Atasi Insomnia Dengan Teknik Relaksasi Sederhana Ini, Yuk!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Saat mengalami insomnia, tubuh terasa tak karuan. Tubuh bisa saja lelah tapi untuk memejamkan mata hingga terlelap rasanya sangat sulit. Jika sudah berhasil tidur, terkadang ada saja yang membuat Anda terbangun tengah malam hingga sulit untuk kembali memejamkan mata. Jangan khawatir, coba atasi insomnia Anda dengan mempraktikkan teknik relaksasi sederhana ini.

Urutan teknik relaksasi untuk atasi insomnia

penyakit gangguan tidur

Jika Anda mengalami insomnia, sebaiknya lakukan latihan relaksasi sederhana ini sebelum tidur atau saat terbangun di malam hari dan mengalami kesulitan untuk kembali terlelap. Kunci dari teknik relaksasi ini yaitu fokus pada pernapasan dan juga tubuh. Berikut urutannya dilansir dari National Sleep Foundation:

1. Cari posisi tidur paling nyaman

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mencari posisi yang menurut Anda paling nyaman untuk tidur. Anda bisa berbaring telentang atau menyamping. Biarkan diri Anda merasa rileks, kemudian fokus pada apa yang dirasakan. Saat fokus dan rileks, Anda bisa merasakan tubuh dan permukaan kasur terasa melekat. Lepaskan semua ketegangan agar otot bisa mengendur secara perlahan.

2. Fokuskan perhatian pada tubuh

Jika pikiran Anda mulai melayang ke kejadian menyebalkan tadi pagi atau pekerjaan esok hari, perlahan bawa kembali perhatian Anda pada tubuh. Memang tidak mudah, tetapi jika terus dilatih Anda pasti bisa memusatkan perhatian pada tubuh.

Rasakan betapa badan terasa sangat pegal dan kasur yang begitu nyaman untuk menopang tubuh. Kemudian, coba rasakan kembali tiap bagian tubuh dari mulai kepala hingga jari-jari kaki. Lepaskan semua ketegangan dan jangan memikirkan apa pun selain apa yang Anda rasakan pada tubuh saat itu.

3. Dengarkan suara napas

Setelah Anda fokus pada tubuh, langkah selanjutnya adalah konsentrasi pada suara napas. Coba dengar dan rasakan setiap tarikan serta embusan napas Anda. Jika pikiran kembali melayang-layang, secara perlahan coba bawa kembali perhatian Anda dengan mendengarkan suara napas.

Rasakan juga udara yang melewati hidung Anda. Rasakan sensasi kesejukan di hidung saat Anda menghirupnya dan rasa hangat saat mengembuskannya.

4. Tarik napas dalam-dalam

Untuk membantu tubuh agar lebih rileks, yang perlu Anda lakukan selanjutnya ialah menarik napas dalam-dalam. Tarik melalui hidung dan embuskan selambat mungkin melalui mulut. Agar lebih fokus, pegang perut Anda saat bernapas dan rasakan sensasi naik turunnya. Ulangi hal ini selama beberapa kali hingga Anda merasa jauh lebih rileks dari sebelumnya.

Bernapas dalam-dalam membantu mengurangi ketegangan otot, memperlambat laju pernapasan dan detak jantung, serta menurunkan tekanan darah dan metabolisme. Tarikan serta embusan napas yang panjang dan lambat sangat mirip dengan laju napas saat tidur. Dengan begitu, Anda berusaha meniru pola pernapasan ini untuk membantu tubuh untuk lebih santai sama seperti saat sedang tidur.

Lakukan teknik relaksasi ini selama beberapa menit untuk membantu tubuh agar lebih rileks. Setiap kali pikiran Anda keluar dari jalurnya, kembalikan secara perlahan dengan memusatkan perhatian pada suara napas Anda.

Daripada langsung menggunakan obat, tak ada salahnya mencoba terlebih dahulu teknik relaksasi yang satu ini untuk atasi insomnia Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Sebagian dari Anda mungkin lebih suka tidur dalam keadaan terang. Namun riset menunjukkan matikan lampu saat tidur itu lebih baik. Kenapa?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Pola Tidur Sehat, Tips Tidur 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Serba Serbi Obat Tidur yang Perlu Anda Ketahui (Plus Penyebab Kenapa Susah Tidur)

Anda susah tidur? Mungkin Anda bisa menggunakan obat tidur apotek atau obat tidur alami. Namun sebelumnya, ketahui juga apa saja efek obat tidur pada tubuh.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Pola Tidur Sehat, Gangguan Tidur 23 November 2020 . Waktu baca 14 menit

Bolehkah Menggunakan CTM Sebagai Obat Tidur?

Efek samping CTM yang dapat menyebabkan kantuk membuat banyak orang memanfaatkan CTM sebagai obat tidur. Namun, apakah aman digunakan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 20 November 2020 . Waktu baca 3 menit

8 Hal yang Membuat Anda Sering Terbangun Tengah Malam

Terkadang kita terbangun di tengah malam meski tak ada bunyi alarm atau hal lainnya. Kondisi itu ternyata dipengaruhi kesehatan fisik atau mental. Apa saja?

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Pola Tidur Sehat, Gangguan Tidur 19 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mitos tentang tidur

Mengenal 4 Tahapan Tidur: Dari “Tidur Ayam” Hingga Tidur Pulas

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
susah tidur malam meski badan capek

Susah Tidur Malam Meski Tubuh Kelelahan, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 1 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
gangguan tidur berat badan

Kenapa Gangguan Cemas Seringkali Berkaitan dengan Gangguan Tidur?

Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
perubahan pola tidur

Mengubah Jam Tidur Ternyata Berpengaruh Pada Kesehatan

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit