Makan makanan sehat dan bergizi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel di dalam tubuh. Tak hanya tubuh menjadi sehat dan bugar, memilih makanan yang tepat sesuai kebutuhan juga bisa membuat jiwa dan mental Anda lebih baik. Ya, ada banyak manfaat makanan bagi kesehatan mental Anda. Lantas, bagaimana makanan bisa memengaruhi kesehatan mental seseorang?

Manfaat makanan terhadap kesehatan mental

senyum bikin bahagia

Tubuh yang sehat itu tak cuma sekadar fisik saja, tapi kesehatan mental juga harus diperhatikan. Bila Anda sering mengalami gangguan mental seperti stres, mudah tertekan, hingga gangguan kecemasan, mungkin bisa dilihat lagi makanan apa yang Anda konsumsi selama ini.

Pasalnya, makanan punya efek sendiri untuk kesehatan mental seseorang. Dilansir dalam laman Mental Health UK, 2 dari 3 orang yang makan sayur dan buah segar setiap hari lebih jarang melaporkan adanya masalah gangguan mental. Sedangkan kelompok orang yang kurang makan sayur dan buah lebih sering menunjukan adanya masalah gangguan mental.

Ini artinya, manfaat makanan langsung berdampak pada kesehatan mental. Para ahli menyebutkan bahwa hal ini berkaitan dengan vitamin dan mineral yang baik bagi sistem saraf.

Salah satu manfaat makanan sehat adalah membentuk hormon serotonin yang merangsang rasa bahagia dan senang di otak. Serotonin berperan penting untuk mengatur waktu tidur, lapar, hingga merespon rasa sakit. Bila makanan yang Anda pilih itu sehat, tubuh akan memiliki hormon ini dan otomatis jiwa Anda jadi lebih bahagia.

Begini makanan sehat pengaruhi mental seseorang

pola makan sehat

Memengaruhi perkembangan otak

Menurut Roxanne Sukol, MD seorang spesialis di bidang pencegahan penyakit di Wellness Institute Cleveland Clinic, makanan yang akan membangun protein otak, membangun enzim, membangun jaringan otak, dan juga membangun zat kimia otak (neurotransmiter) yang berfungsi mengantarkan informasi dan sinyal antara berbagai bagian otak dan tubuh.

Maka itu, kondisi kesehatan otak ini tentunya jadi dasar penentu kesehatan mental seseorang. Tanpa perkembangan otak yang optimal, kondisi kesehatan pun akan mengikutinya. Makanan memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan otak.

Mengatur otak lebih aktif

Zat gizi dan pola diet akan memengaruhi jumlah kadar protein otak. Protein yang ada di otak berperan penting dalam mengatur dan menghubungkan sinyal dari organ ke saraf pusat.

Jumlah protein otak yang optimal membuat Anda lebih mudah fokus dan meningkatkan kemampuan berpikir. Maka itu, sebaiknya pilih makanan sehat yang kaya akan omega 3 dan zink yang dapat meningkatkan kadar protein dalam otak. Sedangkan, diet tinggi lemak jenuh dan gula rafinasi memiliki dampak negatif yang sangat kuat pada kadar protein otak.

Mengisi usus dengan bakteri yang sehat

Triliunan jumlah bakteri sehat sangat diperlukan dalam usus. Bakteri baik dalam usus dapat menangkis kuman jahat dan meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh. Beberapa bakteri baik di usus bahkan juga bertugas membuat vitamin B untuk memberikan kekuatan lebih di otak.

Orang yang kekurangan vitamin B12, memiliki risiko terjadinya peradangan otak lebih tinggi, itu artinya, semakin meningkat pula risiko seseorang akan mengalami depresi dan demensia.

Selain juga baik untuk otak, bakteri baik dari makanan ini juga dapat mengendalikan suasana hati dengan mengurangi terjadinya peradangan dalam tubuh. Peradangan ini berkurang akibat aktivitas bakteri baik dari makanan (probiotik) yang bisa menjaga lingkungan sel-sel dalam tubuh.

Dilansir dalam laman Harvard Medical School, probiotik dari makanan bisa memengaruhi tingkat stres, tingkat kecemasan, dan kondisi mental secara keseluruhan.

Orang yang memiliki kadar folat yang rendah juga akan memiliki mood yang rendah sehingga ini dapat memicunya mudah stress.

Suasana hati yang baik, dan kondisi kesehatan otak yang optimal tentunya akan memengaruhi kesehatan mental seseorang selanjutnya.

Makanan sehat seperti apa yang baik bagi mental?

Anda harus memenuhi semua kebutuhan gizi harian supaya fisik dan mental tetap sehat. Sebenarnya, semua makanan itu sehat, yang penting adalah mengatur porsinya supaya sesuai dengan kebutuhan. Nah, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika memilih makanan sehat:

  • Kurangi makan makanan yang tinggi gula
  • Pilih lebih banyak makanan alami dan kurangi makanan yang selalu diproses
  • Tingkatkan jumlah makanan yang kaya serat dan juga  protein seperti kacang-kacangan.
  • Makan banyak buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral berperan sangat penting menghasilkan enzim di otak.
  • Kurangi makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh dan lemak trans. Makanan yang mengandung terlalu tinggi kedua komponen ini berpotensi mengganggu kesehatan otak.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca