencegah Pipi Jadi Tembam Alias Chubby

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 7 November 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pipi chubby alias tembam kadang membuat wajah terlihat menggemaskan. Namun, tidak sedikit pula yang menganggapnya justru mengganggu karena membuat kelihatan gemuk. Pipi bisa tembam karena simpanan lemak yang tidak terbagi merata di area wajah. Nah, penumpukan lemak di satu area wajah ini sering tidak disadari terjadi karena kebiasaan Anda yang tidak sehat. Adakah cara mencegah pipi jadi tembam atau chubby?

Tips mencegah pipi tembam atau chubby 

1. Olahraga wajah

Menghilangkan lemak di tubuh umumnya bisa diatasi dengan olahraga atau latihan. Begitu pun dengan lemak di pipi. Anda bisa melakukan senam wajah. Senam wajah dipercaya dapat membuat pipi tampak lebih tirus dan otot di wajah jadi tambah kencang, menurut  penelitian dari Aethestic Surgery tahun 2014, 

Senam wajah untuk mencegah agar pipi tidak tembam akibat kelebihan lemak bisa dilakukan dengan berbagai gerakan. 

Misalnya dengan menggembungkan dan mendorong udara di dalam pipi ke kanan lalu kiri. Setelah itu, Anda juga bisa mengerutkan bibir ke kanan dan kiri. Setelahnya, Anda bisa tersenyum kelihatan gigi yang ditahan selama beberapa detik sekali. 

Perlu diingat bahwa mencegah pipi tembam dengan cara olahraga wajah ini efeknya belum pasti dan penelitiannya masih sedikit. Jadi, Anda bisa tanyakan pada dokter ahli sebelum  melakukan hal ini.  

2. Hindari minum alkohol berlebih

Menurut penelitian tahun 2011 dari University of Navarra di Spanyol, minum alkohol dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang cukup banyak. Ini karena alkohol mengandung tinggi kalori namun rendah nutrisi. 

Semakin banyak alkohol yang Anda konsumsi, semakin bertambah berat badan, semakin tembam pipi Anda terlihat. 

Untuk mencegah pipi tembam, Center for Disease and Control Prevention, menyarankan untuk membatasi minum alkohol maksimal 1 gelas perhari untuk wanita dan 2 gelas untuk pria. 

3. Hindari makan karbohidrat olahan

Apa Anda hobi ngemil makanan seperti kue atau biskuit sehari-hari? Bila iya, ini bisa menyebabkan pipi Anda terlihat chubby. Secara tidak langsung, makanan tinggi gula seperti kue kering, biskuit, dan juga pasta, bahan dasarnya terbuat dari karbohidrat olahan. 

Karbohidrat jenis ini sudah menjadi penyebab umum naiknya berat badan dan menumpuknya lemak di seluruh tubuh. Makanan ringan seperti biskuit juga mengandung serat sedikit, sehingga mudah dicerna dan bikin Anda tidak berhenti ngemil karena tidak kunjung kenyang perutnya. 

Untuk lebih meyakini, penelitian dari The American Journal of Clinical Nutrition mengamati pola makan 42.000 lebih orang dewasa selama 5 tahun. Ditemukan hasil yang menyatakan bahwa peserta yang sering makan karbohidrat olahan punya lemak lebih banyak. Otomatis, ini juga akan memicu tampilan pipinya jadi lebih tembam.

Untuk mencegah tampilan pipi jadi tembam, disarankan mengganti makanan kurang sehat tersebut dengan makanan seperti gandum, sayuran, dan juga buah. Selain bisa mencegah pipi chubby, makanan tersebut bisa mencegah berat badan naik. Kulit di pipi Anda juga terlihat lebih sehat serta cerah warnanya karena nutrisi buah dan sayur yang Anda konsumsi.

4. Batasi makan makanan yang asin

Makanan dengan cita rasa asin memang terasa sedap di lidah. Rasa asin juga dapat membuat Anda ingin mengonsumsi lebih banyak makanan serupa. Namun, siapa sangka bahwa makanan asin bisa menyebabkan pipi jadi terlihat besar? Ya, makanan asin umumnya mengandung garam atau natrium yang banyak. 

Natrium di dalam tubuh berfungsi untuk menahan air di dalam tubuh, dimana ada penumpukan atau retensi cairan, termasuk di wajah. Jadi, batasi asupan garam sehari-hari, normalnya 1 sendok teh per hari untuk mencegah pipi jadi tembam dan berlebihnya cairan di dalam tubuh.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Masalah Pada Kaki yang Umum Terjadi Seiring Bertambahnya Usia

Penyakit kaki merupakan masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh lansia. Selain nyeri telapak kaki karena asam urat, ini dia penyebab lainnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Lansia, Perawatan Lansia 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

3 Fakta Tentang Hati (Liver) Manusia yang Ternyata Menakjubkan

Sebagai organ vital manusia, hati (liver) berperan penting dalam menjaga kesehatan. Cari tahu fakta tentang hati manusia berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Trik Jitu Agar Tak Mudah Tergoda Makan Junk Food

Anda tidak bisa berhenti makan junk food? Tenang, ada siasat khusus untuk menghindari godaan makan makanan tak sehat. Intip caranya di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Tips Makan Sehat, Nutrisi 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Lemas habis makan mungkin masih wajar. Tapi kalau Anda gemetaran atau berkeringat, bisa jadi tanda gula darah turun. Hal ini disebut hipoglikemia reaktif.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Penyakit Diabetes, Gula Darah Normal 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat kuat alami

11 Pilihan Obat Kuat Alami yang Bikin Pria Lebih Tahan Lama di Ranjang

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
menelan sperma

Apakah Bisa Hamil Jika Kita Menelan Sperma?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
radiasi wi-fi

Benarkah Radiasi dari Wi-Fi Bisa Memicu Kanker Anak?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
tremor bisa sembuh

Apakah Tremor Bisa Disembuhkan? Apa Saja Pengobatannya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit