Apa Itu Fibroadenoma?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Definisi

Apa itu fibroadenoma?

Fibroadenoma adalah salah satu jenis tumor jinak yang muncul pada payudara Anda. Tidak semua benjolan pada payudara Anda merupakan tumor yang berbahaya. Dalam beberapa kasus, orang sering keliru  menyangka benjolan tersebut sama dengan tumor kanker payudara.

Yang membedakan antara benjolan tumor jinak dengan tumor kanker payudara adalah ukuran dan persebarannya. Fibroadenoma tidak akan berubah menjadi lebih besar seiring waktu berjalan, dan tidak pula menyebar ke organ lain seperti kanker payudara. Benjolan hanya tetap berada dalam jaringan payudara.

Anda bisa merasakan tumor ketika Anda melakukan pemeriksaan payudara. Jika Anda merasa ada suatu benjolan seperti bola karet dengan bentuk yang teraba dengan jelas pada payudara Anda, Anda harus mendapatkan didiagnosis untuk kondisi ini.

Seberapa umumkah fibroadenoma?

Fibroadenoma adalah kondisi yang cukup umum terjadi di antara wanita-wanita berusia muda. Sering kali kondisi ini muncul pada gadis remaja dan wanita di bawah usia 30 tahun, meski tidak menutup kemungkinan bahwa kondisi ini terjadi pada wanita usia berapa saja.

Kondisi ini dapat dikelola dan dikendalikan dengan cara mengurangi faktor risiko Anda. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kondisi ini.

Apa saja jenis-jenis dari fibroadenoma?

Benjolan-benjolan pada payudara dapat dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu:

  • Fibroadenoma kompleks

Benjolan jenis ini yang paling mudah mengalami perubahan, seperti pertumbuhan sel-sel (hiperplasia) yang terjadi secara cepat. Kondisi ini memerlukan tes diagnosis khusus setelah prosedur biopsi dilakukan.

  • Fibroadenoma juvenile

Kondisi ini paling banyak terjadi pada perempuan berusia remaja, di antara 10-18 tahun. Ukuran benjolan dapat membesar, walaupun biasanya akan mengecil dan hilang seiring dengan berjalannya waktu.

  • Giant fibroadenoma

Sesuai dengan namanya, ukuran benjolan dapat membesar hingga 5 cm. Kondisi ini harus segera ditangani dengan prosedur operasi pengangkatan benjolan.

  • Tumor phyllodes

Walaupun tumor pada kondisi ini umumnya bersifat jinak, dalam beberapa kasus, tumor dapat berubah menjadi sel kanker payudara. Dokter akan menyarankan Anda untuk mengangkat benjolan tersebut dengan operasi.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja gejala fibroadenoma?

Ketika Anda menekan kulit Anda, Anda dapat merasa fibroadenoma seperti benjolan di payudara Anda. Tanda-tanda dan gejala yang umum dari kondisi ini adalah benjolan payudara yang terasa padat atau benjolan yang biasanya berbentuk bulat dengan batas yang teraba dengan jelas jelas. Kondisi ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan benjolan bisa bergerak ketika Anda menyentuhnya.

Benjolan pada payudara dapat memiliki ukuran yang berbeda dan bisa menjadi lebih besar atau bahkan menyusut sendiri. Namun, benjolan tersebut biasanya berukuran kecil, hanya 1 atau 2 cm.

Kemungkinan ada tanda-­tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus segera menghubungi dokter Anda ketika Anda mendeteksi adanya benjolan payudara baru atau payudara Anda memiliki perubahan, atau jika Anda menyadari benjolan pada payudara Anda tampaknya tumbuh lebih besar atau mengalami perubahan dari sebelumnya.

Tubuh masing-masing penderita menunjukkan tanda-tanda dan gejala yang bervariasi. Untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, selalu periksakan apapun gejala yang Anda alami dengan dokter atau pusat layanan kesehatan terdekat.

Penyebab

Apa penyebab fibroadenoma?

Meskipun penyebab pasti dari fibroadenoma belum ditemukan, peneliti menganggap bahwa hormon memainkan peran dalam membentuk benjolan pada payudara.

Benjolan pada payudaran mungkin memiliki kaitan dengan hormon reproduksi, karena kemunculannya cenderung terjadi lebih sering selama masa subur Anda. Selain itu, benjolan dapat menjadi lebih besar selama kehamilan atau penggunaan terapi hormon.

Setelah menopause, seiring dengan penurunan kadar hormon, benjolan mungkin dapat menyusut. Penyebab lainnya adalah penggunaan kontrasepsi oral sebelum usia 20, yang dapat menyebabkan perkembangan dan pertumbuhan fibroadenoma.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya terkena fibroadenoma?

Fibroadenoma adalah penyakit yang dapat terjadi pada hampir setiap orang, terlepas dari kelompok usia dan golongan rasnya. Namun, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami kondisi ini.

Perlu Anda ketahui bahwa memiliki salah satu atau beberapa faktor risiko bukan berarti Anda dipastikan akan menderita suatu penyakit. Tidak menutup kemungkinan Anda dapat mengalami suatu kondisi tanpa adanya satu pun faktor risiko.

Berikut adalah faktor-faktor risiko untuk penyakit ini, seperti:

  • Berusia remaja atau di bawah 30 tahun
  • Menjalani terapi estrogen atau terapi hormon lainnya
  • Kehamilan
  • Menyusui
  • Penggunaan pil KB

Diagnosis & pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti saran medis. SELALU berkonsultasi dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Bagaimana fibroadenoma didiagnosis?

Untuk mendiagnosis fibroadenoma, dokter dapat meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan fisik di mana payudara Anda dapat diperiksa secara manual. Kemudian, untuk mendapatkan hasil diagnosis yang lebih akurat, dokter akan menyarankan Anda untuk menjalani beberapa tes tambahan:

1. USG atau mammogram

Anda mungkin harus melakukan USG payudara atau tes pencitraan mammogram tergantung pada situasi Anda. Jika Anda harus melakukan USG payudara, Anda akan berbaring di atas meja, kemudian perangkat genggam yang disebut transducer akan digerakan di atas kulit payudara untuk menghasilkan gambar di layar.

Dalam tes mammogram, payudara Anda dideteksi dengan menggunakan rontgen dengan cara ditekan antara dua permukaan datar.

2. Biopsi

Untuk memeriksa apakah tumor tersebut adalah kanker atau tidak, dokter dapat merekomendasikan aspirasi jarum halus atau biopsi. Hal ini dilakukan dengan memasukkan jarum ke dalam payudara Anda dan mengambil potongan kecil dari tumor untuk dikirim ke laboratorium.

Bagaimana cara mengobati fibroadenoma?

Jika dokter Anda mengonfirmasi bahwa benjolan payudara Anda adalah fibroadenoma, Anda mungkin tidak perlu operasi. Karena benjolan yang muncul umumnya terkait dengan kadar hormon, benjolan ini mungkin menyusut setelah penurunan hormon reproduksi Anda.

Anda mungkin tidak memerlukan pengobatan apapun untuk menangani penyakit ini dalam beberapa kasus. Namun, jika Anda berpikir bahwa benjolan Anda tidak dapat mengecil atau menghilang sendiri, atau jika bentuk payudara Anda mungkin berubah karena tumor, Anda dapat memilih untuk melakukan operasi.

Sebelum melakukan operasi, Anda perlu memonitor kondisi ini dengan pemeriksaan tindak lanjut oleh dokter Anda untuk USG payudara. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui setiap perubahan dalam penampilan atau ukuran benjolan. Jika benjolan yang muncul benar-benar mengkhawatirkan, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan operasi untuk mengangkatnya.

Namun, jika salah satu tes Anda menunjukkan hasil tidak normal, maka operasi diperlukan. Pada awalnya, dokter bedah mengangkat jaringan payudara dan mengirimnya ke laboratorium untuk diperiksa adanya kanker. Jika hasil tes menunjukkan sel-sel non-kanker, dokter akan mengangkat tumor.

Salah satu metode menghilangkan tumor adalah dengan cryoablation. Dalam prosedur ini, dokter Anda menyisipkan perangkat tipis, seperti tongkat melalui kulit Anda hingga ke area benjolan dan memberikan  gas untuk membekukan jaringan.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat membantu saya mengelola fibroadenoma?

Berikut gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi fibroadenoma:

  • Anda harus menjalani pemeriksaan rutin dengan dokter Anda dan menjadwalkan mammogram secara teratur jika Anda memiliki benjolan pada payudara
  • Anda harus memeriksa payudara Anda secara teratur untuk memeriksa tanda-tanda pertumbuhan yang tidak biasa
  • Anda harus meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan olahraga teratur dan diet yang tepat

Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk lebih memahami solusi yang terbaik untuk Anda.

Hello Health Group tidak memberikan saran medis, diagnosis atau pengobatan.

Direview tanggal: September 22, 2016 | Terakhir Diedit: September 9, 2019

Yang juga perlu Anda baca