Definisi

Apa itu esofagus barrett?

Esofagus Barrett adalah kondisi kesehatan di mana sel yang melapisi kerongkongan rusak karena asam perut. Lapisan tersebut kemudian akan menjadi tidak normal dan berubah menjadi seperti sel yang melapisi perut.

Sel yang bernama squamous (rata) merupakan sel yang biasanya melapisi kerongkongan. Dalam kasusi ini, sel-sel tersebut kemudian berubah menjadi jenis lain, yaitu columnar (sel yang terlihat seperti kolom-kolom). Sekitar 5%-10% orang yang mengalami penyakit ini pada akhirnya menderita kanker kerongkongan.

Seberapa umumkah esofagus barrett?

Orang-orang yang mengidap GERD atau Gastroesophageal reflux desease, yaitu penyakit kronis yang menyebabkan asam lambung surut dari perut ke bagian akhir kerongkongan, seringkali terkena esofagus barret. Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena kondisi ini apabila menghindari faktor berisiko. Mohon diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala esofagus barrett?

Kebanyakan gejala yang ditunjukkan serupa dengan orang-orang yang mengidap asam lambung atau ketidakmampuan pencernaan asam. Mulas biasanya terjadi khususnya di malam hari, dan dapat membangunkan tidur.

Gejala lain termasuk:

  • Sakit dada
  • Sulit menelan
  • Makanan tersedak atau muntah
  • Sulit bernapas, bersuara mendesis
  • Tenggorokan kering atau suara serak

Selain itu, masih terdapat juga beberapa ciri dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Apabila Anda memiliki keluhan yang sama, tolong konsultasikan kepada dokter.

 

Kapan saya harus menghubungi dokter?

Apabila Anda mengalami gejala seperti yang dijelaskan di atas atau memiliki pertanyaan lain, segera hubungi dokter Anda. Status dan kondisi dapat berbeda pada setiap orang, selalu diskusikan dengan dokter tentang metode diagnosis, pengobatan, dan perawatan terbaik bagi Anda.

Penyebab

Apa penyebab barrett esophagus?

Penyebabnya masih belum diketahui, namun dipercayai keluhan dimulai dari gangguan acid reflux, karena esofagus Barrett dapat terjadi pada 10%-15% orang yang mengidap acid reflux. Penyakit ini tidak turun temurun dan tidak dapat menular.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk esofagus barrett?

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi esofagus Barrett adalah:

  • Sakit perut yang kronis dan acid reflux
  • Esofagus Barrett adalah kondisi lebih umum terjadi pada lansia
  • Pria lebih berisiko terkena penyakit ini
  • Ras, seperti orang kulit putih, lebih berisiko terkena penyakit ini daripada ras lain
  • Kegemukan juga bisa membuat Anda berisiko terkena kondisi esofagus barret
  • Merokok tidak hanya berbahaya bagi paru-paru dan sistem pernapasan, namun juga kerongkongan dan kemampuan pencernaan tubuh

Tidak adanya risiko bukan berarti Anda bebas dari kemungkinan terpapar gangguan. Ciri dan gejala yang dituliskan hanya sekadar untuk referensi. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk esofagus barrett?

Tujuan dari pengobatan ini adalah untuk mencegah asam surut ke dalam kerongkongan. Pencegahan tersebut dilakukan untuk menjaga lapisan kerongkongan agar tidak terkikis dan berubah menjadi esofagus Barrett.

Obat-obatan dapat membatasi jumlah asam yang mencapai lapisan. Oba-obatan ini termasuk antiasam, dihidrogen antagonis (seperto ranitidine, cimetidine), proton pump inhibitor (misalnya, omeprazole, lansoprazole), dan obat-obatan yang meningkatkan gerak gastrointestinal (misalnya, metoclopramide). Inhibitor pompa proton adalah yang paling efektif dan banyak digunakan. Komplikasi utama adalah munculnya kanker kerongkongan, tapi dokter dapat mengamati kerongkongan dengan endoskopi yang sering dilakukan untuk mengecek kanker.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk esofagus barrett?

Dokter biasanya mendiagnosis gangguan dengan menggunakan endoskopi (dengan memasangkan selang berlampu ke dalam mulut dan tenggorokan). Dokter memeriksa tenggorokan dan mengambil sampel dari area yang mungkin bermasalah (biopsi).

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi barrett esophagus?

Berikut merupakan bentuk-bentuk dari gaya hidup sehat dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda menghadapi esofagus Barrett:

  • tepati jadwal konsultasi dengan dokter dan jadwal pengamatan gejala juga kondisi kesehatan Anda
  • patuhi instruksi dokter, jangan mengonsumsi obat yang tidak diresepkan. Atau menghentikan minum obat tanpa berkonsultasi
  • satu-satunya cara untuk mendiagnosis penyakit ini adalah menggunakan metode biopsi. Seorang gastroenterologist (spesialis yang mengurusi permasalahan perut dan lambung) akan melakukan tes tersebut
  • meletakkan kepala lebih tinggi saat tidur di kasur agar mencegah acid reflux
  • hubungi dokter apabila terjadi gejala ini
    • sakit perut
    • makanan tersangkut di tenggorokan

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 4, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 4, 2018