backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Ciri-Ciri Batuk Mau Sembuh dan Cara Alami Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

7 Ciri-Ciri Batuk Mau Sembuh dan Cara Alami Mengatasinya

Batuk sering kali muncul sebagai gejala flu atau infeksi pernapasan lainnya. Setelah 10 hingga 14 hari, biasanya tubuh Anda sudah cukup kuat untuk melawan virus infeksi. Pada saat inilah tubuh Anda akan menunjukkan ciri-ciri batuk mau sembuh.

Ciri-ciri batuk mau sembuh yang perlu diperhatikan

Batuk adalah respons alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari partikel asing, seperti bakteri, virus, debu, maupun kotoran yang terhirup.

Mengenali tanda-tanda batuk yang mulai sembuh sangat penting untuk memastikan bahwa pemulihan berjalan dengan baik dan tidak ada komplikasi lebih lanjut.

Berikut ini adalah ciri-ciri batuk akan sembuh yang penting untuk Anda perhatikan.

1. Frekuensi batuk berkurang

buah untuk batuk

Salah satu tanda batuk mau sembuh yang paling jelas adalah frekuensi batuk yang kian jarang. 

Apabila sebelumnya Anda batuk terus-menerus sepanjang hari, sekarang Anda mungkin hanya batuk sesekali. Hal ini menandakan bahwa iritasi saluran pernapasan mulai mereda.

2. Intensitas batuk lebih ringan

Selain frekuensinya yang berkurang, intensitas batuk juga akan makin ringan. Batuk yang Anda alami saat ini mungkin tidak lagi keras dan terasa menyakitkan daripada sebelumnya.

Berapa lama batuk akan sembuh?

Dilansir dari Cleveland Clinic, batuk akut dan ringan dapat berlangsung selama dua hingga tiga minggu. Sementara itu, batuk kronis umumnya berlangsung lebih dari delapan minggu.

3. Produksi dahak menurun

Batuk produktif atau lebih dikenal sebagai batuk berdahak bisa memicu keluarnya dahak akibat adanya infeksi pada saluran pernapasan.

Begitu batuk mulai sembuh, Anda akan mengalami ciri-ciri berupa produksi dahak yang berkurang. Dahak yang keluar pun tampak lebih jernih dan tidak kental karena tubuh telah berhasil melawan infeksi.

4. Rasa gatal di tenggorokan berkurang

Gatal pada tenggorokan sering kali menjadi pemicu utama batuk, seperti pada kasus batuk kering.

Saat batuk Anda akan sembuh, perasaan gatal tersebut akan makin berkurang. Anda mungkin merasa tenggorokan terasa lebih nyaman sehingga desakan untuk batuk mulai mereda.

5. Tidur lebih nyenyak

cara tidur cepat 30 detik

Batuk yang parah dan terus-menerus, terutama pada malam hari, bisa mengganggu tidur Anda. 

Jika Anda mulai bisa tidur dengan nyenyak tanpa sering terbangun karena batuk, hal ini adalah tanda positif bahwa tubuh Anda sedang dalam proses pemulihan.

6. Nafsu makan meningkat

Saat sakit, nafsu makan Anda biasanya berkurang. Sebaliknya, nafsu makan akan berangsur meningkat secara perlahan begitu Anda mulai pulih.

Apabila Anda mulai dapat menikmati makanan kembali, ini merupakan ciri-ciri bahwa batuk mau sembuh dan penyakit yang sedang Anda alami segera menghilang.

7. Tingkat energi dan aktivitas kembali normal

Selain batuk, infeksi saluran pernapasan bisa menyebabkan demam. Kondisi ini yang tak jarang membuat Anda merasa sangat lelah sehingga sulit untuk melakukan aktivitas.

Jika suhu tubuh berangsur normal serta Anda merasa lebih energik dan bisa menjalani aktivitas kembali, itu pertanda bahwa kondisi Anda mulai membaik.

Artikel terkait

Tips meredakan batuk secara alami

manfaat jahe untuk wanita

Batuk ringan biasanya akan berangsur mereda dalam beberapa waktu. Agar proses pemulihan lebih cepat, berikut ini adalah beberapa obat batuk alami yang bisa Anda gunakan.

  • Air putih. Minum banyak air putih dapat menjaga kelembapan saluran pernapasan, mengencerkan dahak, dan menenangkan tenggorokan yang gatal.
  • Madu. Makan satu sendok madu dapat melapisi tenggorokan dan mengurangi refleks batuk. Sifat antimikroba madu juga bisa melawan infeksi pada saluran pernapasan.
  • Jahe. Salah satu rimpang yang mudah ditemukan ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan meredakan batuk, terutama batuk kering.
  • Jeruk nipis. Ramuan jeruk nipis dan kecap manis membantu melemaskan otot-otot saluran pernapasan dan meredakan gejala lain, seperti gatal tenggorokan.
  • Teh herbal.Teh peppermint atau teh thyme dapat membantu meredakan batuk dengan sifat ekspektoran untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak.
  • Berkumur air garam. Berkumur dengan air garam hangat bisa membantu mengurangi iritasi pada tenggorokan dan meredakan batuk.
  • Inhalasi uap. Menghirup uap air panas membantu melembapkan saluran pernapasan dan mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Mengetahui ciri-ciri batuk mau sembuh serta cara mengatasinya dengan obat alami penting untuk mempercepat proses pemulihan Anda.

Jika batuk tidak kunjung sembuh dan makin parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan dan obat dengan dosis yang tepat. 

Dengan begitu, batuk akan segera sembuh dan Anda dapat kembali beraktivitas seperti biasa.

Kesimpulan

  • Mengenal ciri-ciri batuk mau sembuh penting untuk memastikan pemulihan berjalan baik dan mencegah komplikasi.
  • Frekuensi batuk yang berkurang, intensitas batuk lebih ringan, dan produksi dahak yang menurun merupakan beberapa tanda positif batuk mulai sembuh.
  • Menggunakan obat alami, misalnya minum air putih, madu, jahe, dan inhalasi uap, dapat membantu meredakan batuk dan mempercepat pemulihan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 3 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan