4 Pilihan Obat Kutu Air, Dengan Atau Tanpa Resep Dokter

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Tidak seperti namanya, kutu air adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur karena kondisi kaki yang basah dan lembab. Jadi penyebab kutu air adalah jamur, bukannya kutu. Jika Anda mengalami penyakit ini, jangan tunda untuk segera memberikan obat kutu air yang tepat agar kerusakan pada kulit tidak berkembang semakin parah.

Pilihan obat kutu air yang manjur

1. Terbinafine

Terbinafine adalah obat kutu air yang berbentuk salep atau semprot (spray) dengan fungsi untuk mengobati infeksi kulit akibat serangan jamur, sekaligus mencegah pertumbuhannya kembali. Perhatikan cara pakai obat sebelum menggunakannya.

Terbinafine merupakan obat luar yang hanya bisa digunakan dengan mengoleskannya tipis-tipis pada kulit yang mengalami infeksi.

Dokter biasanya akan menganjurkan pemberian salep ini hanya dua kali dalam sehari. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan Anda sebelum dan sesudah menggunakan terbinafine.

2. Clotrimazole

efek samping salep obat kortikosteroid

Clotrimazole adalah obat yang digunakan untuk mengatasi berbagai infeksi kulit akibat jamur. Salah satunya tentu kutu air. Obat ini bisa Anda peroleh dengan bebas di apotek terdekat, ataupun melalui resep dokter.

Gunakan obat ini hanya pada kulit bagian luar dengan cara dioleskan sesuai dengan arahan dokter. Tingkat keparahan kondisi kutu air akan menentukan berapa lama pengobatan dan dosis yang harus digunakan. Anda mungkin perlu menggunakan obat ini sekitar 2 kali sehari dalam jangka waktu 4-8 minggu.

Tak jarang, dokter akan menyarankan Anda untuk tetap memakai clotrimazole meski kondisi kutu air sudah cukup membaik. Ini supaya jamur tidak muncul lagi. Hindari menggunakan obat clotrimazole melebihi aturan dokter.

Sebaiknya, gunakan obat ini secara teratur demi mendapatkan hasil penyembuhan yang optimal.

3. Butenafine

ketoconazole obat salep

Pilihan obat kutu air lainnya yang bisa Anda pakai yaitu butenafine. Sama seperti terbinafine dan clotrimazole, obat butenafine juga berbentuk salep yang harus Anda oleskan perlahan pada kulit guna memerangi perkembangan jamur. Anda bisa mendapatkannya di apotek terdekat.

Namun, butenafine hanya boleh dioleskan pada kulit yang terinfeksi saja dan tidak untuk kuku. Cara pakainya harus sesuai dengan aturan pada kemasan, kurang lebih dua kali sehari dan jangan terlalu sering sampai melebihi aturan pakai.

Obat ini harus digunakan dengan teratur jika ingin mempercepat proses pemulihan.

4. Hidrokortison

obat cilazapril adalah

Salep atau obat minum hidrokortison akan disarankan oleh dokter bila kondisi kutu air semakin parah dan tak kunjung sembuh. Biasanya obat ini hanya digunakan beberapa hari saja, yang kemudian dilanjutkan dengan memakai salep antijamur lainnya. Untuk pilihan obat kutu air terbaik buat Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter dan apoteker Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca