7 Obat Alami Tapi Ampuh untuk Mengatasi Kulit Gatal dan Iritasi

Oleh

Entah itu gara-gara reaksi alergi; kulit kering dan gatal; gatal biduran karena kena getah tanaman beracun; kondisi kulit seperti eksim atau psoriasis; atau gatal tiba-tiba tanpa sebab, iritasi kulit bisa sangat mengganggu ketenangan hidup. Tapi tenang, sejumlah obat alami dapat membantu meringankan keluhan kulit kering, gatal, kemerahan Anda.

Apa saja obat alami untuk menyembuhkan iritasi kulit?

1. Kompres es

Reaksi alergi pada kulit biasanya muncul sebagai iritasi kulit kemerahan yang terasa gatal, kadang hangat saat disentuh, dan gejala muncul ketika Anda terpapar alergen tertentu. Tanaman beracun seperti pohon jarak dan pohon bintaro adalah salah satu dari penyebab yang paling umum, tapi sabun, pelembab, dan bahkan pakaian juga dapat menyebabkan reaksi alergi. Kompres es pada kulit adalah salah satu perawatan terbaik untuk meringankan iritasi kulit, serta rasa sakit dan gatal.

2. Masker bubur oatmeal

Melumuri kulit yang iritasi dengan bubur oat dingin dapat menunjukkan perbaikan yang sangat baik. Oatmeal bersifat humektan, yang membantu melembapkan kulit. Oat juga mengandung senyawa avenanthramide yang bekerja mengurangi peradangan. Mandi oatmeal juga obat rumah untuk eksim dan psoriasis. Tambahkan satu sampai dua cangkir oatmeal ke dalam semangkuk air hangat dan berendam selama setengah jam. Pastikan untuk tidak menggunakan air panas, karena ini dapat membuat gatal lebih buruk.

3. Baking soda

Baking soda adalah obat rumahan yang juga baik untuk ruam kulit gatal. Tambahkan secangkir baking soda di bak air dingin dan rendam tubuh selama sekitar setengah jam untuk hasil maksimal. Anda juga bisa merendam waslap dalam air campuran baking soda dan mengompres area kulit yang bermasalah.

4. Cuka apel

Cuka sari apel dapat membantu dengan reaksi alergi, kulit kering, dan kulit gatal. Anda dapat menggunakan cuka sari apel pada iritasi kulit akibat reaksi alergi getah tanaman beracun dengan menerapkan satu sendok teh cuka sari apel ke kulit yang bermasalah. Bahkan, Anda dapat menggunakan kompres kapas rendaman cuka sari apel untuk bisa terus menarik racun keluar dari kulit. Antiseptik dan anti-jamur, cuka sari apel juga dapat membantu meringankan infeksi kulit. Manfaat lain dari cuka sari apel untuk iritasi kulit adalah bahwa ini juga membantu dengan kulit kering. Cuka sari membantu untuk menyeimbangkan kadar asam-basa dari kulit dan meningkatkan kelembaban.

5. Lidah buaya

Lidah buaya paling dikenal dengan khasiatnya sebagai penyembuh kulit yang terbakar matahari. Jika Anda punya persediaan lidah buaya segar, patahkan batangnya dan belah memanjang, kemudian keruk gel lengket di dalamnya. Gosokkan gel langsung ke kulit yang iritasi. Jika Anda punya produk kemasdannya, dinginkan dulu di kulkas sebelum diterapkan langsung di kulit.

6. Campuran minyak kelapa dan tea tree oil

Infeksi jamur kulit biasanya muncul sebagai iritasi kulit seperti kurap, psoriasis, dan bahkan eksim (meskipun tidak semua). Infeksi kulit ini disebut sebagai ruam dermatitis dan dapat terjadi karena berbagai alasan. Anda tidak boleh membiarkan daerah iritasi akibat jamur ini jadi terlalu lembab dengan air, justru Anda harus obati ini dengan agen anti-jamur yang dapat menenangkan bintik-bintik merah dan luka dari ruam.

Minyak pohon teh adalah agen anti-jamur kuat yang dapat Anda beli sebagai minyak esensial. Campurkan dengan minyak kelapa (mentah, extra-virgin, atau cold-pressed) dan oleskan setelah Anda mandi. Tepuk-tepuk ringan setelah minyak meresap ke kulit dan lakukan ini setiap hari untuk pemulihan yang lebih cepat. Ini mungkin akan memakan waktu mingguan hingga bulanan untuk benar-benar sembuh, tapi ini akan memberikan bantuan langsung dan ekstra cepat untuk rasa sakit dan gatal-gatal.

7. Kulit buah

Kulit pisang memiliki sifat melembapkan dan juga mengurangi gatal kemerahan. Selain itu, daun mint atau kulit bagian dalam semangka berfungsi menenangkan iritasi kulit atau yang terasa kering dan gatal berkat kandungan anti peradanganmya, juga sekaligus menyegarkan kulit.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca