5 Gerakan Senam Wajah untuk Mengurangi Keriput di Kulit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 27 Februari 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tidak ada yang menginginkan keriput di wajah. Jadi, wanita sering menggunakan produk anti kerutan untuk mengatasi situasi ini. Namun, penggunaan kosmetik jika tidak hati-hati bisa menimbulkan efek samping pada kulit. Daripada itu, Anda dapat memilih alternatif yang lebih aman yaitu senam wajah. Anda dapat belajar metode senam wajah dari artikel ini.

Keriput wajah bisa menjadi tanda peringatan bahwa kulit Anda tidak berfungsi dengan baik, kemungkinan dengan resiko penuaan. Penyebab keriput bisa merupakan stres, polusi, dll. Begitu keriput muncul, wanita pasti akan langsung mencari cara untuk menghilangkannya. Berikut beberapa gerakan senam untuk otot-otot wajah yang dapat membantu mengembalikan elastisitas kulit dan mencegah kulit kendur.

Senam dahi

Berbaringlah terlentang. Dengan mata terbuka, tempatkan tangan Anda di dahi sehingga ujung-ujung semua jari saling berhadapan, kemudian gerakkan alis dan kelopak mata ke atas. Tahan posisi ini selama 5 detik. Senam ini bermanfaat bagi otot-otot dahi dan menahan alis, membantu mengurangi keriput di area tersebut. Dengan menempatkan tangan di dahi, Anda dapat mengurangi tampilan garis halus ketika Anda menaikkan alis.

Anda juga dapat melakukan senam yang sama dengan duduk tegak dan menghadap ke cermin. Kendurkan sisi alis dan dekatkan alis ke tengan seakan Anda sedang mengerutkan kening. Di waktu yang bersamaan, kerutkan hidung dan tahan posisi ini selama 5 detik, lalu rileks kembali dan ulangi.

Senam mata

Keriput di bawah dan di sekitar mata adalah hal yang sangat umum.  Beberapa wanita berhadapan dengan resiko ini begitu mereka mencapai usia 20 tahun. Senam mata berikut ini akan membantu mengurangi kerutan di kulit.

Tekan sisi pelipis dengan dua jari, lalu tarik ke belakang, dan buka mata Anda secara berkelanjutan. Senam ini bermanfaat dalam membuat otot-otot di sekitar mata menjadi sehat, rileks, dan menghindari keriput di area ini, dll.

Senam pipi

Cobalah senam berikut agar pipi Anda tetap kencang dan tidak berkerut. Penuhi mulut dengan udara dan naikkan pipi Anda, tahan selama 5 detik dan kemudian buang napas dengan sangat perlahan. Ini adalah salah satu senam wajah terbaik dalam mengurangi keriput dan yang paling mudah dilakukan.

Senam bibir

Ucapkan kata “EE,” “OO,” dan “AA” untuk melebarkan bibir sejauh mungkin. Rileks dan ulangi berkali-kali. Ingatlah, gerakan mulut dan bibir akan menjadi fleksibel dan mengurangi kerutan yang ada. Ini mencegah pembentukan keriput di sekitar bibir dan mulut.

Senam dagu dan leher

Senam berikut adalah untuk keriput yang berfokus pada dagu dan otot-otot leher. Duduk tegak dengan punggung dan leher Anda tetap lurus. Tarik ke bawah dagu dengan tiga jari di tengah sembari menggulung bibir bawah ke gigi bawah Anda. Tahan posisi ini selama sekitar 5 detik, lalu rileks. Senam yang lain adalah dengan duduk pada posisi yang sama dan miringkan kepala ke belakang untuk memandang ke atas, ke langit-langit. Pada posisi yang sama, gerakan bibir bawah melampaui bibir atas sejauh mungkin. Tahan posisi ini selama 5 detik, lalu rileks. Senam ini akan membantu menguatkan otot-otot leher dan dagu, serta mengendurkan dan membuatnya elastis. Ulangi senam ini sekitar 10 kali.

Senam-senam di atas sangatlah mudah untuk Anda lakukan di rumah. Mari kita cegah keriput di wajah mulai dari sekarang!

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Lulur Ekstrak Bengkoang Bisa Memutihkan Kulit?

Produk perawatan kulit biasanya mengandung bahan yang diklaim dapat memutihkan kulit, seperti bengkoang. Apa benar ekstrak bengkoang bisa memutihkan kulit?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 8 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Pilihan Cara Menghilangkan Selulit yang Mengganggu

Banyak yang menyangka penyebab selulit adalah tumpukan lemak di tubuh, namun ini ternyata kurang tepat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan selulit?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 5 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Cek Menu Harian Anda: 9 Makanan Ini Membuat Anda Tampak Cepat Tua

Ingin terus terlihat awet muda hingga bertahun-tahun ke depan? Hindari makanan yang ada di dalam artikel ini jika tidak ingin tampak cepat tua!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan, Informasi Kesehatan 1 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Apa Saja Efek Samping Suntik Filler di Wajah?

Tertarik melakukan filler wajah? Ketahui terlebih dulu efek samping dan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perawatan wajah satu ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan, Operasi A-Z 31 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit



Direkomendasikan untuk Anda

brazilian blowout

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
penyebab bulu mata rontok

Tanpa Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
masker mengecilkan pori-pori

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
minyak jojoba untuk melawan keriput

Penuaan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit