Definisi

Apa itu hammertoe?

Hammer adalah kecacatan yang terjadi di sendi jari kaki selain jempol, yang membuat satu atau beberapa jari kaki menjadi bengkok. Ini terjadi akibat adanya ketidakseimbangan di otot, tendon, atau ligamen yang seharusnya menjaga jari kaki supaya tetap lurus.

Jenis-jenis hammertoe

Ada dua jenis hammertoe, yaitu hammertoe fleksibel dan hammertoe kaku. Jika penderita masih bisa menggerakan sendi jari kaki, ini dinamakan hammertoe fleksible, yang merupakan tahap awal dan tergolong ringan sehingga bisa mudah diatasi dengan beberapa pilihan pengobatan.

Namun, pada hammertoe kaku, tendon di jari kaki menjadi rigid, kemudian menekan sendi ke luar jalur sehingga jari kaki tak bisa digerakkan. Jika sudah mencapai tahap ini, jalan keluarnya adalah operasi.

Gejala

Apa saja gejala hammertoe?

Keluhan utama yang dilaporkan penderita hammertoe adalah iritasi di jari kaki yang bengkok. Anda juga mungkin akan kesulitan atau merasa sakit saat menggerakan jari kaki yang mengalami hammertoe. Kapalan akan terjadi apabila jari kaki tersebut bergesekan dengan bagian dalam sepatu.

Penyebab

Apa penyebab hammertoe?

Hammertoe biasanya disebabkan oleh sepatu yang kurang pas, sehingga mendorong jari-jari kaki ke posisi bengkok. Jika jari kaki bengkok dan dibiarkan di posisi ini dalam waktu lama, otot yang meluruskan jari kaki tak bisa lagi diregangkan.

Sepatu hak tinggi bisa meningkatkan tekanan dan membengkokkan jari kaki lebih dalam. Lama kelamaan, otot jari kaki tak bisa lagi diluruskan bahkan saat Anda sedang tidak memakai sepatu.

Wanita lebih sering mengalami hammertoe dibanding laki-laki, karena sepatu wanita lebih sering menyebabkan hammertoe. Jika Anda mengalami nyeri kaki yang tak hilang-hilang sehingga menyulitkan Anda berjalan, apalagi jika Anda memiliki diabetes atau sirkulasi darah yang buruk, segera periksakan ke dokter.

Komplikasi

Apa saja komplikasi yang bisa terjadi akibat hammertoe?

Awalnya, jari kaki Anda masih bisa digerakkan meski mengalami hammertoe. Namun, jika jari kaki dibiarkan dalam keadaan hammertoe selama waktu yang lama, tendon jari kaki bisa mengencang karena tak bisa diregangkan lurus ke ukuran penuhnya. Lama kelamaan, jari kaki akan bengkok permanen.

Jika tidak ditangani, hammertoe ringan bisa berubah menjadi cacat jari kaki yang permanen, menyebabkan kapalan dan luka setiap bagian dalam sepatu bergesekan dengan bagian jari kaki yang mengalami hammertoe.

Pengobatan

Bagaimana cara mengobati hammertoe?

Ada beberapa pengobatan hammertoe tergantung pada seberapa parah kondisi Anda, di antaranya:

  • Pakailah sepatu yang ukurannya pas, tidak kekecilan, bila perlu ditambah bantalan empuk di area jari kaki yang sakit.
  • Pembengkakan dan rasa sakit bisa diatasi dengan obat-obatan antiradang. Dokter juga mungkin akan menyuntik kortison jika rasa sakit Anda tidak tertahankan.
  • Dokter juga mungkin akan membuatkan Anda bantalan untuk disisipkan ke dalam sepatu, untuk mengatasi rasa sakit dan mencegah hammertoe Anda memburuk.
  • Gunkan bantalan metatarsal yang dijual di pasaran.
  • Di tahap awal, dokter mungkin akan menyarankan untuk membebat jari kaki Anda, dan merekomendasikan beberapa latihan untuk mengembalikan keseimbangan otot.
  • Jika hammertoe tidak dapat diperbaiki dengan metode di atas, operasi mungkin dibutuhkan. Biasanya operasi hammertoe tergolong cepat sehingga Anda tidak perlu diopname.

 

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 8, 2017 | Terakhir Diedit: Desember 8, 2017