5 Hal yang Harus Diperhatikan Kalau Mau Berenang Saat Puasa

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Apakah Anda salah satu orang suka olahraga renang? Berenang adalah salah satu jenis olahraga ringan yang memiliki segudang manfaat. Pasalnya, berenang melibatkan semua organ tubuh untuk bergerak, jadi meskipun tergolong olahraga ringan nyatanya berenang bisa juga membakar kalori dalam jumlah yang banyak, loh! Selain itu, berenang juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pernapasan. Tapi bagaimana jika saat puasa Anda ingin berenang? Apa saja yang harus dipersiapkan? Simak penjelasannya berikut ini. 

Berenang saat puasa, apakah boleh?

Dilansir dari Kompas, berenang saat puasa pada dasarnya boleh-boleh saja. Asalkan dilakukan dengan cara yang proposional dan tetap berkomitmen untuk menjalankan ibadah puasa. Anda juga harus memastikan jika tidak akan ada sesuatu yang masuk ke dalam tubuh saat Anda berenang. Pasalnya, hal yang membatalkan puasa adalah ketika masuknya sesuatu dalam tubuh. Jadi selama Anda menjamin jika tidak ada air yang masuk ke dalam lubang kerongkongan, hal tersebut tentu saja diperbolehkan.

Anda bisa berenang selama 30-60 menit per hari sebagai aktivitas untuk mengisi waktu sebelum berbuka puasa. Berenang selama 30 menit terbukti mampu membakar 360 kalori bagi wanita dan 420 kalori bagi pria.

Apa saja yang harus dipersiapkan ketika berenang saat puasa?

Ketika ingin berenang, ada beberapa alat yang digunakan untuk membantu Anda selama berada di dalam air. Jenis peralatan yang harus Anda persiapkan sebelum memutuskan untuk berenang saat puasa, yaitu:

1. Penyumbat telinga

Beberapa perenang menggunakan penyumbat telinga untuk menghalangi air masuk ke saluran telinga saat mereka berenang. Pasalnya air yang masuk ke telinga dapat menyebabkan ketidaknyamanan selama beberapa jam setelah berenang dan juga dapat meningkatkan peluang Anda terkena infeksi telinga luar atau biasa disebut dengan swimmer’s ear.

2. Penjepit hidung

Sama halnya dengan fungsi penyumbat telinga, ada baiknya ketika Anda berenang saat puasa menggunakan penjepit hidung untuk mencegah air memasuki hidung saat berenang. Selain itu penjepit hidung ini juga berfungsi agar Anda terhindar dari mikroba kecil yang hidup di kolam masuk ke dalam hidung Anda.

3. Kacamata renang

Sebagian besar air kolam renang mengandung klorin yang tinggi dan bahan kimia lainnya untuk membantu menjaga air agar terbebas dari bakteri dan pertumbuhan alga di dalam kolam. Tapi tahukah Anda jika kandungan klorin di dalam kolam bisa mengiritasi mata? Nah, itu sebabnya, penting untuk menggunakan kacamata berenang. Selain membuat pengelihatan di dalam air lebih jernih, Anda juga bisa melindungi mata Anda akibat iritasi dari kandungan klorin di dalam air.

4. Pelampung

Jika Anda belum terlalu lancar berenang, Anda bisa menggunakan peralatan renang yang memang dirancang untuk membantu latihan kekuatan dan teknik saat berenang, misalnya pelampung. Pelampung ini merupakan sebuah alat yang berisi busa ataupun udara agar membantu Anda untuk mengapung atau mengambang saat berenang. Bentuk pelampung beraneka macam bisa papan, rompi, ataupun pelampung yang diletakan dikedua lengan ataupun kaki.  

5. Topi renang

Topi renang adalah salah satu perlengkapan renang yang berupa penutup kepala dari silikon atau lateks yang digunakan untuk menutup kepala pada saat berenang. Topi renang juga berfungsi untuk menjaga rambut Anda supaya tidak menutupi wajah saat berenang, melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan klorin, dan membantu mempertahankan panas tubuh saat Anda berada di dalam air.

Hal terpenting lainnya yang harus dilakukan ketika ingin berenang saat puasa adalah jangan lupa pemanasan sebelum berenang agar menimimalisir risiko kram ataupun tegang otot. Selain itu lapisi dulu kulit Anda dengan tabir surya yang tahan air sehingga sinar matahari dan klorin tidak akan langsung terserap oleh kulit Anda. Pastikan juga selama berenang Anda tidak mengalami dehidrasi.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca