Makan Taoge Bikin Pria Lebih Subur, Fakta atau Mitos?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Setiap pria pasti menginginkan sperma dirinya subur agar dapat memeroleh keturunan. Segala cara dapat dilakukan untuk membuat kesuburan pria makin meningkat, misalnya dengan menjaga berat badan atau asupan makanannya. Salah satu makanan yang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria adalah taoge atau toge. Banyak pria kemudian suka makan toge sebagai upaya untuk meningkatkan kesuburan.

Tapi, apakah benar taoge dapat meningkatkan kesuburan pria? Ataukah ini cuma mitos?

Taoge mengandung antioksidan

Antioksidan merupakan salah satu senyawa yang dibutuhkan pria untuk meningkatkan kesuburannya. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti paparan sinar matahari, kurang tidur, maupun asap rokok. Kandungan antioksidan yang banyak dalam tubuh dapat membantu melindungi kualitas sperma pria.

Apa pengaruh antioksidan pada sperma?

Nah, taoge mengandung banyak sekali antioksidan dalam bentuk vitamin C, vitamin A, dan vitamin E. Dalam satu cangkir tauge mentah terdapat 14 mg vitamin C, 22 IU vitamin A dalam bentuk betakaroten dan alfakaroten, dan 0,1 mg vitamin E dalam bentuk alfatokoferol. Jadi, dengan makan taoge Anda dapat memeroleh banyak sekali antioksidan yang dapat menjaga kualitas sperma.

Jika Anda perokok atau sering terkena asap rokok, sebaiknya perbanyak asupan makanan yang mengandung antioksidan. Tidak hanya dari makan taoge saja, namun bisa dari makanan lain, seperti wortel, tomat, jeruk, kiwi, serta sayuran dan buah-buahan lainnya.

Taoge mengandung asam folat

Tidak hanya antioksidan, taoge juga mengandung asam folat yang juga diperlukan untuk meningkatkan kesuburan pria. Jadi, tidak hanya wanita saja yang butuh untuk memenuhi kebutuhan asam folatnya sebelum mencoba untuk hamil, tapi kaum pria juga memerlukan nutrisi ini.

Apa pengaruh asam folat pada kesuburan pria?

Asam folat atau juga dikenal sebagai vitamin B9 sangat diperlukan untuk membantu membentuk DNA, memproduksi dan menjaga sel-sel baru, serta membuat sel-sel darah merah yang sehat. Jadi, pemenuhan kebutuhan asam folat ini tentu sangat diperlukan baik bagi pria maupun wanita sebelum mereka mencoba untuk memiliki keturunan.

Selain makan taoge, makanan lain yang juga mengandung asam folat adalah brokoli, bayam, daun kale, dan sayuran hijau lainnya. Kentang, jeruk, dan sereal yang telah diperkaya juga mengandung asam folat. Untuk itu, sangat disarankan pada Anda para pria agar memperbanyak asupan sayuran dan buah-buahan setiap hari.

Kandungan nutrisi lain dalam taoge

Dalam taoge juga terkandung vitamin K dan zat besi, walaupun jumlahnya tidak terlalu tinggi. Dalam satu cangkir tauge mentah terkandung 34 mg vitamin K dan 1 mg zat besi. Vitamin K sangat penting dalam proses pembekuan darah, mineralisasi tulang, dan juga untuk membantu menjaga kepadatan tulang. Sementara, zat besi diperlukan untuk mengangkut oksigen dalam darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh dan juga untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Berapa Pengeluaran Rokok Anda Sehari?

Hitung dan coba alihkan uang itu untuk aktivitas lain yang membantu kesehatan Anda.

Cek Sekarang!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Menopause

Pada akhirnya setiap wanita akan mengalami menopause. Untuk itu, cari tahu informasi lengkap seputar menopause di artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Wanita, Menopause 12 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

Azoospermia (Air Mani Tidak Mengandung Sperma)

Sekiranya 15% pria yang tidak subur disebabkan oleh azoospermia. Jika Anda belum juga punya momongan setelah tahunan berusaha, bisa jadi ini penyebabnya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Masalah Kesuburan, Kesuburan, Kehamilan 4 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Endometriosis

Endometriosis adalah penyakit. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, obat, diet, serta cara mengontrol dan mencegah penyakit ini di Hello Sehat

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 3 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

Mioma Uteri (Fibroid Rahim)

Mioma uteri adalah sel otot rahim yang tumbuh secara abnormal, tetapi tidak memiliki sifat kanker. Apa saja gejalanya? Bagaimana mengatasi kondisi ini?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Fibroid Rahim, Kesehatan Wanita 3 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Direkomendasikan untuk Anda

impotensi

Impotensi (Disfungsi Ereksi)

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
program dan cara cepat hamil

7 Cara Cepat Hamil yang Perlu Dilakukan Anda dan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
makanan penyubur sperma

10 Makanan Penyubur Sperma agar Pasangan Cepat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Kapan kehamilan bisa terdeteksi

Kapan Kehamilan Bisa Mulai Terdeteksi dengan Test Pack?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit