backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Khasiat Kayu Manis untuk Pria, Bisa Atasi Disfungsi Ereksi

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 30/10/2023

7 Khasiat Kayu Manis untuk Pria, Bisa Atasi Disfungsi Ereksi

Tak hanya sebagai rempah untuk memperkaya cita rasa masakan, kayu manis juga digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional. Bahkan, kayu manis dipercaya memiliki khasiat tersendiri untuk pria, yakni meningkatkan kejantanan.

Lantas, benarkah manfaat tersebut? Simak informasi selengkapnya pada ulasan berikut ini.

Ragam khasiat kayu manis untuk kesehatan pria

Sesuai dengan namanya, kayu manis atau banyak orang kenal sebagai cinnamon ini dapat memberikan rasa manis yang khas, baik pada makanan maupun minuman.

Rempah yang terbuat dari kulit pohon bagian dalam tanaman Cinnamomum ini kaya kandungan fitonutrien. Senyawa khas tumbuhan ini punya beragam manfaat untuk kesehatan pria.

Berikut ini sejumlah manfaat kayu manis untuk pria menurut penelitian yang perlu Anda ketahui.

1. Menjaga kesehatan jantung

menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Pria lebih berisiko mengalami penyakit ini karena kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition (2022) menemukan konsumsi 1,5 gram (g) kayu manis per hari baik untuk kesehatan jantung.

Kandungan kayu manis dapat menurunkan kadar kolesterol LDL, trigliserida, serta gula darah pada pengidap sindrom metabolik dan penyakit kardiovaskular.

2. Mengontrol kadar gula darah

Untuk pengidap diabetes, kayu manis memiliki manfaat yang signifikan dalam mengontrol gula darah.

Senyawa aktif di dalam kayu manis (Cinnamomum cassia), yakni anthocyanin dan procyanidin, bisa membantu menurunkan kadar gula darah yang berlebih.

Kedua fitonutrien ini dapat membantu menurunkan gula darah dengan menghambat kerja enzim yang berperan dalam mencerna karbohidrat.

Selain itu, senyawa ini juga dipercaya dapat meniru efek insulin dalam meningkatkan penyerapan gula darah atau glukosa ke dalam sel-sel tubuh.

3. Membantu mengatasi disfungsi ereksi

Salah satu bentuk manfaat kayu manis untuk kejantanan pria ialah meningkatkan fungsi seksual. Ini berasal dari khasiat kayu manis dalam menurunkan gula darah dan kolesterol.

Dengan kadar kolesterol dan gula darah yang terkontrol, peredaran darah pun menjadi lancar. Ini membantu meningkatkan aliran darah ke penis sehingga Anda terhindar dari disfungsi ereksi.

Senyawa cinnamaldehyde yang menghasilkan rasa dan aroma khas kayu manis juga dianggap sebagai afrodisiak alami untuk meningkatkan gairah seksual (libido).

4. Meningkatkan kualitas sperma

Tidak hanya mengatasi disfungsi ereksi, satu lagi khasiat kayu manis untuk pria ialah mendukung pembentukan sperma yang sehat pada testis atau buah zakar.

Peneliti dari Islamic Azad University, Iran, melakukan pengujian untuk manfaat pemberian kayu manis (Cinnamomum zeylanicum) terhadap produksi sel sperma pada tikus.

Diketahui, pemberian kayu manis sebanyak 75 mg/kg/hari secara signifikan dapat meningkatkan jumlah dan pergerakan (motilitas) sel sperma yang sehat.

5. Mengurangi risiko kanker prostat

mengobati penyakit prostat

Kayu manis berpotensi mencegah kanker prostat pada pria. Manfaat ini telah diuji pada sebuah penelitian terbaru yang dimuat dalam jurnal Cancer Prevention Research (2023).

Pemberian zat aktif pada kayu manis, yaitu cinnamaldehyde dan procyanidin, terhadap tikus secara oral dapat membantu menghambat perkembangan kanker prostat pada stadium awal.

Keduanya merupakan antioksidan kuat yang mampu mengurangi stres oksidatif. Ini juga akan mengurangi penyebaran sel-sel kanker ke kelenjar prostat yang sehat.

6. Menurunkan risiko penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson merupakan kelainan sistem saraf yang memengaruhi gerakan tubuh dari waktu ke waktu. Penyakit ini menyerang pria 50% lebih banyak daripada wanita.

Peneliti dari Rush University Medical Center, Amerika Serikat, menemukan potensi manfaat dari kayu manis untuk mengobati pasien penyakit Parkinson.

Kayu manis mampu membantu melindungi sel saraf, menormalkan tingkat neurotransmiter, dan meningkatkan fungsi motorik pada objek berupa tikus.

7. Membantu mencegah infeksi jamur

Pria yang tidak disunat dan kurang menjaga kebersihan penis rentan terkena infeksi jamur. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur Candida albicans secara berlebihan.

Pengujian in vitro atau pada tabung reaksi menemukan bahwa ekstrak cinnamaldehyde dalam kayu manis membantu menghambat pertumbuhan jamur Candida.

Namun, perlu diingat bahwa penelitian ini terbatas pada uji laboratorium saja. Pemakaian kayu manis secara topikal untuk mengatasi infeksi jamur penis belum diketahui manfaat dan risikonya.

Perhatian!

Beberapa penelitian di atas masih terbatas pada hewan dan uji laboratorium. Diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk menilai manfaat kayu manis bagi kesehatan.

Tips aman mengonsumsi kayu manis

rebusan kayu manis dan jahe

Kayu manis hadir dalam bentuk kulit yang sudah dikeringkan, bubuk, ataupun minyak esensial.

Pastikan Anda mengonsumsi kayu manis dalam jumlah yang wajar. Dari beberapa penelitian di atas, dosis kayu manis yang direkomendasikan yakni sekitar ½–1 sendok teh per hari.

Anda dapat merebus kayu manis dan jahe untuk membuat teh kayu manis. Sementara itu, minyak kayu manis bisa Anda gunakan sebagai aromaterapi atau dioleskan pada kulit sesuai kebutuhan.

Meski kayu manis punya berbagai khasiat untuk pria, Anda perlu berhati-hati saat memakainya.

Secara umum, bahaya kayu manis berasal dari kandungan zat aktif yang disebut coumarin. Zat ini dapat meningkatkan risiko kerusakan liver bila dikonsumsi secara berlebihan.

Kayu manis juga berisiko menimbulkan beberapa efek samping, seperti:

  • iritasi mulut dan gusi,
  • mual dan muntah, serta
  • reaksi alergi, seperti gatal, ruam, sesak napas, atau bengkak pada mulut dan tenggorokan.

Perlu diingat bahwa tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Selain itu, mungkin masih ada efek samping lain yang belum tercantum pada daftar di atas.

Apabila Anda hendak menggunakan kayu manis sebagai obat herbal, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui manfaat dan risiko penggunaanya.

Kesimpulan

  • Kayu manis memiliki khasiat untuk kesehatan pria, seperti mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan kualitas sperma.
  • Dosis harian kayu manis yang direkomendasikan yakni sekitar ½–1 sendok teh per hari.
  • Sebelum menggunakan kayu manis sebagai obat herbal, berkonsultasilah dengan dokter untuk memahami manfaat dan risikonya sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 30/10/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan