8 Pilihan Terapi untuk Mengobati Sakit Pinggang Kronis yang Mengganggu

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 27/03/2020
Bagikan sekarang

Sakit pinggang adalah keluhan nyeri yang umum. Kebanyakan penyebabnya termasuk ringan, misalnya ketegangan otot sehabis berolahraga, yang bersifat sementara dan dapat diatasi dengan solusi mudah seperti istirahat. Namun saat nyerinya masih suka datang kembali dengan intensitas yang sangat hebat meski sudah mencoba berbagai cara mengatasi sakit pinggang di rumah, itu tandanya Anda perlu terapi secara medis yang lebih intensif.

Pilihan terapi medis untuk mengatasi sakit pinggang

Biasanya, sakit pinggang terjadi saat perut bagian atas terasa tidak nyaman dan bisa menyebar ke samping dan punggung bawah. Rasa sakit atau nyeri juga berkembang di daerah tulang rusuk sampai di atas panggul.

Sakit pinggang umumnya hanya bersifat ringan dan sementara. Namun, Anda sebaiknya lebih berhati-hati jika rasa sakitnya begitu hebat karena bisa menjadi pertanda kondisi yang lebih serius seperti infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan masalah medis lainnya. Rasa nyeri yang konstan atau terus menetap bisa mengakibatkan sakit pinggang menjadi kondisi kronis.

Jika nyeri sudah berlangsung lebih dari 72 jam atau bahkan datang dan pergi lebih dari 3 bulan, ini artinya sakit pinggang Anda sudah menjadi kondisi nyeri kronis. Beberapa kasus nyeri kronis pun dapat terasa konstan selama berbulan-bulan dan beberapa tahun.

Hal ini membuat Anda tidak cukup hanya mengonsumsi obat pereda nyeri saja, apalagi mengobatinya dengan kompres atau obat-obatan alami. Terapi medis diperlukan sebagai cara mengatasi sakit pinggang yang lebih tepat sasaran.

1. Suntikan kortison

Apabila pengobatan rumahan belum cukup ampuh, dokter dapat menyarankan terapi berupa rutinitas suntik kortison tepatnya di sekitar sumsum tulang belakang.

Kortison merupakan obat yang dapat membantu mengurangi peradangan di sekitar akar saraf. Namun, efek terapi ini hanya bertahan sementara, bukan solusi jangka panjang untuk sakit pinggang kronis.

2. Akupuntur

Terapi alternatif berupa akupuntur diklaim dapat membantu tubuh memproduksi dan mengalirkan senyawa pereda nyeri alami, yaitu endorfin. Tak hanya itu. Terapi ini juga dapat membantu merangsang jaringan saraf serta otot agar lebih kuat setelah sakit mulai mereda.

Banyak pula dokter yang merekomendasikan akupuntur sebagai terapi untuk menyeimbangkan hormon sekaligus mengurangi stres dan kecemasan emosional sebagai akibat dari diagnosis nyeri kronis.

Cara kerjanya adalah dengan memasukkan jarum-jarum halus pada titik-titik tertentu di tubuh

3. Terapi fisik

Dikutip dari Medical News Today, terapi fisik seperti fisioterapi, chiropractic, dan osteopati dapat mengembalikan rentang gerak, fleksibilitas gerakan, dan fungsi seluruh tubuh setelah mengalami penyakit atau cedera. Proses terapi ini juga dilakukan agar pasien terhindar dari risiko cacat fisik akibat cedera atau penyakit yang memicu sakit pinggang.

Chiropractic dan osteopati adalah jenis rehabilitasi yang meredakan nyeri kronis dengan memanipulasi kondisi tulang, sendi, dan otot lewat pemijatan untuk menyelaraskan rangka tubuh serta struktur-struktur pendukungnya.

Sebelum memulai, terapis akan lebih dulu melihat secara keseluruhan bagaimana masalah tulang, otot, dan juga persendian yang memengaruhi sistem saraf.

Selain tiga terapi fisik di atas, sakit pinggang kronis juga biasanya dapat ditangani lewat pemindaian ultrasound ataupun memberikan stimulasi listrik pada area yang sakit. Aliran listrik voltase kecil tersebut dilaporkan mampu meregangkan otot dan jaringan lunak yang menegang.

Setelah sakit mulai mereda, terapis akan mengajarkan latihan fleksibilitas serta teknik untuk menguatkan otot punggung bawah dan juga perut.

4. Nerve treatment

Prosedur terapi ini juga biasa disebut sebagai radiofrequency denervation. Terapi ini lebih ditujukan untuk sakit pinggang dan punggung bawah dari taraf sedang hingga berat yang berlangsung dalam jangka waktu lama.

Cara kerjanya adalah dengan memasukkan jarum ke dalam saraf yang juga memengaruhi sendi. Gelombang radio tersebut mampu untuk mengirim sinyal agar menghentikan rasa sakit. Pada masa terapi, Anda pun akan di anestesi lokal yang membuat mati rasa.

Perlu diketahui pula bahwa terapi sakit pinggang yang satu ini akan mengakibatkan risiko komplikasi, seperti:

  • Pendarahan
  • Memar serta infeksi
  • Kerusakan saraf yang tidak disengaja

Maka sebelum melakukan terapi ini, diperlukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

5. Operasi artificial disc

Terapi berupa pemasangan disk (cakram) buatan (prostetik) pada tulang belakang bertujuan untuk menggantikan bantalan antara dua tulang belakang yang mengalami kerusakan atau pecah. Masalah pada cakram tulang belakang ini disebut dengan herniated disc.

6. Operasi spinal fusion

Jika sakit pinggang Anda disebabkan oleh peradangan pada persendian seperti arthritis atau osteoarthritis, terapi yang direkomendasikan dokter kemungkinan adalah operasi spinal fusion atau operasi fusi tulang belakang.

Operasi ini akan menggabungkan dua tulang belakang yang tujuannya untuk memperkuat tulang tersebut dan membantu mengurangi rasa sakit pada saraf yang tertekan. Operasi ini juga sering direkomendasikan untuk masalah herniated disc.

Sebagai cara mengatasi sakit pinggang, terapi ini mempunyai risiko komplikasi, seperti:

  • Kerusakan permanan pada beberapa saraf
  • Kelumpuhan parsial pada kaki
  • Inkontinesia urin

7. Mengangkat sebagian ruas tulang belakang

Terapi sakit pinggang yang satu ini dilakukan dengan cara melepas bagian kecil ruang tulang belakang apabila ruas tersebut menjepit sumsum tulang belakang atau saraf di sekitarnya. Cara yang dilakukan adalah dengan menyuntikkan sel untuk meregenerasi cakram tulang belakang.

Para ilmuwan dari Duke University mengembangkan biomaterial baru, yaitu membuat suntikan yang dapat langsung menuju nucleus pulposus. Hal ini diklaim secara efektif menghilangkan rasa sakit pada pinggang juga sekitar punggung bawah yang disebabkan oleh penyakit disk degeneratif.

8. Operasi batu ginjal

Sakit pinggang yang disebabkan oleh infeksi batu ginjal baru bisa teratasi dengan pengangkatan batu-batu tersebut. Anda memerlukan operasi batu ginjal apabila:

  • Batu tergolong besar dan tidak bisa lolos ke saluran kemih dengan sendirinya
  • Anda menderita infeksi saluran kemih yang cukup parah
  • Batu tersebut menghalangi aliran urin

Selain operasi bedah, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit pinggang karena batu ginjal, yaitu:

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Penyebab Sakit Pinggang pada Wanita, dan Cara Mengatasinya

Hampir semua orang pernah sakit pinggang sekali seumur hidup. Namun, penyebab sakit pinggang pada wanita muda ternyata berbeda dengan yang dialami pria.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina

Kurang Minum Air Putih Bisa Sebabkan Sakit Pinggang, Ini Alasannya

Kurang minum air putih tidak hanya menimbulkan gejala dehidrasi, tapi juga bisa menyebabkan sakit pinggang. Mengapa demikian?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik Februari 16, 2020

5 Macam Olahraga untuk Mengobati Sakit Pinggang

Sakit pinggang itu menyiksa, tapi bukan berarti Anda hanya bisa rebahan. Untuk beberapa orang, mengobati sakit pinggang cukup efektif dengan cara olahraga.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Kebugaran, Hidup Sehat September 29, 2019

4 Tips Cegah Nyeri Pinggang Saat Duduk Lama di Mobil, Bus, Kereta, Atau Pesawat

Duduk lama di kendaraan bisa memicu nyeri pinggang bawah kembalu kambuh. Tidak perlu cemas, ikuti tips mencegah nyeri pinggang saat duduk lama berikut ini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat September 12, 2019

Direkomendasikan untuk Anda

perbedaan sakit pinggang haid dan hamil

Cara Membedakan Sakit Pinggang Karena Haid dan Hamil

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal tayang Maret 31, 2020
buah untuk sakit pinggang

7 Buah yang Paling Baik Dikonsumsi untuk Meredakan Sakit Pinggang

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal tayang Maret 28, 2020
nyeri punggug sebelah kiri

7 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri, dan Berbagai Cara Mengatasinya

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal tayang Maret 12, 2020
obat sakit pinggang alami

7 Obat Alami yang Direkomendasikan untuk Meredakan Sakit Pinggang

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal tayang Maret 11, 2020