backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

5 Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Basmi Kutu Rambut

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

5 Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Basmi Kutu Rambut

Kutu rambut adalah masalah kulit kepala yang umum terjadi. Namun, Anda tidak perlu khawatir, ada banyak cara untuk menghilangkan kutu rambut, salah satunya dengan menggunakan olive oil. Simak cara menggunakan minyak zaitun untuk kutu rambut dalam ulasan berikut ini.

Apakah minyak zaitun bisa menghilangkan kutu rambut?

Minyak zaitun dapat digunakan untuk menghilangkan kutu rambut yang mengganggu. Minyak herbal ini dapat membunuh kutu rambut dengan cara menyumbat saluran pernapasan kutu.

Studi dalam Indian Journal of Forensic Medicine and Toxicology mengungkapkan bahwa minyak zaitun bisa menjadi pilihan alternatif untuk membasmi kutu rambut pada ibu hamil dan anak-anak. 

Hal ini karena minyak zaitun tidak mengandung bahan kimia yang membahayakan ibu hamil maupun anak-anak. 

Minyak zaitun juga bisa Anda gunakan untuk melembapkan kulit kepala serta mengurangi gatal akibat gigitan kutu.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun

Untuk menghilangkan kutu rambut, minyak herbal ini bisa Anda gunakan sebagai masker rambut. Simak caranya di bawah ini.

1. Oleskan minyak zaitun secukupnya

minyak almond oil olive oil minyak zaitun

Tuangkan minyak zaitun ke tangan dan aplikasikan perlahan ke seluruh kulit kepala dan rambut. Pastikan minyak herbal ini menutupi seluruh kulit kepala dengan baik. 

Anda juga bisa menuangkan minyak zaitun pada sisir rambut atau serit untuk mengaplikasikannya ke helai rambut. Sisir seluruh bagian rambut mulai dari pangkal hingga ujung rambut,

Jika Anda memiliki rambut yang tebal dan panjang, pisahkan rambut menjadi beberapa bagian dengan menggunakan jepit rambut. Hal ini mempermudah Anda mengoleskan minyak zaitun ke seluruh area rambut.

2.  Bungkus rambut

Setelah itu, Anda perlu membungkus kepala dan rambut menggunakan shower cap.

Cara ini dilakukan untuk membiarkan minyak zaitun melapisi rambut dan menyerap ke helai-helai rambut dan kulit kepala yang bermasalah.

Anda bisa mengikat rambut terlebih dahulu, lalu tutup dengan menggunakan shower cap. Pastikan untuk menutup seluruh bagian kepala dengan rapat agar kutu tidak keluar melalui celah shower cap

3. Tunggu selama beberapa jam

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, biarkan rambut Anda terbungkus shower cap dan terlapisi oleh minyak zaitun selama kurang lebih 6 – 8 jam.

Karena cukup lama, Anda bisa membiarkan masker rambut ini semalaman. Dengan begini, minyak zaitun juga dapat bekerja secara efektif untuk mengusir kutu rambut.  

Perlu Anda ketahui


Minyak zaitun tidak dapat menghilangkan telur kutu. Minyak herbal ini hanya mampu membunuh kutu yang hidup di kulit kepala. Untuk menghilangkan telur kutu, Anda bisa merontokkannya dengan menggunakan serit. 

4. Bersihkan dengan sampo

Lepaskan penutup rambut, lalu tuangkan sampo ke rambut dan kulit kepala. tanpa perlu membasahinya terlebih dahulu. Setelah itu, bersihkan dengan air mengalir.

Agar minyak zaitun benar-benar hilang dari rambut, Anda disarankan untuk keramas dengan sampo sebanyak dua kali. 

5. Keringkan rambut

Keringkan rambut seperti biasanya menggunakan handuk dan hairdryer. Setelah rambut kering, jangan lupa untuk menyisir rambut Anda

Anda bisa menyisir menggunakan serit untuk sekaligus menghilangkan telur kutu yang ada di kulit kepala dan helai rambut. Hal ini penting untuk mencegah telur kutu menetas dan memicu pertumbuhan kutu rambut yang baru.

Tips mencegah kutu rambut

gejala kutu rambut

Tidak cukup  mengandalkan minyak zaitun untuk membasmi kutu rambut, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mencegah penyebarannya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penularan kutu rambut.

  • Hindari berbagi barang-barang pribadi seperti handuk, topi, kerudung atau bantal dengan orang lain, untuk menghindari penyebaran kutu.
  • Rendam sisir, ikat rambut, atau jepit rambut di dalam air panas selama kurang lebih 20 menit, terutama jika digunakan oleh orang yang terkena kutu rambut.
  • Bersihkan karpet, sofa, lantai atau area lain yang mungkin dihuni kutu dengan vacuum cleaner. Kutu rambut dapat bertahan hidup 1 – 2 hari jika terjatuh dari kulit kepala.
  • Jangan menggunakan insektisida untuk membasmi kutu rambut karena dapat menjadi racun jika terhirup dan terserap melalui kulit.

Nah, itulah cara menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan kutu rambut dan tips mencegah penyebarannya. Agar lebih efektif membasmi kutu, lakukan perawatan rambut dengan minyak herbal ini selama 2 – 3 kali seminggu.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan