7 Penyebab Sakit Pinggang pada Wanita, dan Cara Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 11/03/2020
Bagikan sekarang

Siapa yang tidak pernah mengalami sakit pinggang? Baik pria dan wanita pasti pernah mengalami seperti apa rasanya sakit pinggang setidaknya sekali seumur hidup. Ada banyak hal yang menyebabkan sakit pinggang, misalnya otot menegang atau kram setelah beraktivitas berat. Kebanyak dari penyebabnya bersifat ringan dan sementara. Namun, Anda para wanita harus lebih waspada. Beberapa kondisi penyebab sakit pinggang pada wanita muda dapat bersifat nyeri kronis yang mungkin menghambat aktivitas.

Berbagai penyebab sakit pinggang pada wanita

Sakit pinggang dapat menggangu aktivitas sehari-hari, apalagi jika Anda tergolong orang yang aktif dan berkegiatan cukup padat.

Nyeri yang dirasakan dapat bermula dari bagian samping dan belakang rusuk di salah satu sisi tubuh, kemudian menyebar bagian depan perut sampai ke punggung bawah.

Berikut beberapa penyebab sakit pinggang pada wanita muda yang perlu Anda ketahui:

1. Nyeri haid

The American College of Obstetricians and Gynecologists menyebutkan bahwa nyeri haid (dismenore) adalah penyebab sakit pinggang yang paling sering terjadi pada perempuan dan wanita muda.

Nyeri pinggang akibat haid terjadi karena adanya kontraksi pada rahim yang sedang meluruhkan jaringannya, serta peningkatan kadar prostaglandin yang memicu rasa sakit.

Dismenore dapat membuat Anda merasakan kram pada perut yang menyebar sampai pinggang dan bawah kaki.

2. Infeksi saluran kemih

Saluran kemih dapat terinfeksi oleh bakteri yang masuk dari saluran pencernaan atau dari anus kemudian menyebar sampai kandung dan saluran kemih.

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah penyebab sakit pinggang yang cukup umum terjadi pada pria dan wanita muda. Namun, kondisi ini memang lebih sering menyerang wanita karena saluran uretra mereka lebih pendek dan lebih dekat dengan anus.

Maka dari itu, bakteri jadi lebih mudah masuk dan menginfeksi sehingga menjadi penyebab sakit pinggang pada wanita muda. Rasa sakitnya bisa bermula dari bagian bawah perut, dan menyebar ke pinggang dan sekitar kemaluan.

3. Nyeri sciatica

Nyeri sciatica adalah rasa sakit yang muncul akibat saraf sciatica di punggung bawah mengalami kerusakan atau terjepit. Nyeri ini umum menjadi penyebab sakit pinggang pada wanita muda, dan terutama yang sedang hamil.

Nyeri sciatica disebabkan oleh piringan sendi yang menonjol ke tulang belakang dan menambah tekanan pada saraf. Hal ini membuat nyeri pada punggung bagian bawah yang terasa sampai ke pinggang.

4. Degenerative spondylolisthesis

Degenerasi tulang belakang adalah kondisi tulang yang aus akibat proses penuaan. Tulang belakang yang aus dan keropos tidak lagi akan optimal mendukung postur dan beban tubuh.

Umumnya penyebab sakit pinggangpun lebih banyak terjadi pada wanita yang telah mengalami menopause karena penurunan kadar estrogen di dalam tubuh. Penurunan kadar estrogen mengakibatkan ketidakstabilan struktur tulang sehingga menyebabkan sakit pinggang, yang menjalar ke punggung bagian bawah dan sampai ke kaki.

Spondylosis juga dapat menjadi penyebab sakit pinggang pada wanita muda, yang terjadi ketika tulang belakang tergelincir.

5. Radang panggul (PID)

Radang panggul alias Pelvis Inflammatory Disease (PID) merupakan salah satu penyebab sakit pinggang pada wanita muda.

Kondisi ini terjadi ketika infeksi bakteri yang menyerang sistem reproduksi dan saluran kemih menyebabkan peradangan pada organ yang meliputi rahim, ovarium, saluran tuba, dan uretra. Penyakit ini tidak hanya membuat sakit saat buang air kecil, tapi juga nyeri di bagian kanan pinggang.

Infeksi bakteri penyebab radang panggul rentan ditularkan lewat hubungan seksual yang tidak aman.

6. Endometriosis

Endometriosis juga secara eksklusif menjadi salah satu penyebab sakit pinggang terjadi pada wanita muda.

Endometriosis adalah kondisi abnormal yang ditandai dengan pertumbuhan dan penebalan jaringan dinding rahim (endometrium) di luar rahim. Jaringan dinding rahim yang tumbuh di luar rahim dapat mengendap di sekitar organ reproduksi lain dan memicu peradangan serta nyeri.

Gejala yang bisa Anda rasakan dari endometriosis adalah sakit perut bagian bawah, nyeri di bagian panggul, sakit pinggang saat menstruasi, nyeri di kemaluan, sampai sakit punggung kronis.

7. Spinal osteoarthiris

Osteoarthritis adalah kondisi ketika persendian di sekitar pinggang, panggul, pinggul, dan tulang belakang meradang dan bengkak.

Kondisi ini menyebabkan kerusakan pada bantalan tulang rawan di sendi facet. Tanpa adanya bantalan tersebut, tulang Anda bisa bergesekan sehingga terjadilah rasa sakit. Rasa sakit tersebut dapat terjadi di bagian punggung, pinggang bagian atas juga bawah, pangkal paham serta bokong.

Cara mengatasi penyebab sakit pinggang pada wanita

Jika sakit pinggang yang terjadi bersifat ringan dan sementara, dokter umumnya akan menyarankan Anda untuk lebih dulu beristirahat dan mengurangi penggunaan bagian tersebut. Cara ini biasanya cukup membantu meredakan sakit pinggang pada wanita.

Namun, ada kalanya Anda membutuhkan pengobatan medis khusus agar rasa nyeri tidak menggangu akitivitas harian.

Berikut beberapa cara mengatasi penyebab sakit pinggang yang bisa Anda coba.

Mengompres bagian yang sakit

Pertolongan pertama yang Anda bisa lakukan saat mengalami sakit pinggang adalah dengan mengompres bagian yang terasa nyeri.

Saat dikompres dengan waslap dingin atau hangat, bagian yang terasa nyeri bisa meredakan saraf juga meredakan otot yang menegang.

Menggunakan heating pad

Bagi Anda yang sedang hamil, dibandingkan minum obat pereda nyeri coba untuk menggunakan heating pad. Perhatikan pula untuk menghindari suhu panas yang terlalu tinggi serta hindari bagian perut Anda.

Heating pad dapat mengatasi sakit pinggang karena meningkatkan sirkulasi darah, meredakan nyeri, dan melancarkan otot yang kaku.

Minum obat pereda nyeri

Ketika sakit yang dirasakan mulai tidak tertahankan, Anda juga bisa minum obat pereda nyeri untuk meredakannya. Misalnya, seperti obat antiradang nonstreoid (NSAID) berupa paracetamol atau ibuprofen

Anda pun juga bisa menggunakan relaksan otot yang biasa dijual di apotek. Namun jika rasa sakitnya tidak juga mereda setelah 72 jam, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

Lakukan peregangan

Tubuh, saraf, otot, dan bagian tulang belakang Anda memerlukan peregangan ketika meradang. Termasuk saat terjadinya sakit pinggang. Jika Anda terlalu lama duduk, coba untuk bangun dan melakukan peregangan.

Jangan lupa untuk rutin pula berolahraga paling tidak 3 kali dalam seminggu untuk mencegah otot menjadi tegang. Olahraga yang aman untuk meredakan sakit pinggang pada wanita muda adalah berenang dan yoga.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Obat Alami yang Direkomendasikan untuk Meredakan Sakit Pinggang

Tidak hanya dengan minum obat pereda nyeri di apotek, Anda juga bisa meredakan sakit pinggang secara tradisional dengan pilihan obat alami ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina

Kurang Minum Air Putih Bisa Sebabkan Sakit Pinggang, Ini Alasannya

Kurang minum air putih tidak hanya menimbulkan gejala dehidrasi, tapi juga bisa menyebabkan sakit pinggang. Mengapa demikian?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

5 Macam Olahraga untuk Mengobati Sakit Pinggang

Sakit pinggang itu menyiksa, tapi bukan berarti Anda hanya bisa rebahan. Untuk beberapa orang, mengobati sakit pinggang cukup efektif dengan cara olahraga.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina

4 Tips Cegah Nyeri Pinggang Saat Duduk Lama di Mobil, Bus, Kereta, Atau Pesawat

Duduk lama di kendaraan bisa memicu nyeri pinggang bawah kembalu kambuh. Tidak perlu cemas, ikuti tips mencegah nyeri pinggang saat duduk lama berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Direkomendasikan untuk Anda

perbedaan sakit pinggang haid dan hamil

Cara Membedakan Sakit Pinggang Karena Haid dan Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 31/03/2020
buah untuk sakit pinggang

7 Buah yang Paling Baik Dikonsumsi untuk Meredakan Sakit Pinggang

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 28/03/2020
terapi sakit pinggang

8 Pilihan Terapi untuk Mengobati Sakit Pinggang Kronis yang Mengganggu

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 27/03/2020
nyeri punggug sebelah kiri

7 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri, dan Berbagai Cara Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 12/03/2020