Tangan dan Kaki Dingin Terus? Ini 6 Tips Jitu Mengatasinya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 8 Januari 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Terjebak di ruangan ber-AC dalam waktu yang lama memang bisa membuat tangan dan kaki dingin. Sering kali kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman karena tangan dan kaki Anda terasa kaku ketika akan digunakan untuk beraktivitas. Jangan khawatir. Berbagai cara di bawah ini mungkin bisa jadi referensi untuk menghangatkan tangan dan kaki Anda yang dingin.

Kenapa tangan dan kaki dingin?

Tangan dan kaki dingin adalah salah satu reaksi tubuh yang normal ketika terpapar suhu yang lebih dingin. Suhu dingin membuat pembuluh darah di beberapa bagian tubuh, seperti tangan dan kaki, menyempit.

Kondisi ini menyebabkan aliran darah ke area tersebut berkurang. Ditambah lagi, tangan dan kaki letaknya paling jauh dari organ pemompa darah, yaitu jantung. Akibatnya, bagian ini akan terasa lebih dingin dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain.

Pada kasus ekstrim, kaki dan tangan yang dingin bisa jadi tanda Anda mengalami penyakit Raynaud. Penyakit Raynaud adalah suatu kondisi di mana arteri kecil yang membawa darah ke kulit mengalami penyempitan, sehingga membatasi sirkulasi di beberapa daerah seperti jari tangan, jari kaki, dan telinga.

Tips jitu menghangatkan tangan dan kaki yang dingin

Berikut beberapa langkah mudah yang bisa Anda coba untuk menghangatkan tangan dan kaki yang dingin:

1. Pakai kaus kaki dan sandal

Menggunakan kaus kaki tebal berbahan wol dapat membantu menghangatkan kaki Anda yang dingin. Jika menginjakkan kaki di lantai membuat kaki semakin dingin, Anda bisa pakai sendal khusus di dalam ruangan.

2. Pakai sarung tangan

Selain kaus kaki, Anda juga butuh sarung tangan untuk menghangatkan tangan dan kaki yang dingin. Pilihlah sarung tangan dengan kualitas yang baik. Tak hanya membuat tangan Anda hangat, sarung tangan dengan kualitas baik biasanya memiliki daya pakai yang tahan lama.

Anda bisa memilih sarung tangan yang memilki sifat waterproof atau tahan air. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa kedingingan karena tangan sudah dilindungi secara maksimal.

Anda juga bisa menggunakan sarung tangan berbahan bulu. Sarung tangan jenis ini lebih hangat ketimbang yang berbahan poluproplene atau Capilene.

3. Minum teh rempah

Rempah seperti kapulaga, jahe, bawang putih, dan kayu manis dapat menaikkan suhu tubuh Anda secara alami. Tak hanya itu, berbagai rempah tersebut juga menyehatkan karena diperkaya oleh nutrisi dan antioksidan penguat kekebalan tubuh yang cocok dikonsumsi saat cuaca dingin.

Semua bahan rempah tersebut dapat diolah menjadi sup atau secangkir minuman hangat. Agar suhu tubuh lebih hangat, Anda bisa langsung mengunyah jahe atau bawang putih mentah ketimbang harus diolah terlebih dahulu.

4. Minum teh hangat

Pada siang hari, tidak ada salahnya untuk menyeruput secangkir teh hangat untuk menghangatkan tangan dan kaki yang dingin. Terutama jika Anda minum teh matcha. Pasalnya, teh matcha mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh saat sedang kedinginan. Jika tidak suka dengan citarasa teh matcha, Anda bisa menggantinya dengan teh lain yang Anda sukai.

Selain minum teh hangat, kaldu tulang juga bagus dikonsumsi ketika Anda sedang merasa kedinginan. Dikutip dari laman Women’s Health, tak hanya dapat menghangatkan tubuh Anda, kaldu tulang juga kaya akan magnesium dan kolagen yang sangat baik untuk otot dan kulit Anda.

5. Jalan-jalan sebentar

Biasanya tangan dan kaki dingin karena Anda duduk terlalu lama di ruangan ber AC. Setiap 30 menit, usahakan untuk bangun dari tempat duduk dan cobalah berjalan-jalan sebentar di luar ruangan. Dengan menggerakan tubuh, aliran darah Anda akan kembali normal. Alhasil, tubuh Anda akan terasa lebih hangat.

Jadi, cobalah untuk berjalan-jalan setiap kali mulai merasa dingin yang menusuk di tangan dan kaki Anda.

6. Pakai botol air panas

Jika Anda mengalami kesulitan tidur karena kaki yang terlalu dingin, Anda bisa menempatkan bantalan pemanas di kaki.

Cara mudah lainnya yang bisa Anda coba tanpa perlu membeli termos adalah mengisi botol plastik dengan air panas dan balut dengan handuk tipis. Tempelkan botol di di bagian tangan atau kaki yang kedinginan. Selain menghangatkan, kompres hangat juga bisa bantu melemaskan otot-otot yang terasa pegal setelah seharian beraktivitas.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Kita Bisa Lancar Mengetik Tanpa Lihat Keyboard?

Saat mengetik di komputer, Anda mungkin tak perlu lagi melihat papan ketik. Rupanya memori otot lah yang mengatur hal ini. Berikut info lengkapnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Lainnya 9 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Manusia Jika Lari Secepat Kilat

Pada kenyataannya, jika manusia lari secepat kilat bak Quicksilver atau The Flash, hal-hal mengerikan akan terjadi pada tubuh, seperti ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 9 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Penyebab Kesemutan yang Mungkin Anda Alami dan Cara Mengatasinya

Kesemutan itu wajar terjadi. Namun pada beberapa kasus, kondisi ini bisa menjadi tanda adanya kondisi medis yang lebih serius. Yuk, ketahui lebih lanjut.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Otak dan Saraf 8 Desember 2020 . Waktu baca 10 menit

Metatarsalgia

Metatarsalgia adalah rasa sakit dan peradangan di bagian metatarsal (telapak kaki). Yuk, pelajari gejala, penyebab, dan pengobatannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 1 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Memahami Tumbuh Kembang Gigi dan Rahang Anak

7 Trik Membujuk Anak Agar Tak Takut ke Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
fungsi hormon yang penting

Inilah Fungsi 4 Hormon Penting untuk Manusia Bertahan Hidup

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
melawan rasa malas

Rasa Malas Ternyata Disebabkan Gangguan di Otak. Bagaimana Mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 4 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
thrombophlebitis (tromboflebitis)

Tromboflebitis

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 2 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit