Perawatan Setrika Wajah, Apakah Aman dan Efektif?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 April 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Beragam perawatan kulit untuk mencegah penuaan semakin banyak bermunculan. Setelah filler wajah sempat booming, perawatan wajah dengan Radio Frequency (RF) atau yang lebih dikenal dengan setrika wajah, kini menjadi cara baru yang dipilih wanita untuk mengencangkan kulit kendur.

Perawatan wajah ini banyak dipilih karena minim risiko sayatan, atau tanpa metode operasi. Dengan sekejap, kulit wajah Anda kencang dan bebas kendur secara instan.

Tertarik untuk melakukan perawatan ini? Sebelum melakukannya, ketahui dulu serba-serbi setrika wajah dalam artikel ini.

Apa itu setrika wajah?

Setrika wajah, atau dalam istilah ilmiahnya disebut dengan radio frequency (RF) merupakan prosedur kecantikan tanpa bedah yang menggunakan frekuensi radio untuk mengencangkan dan membentuk kembali lapisan kulit yang kendur.

Cara kerjanya adalah dengan memanaskan bagian wajah hingga ke lapisan dalam. Tujuannya untuk merangsang pertumbuhan kolagen baru yang akan memberikan perubahan langsung pada jaringan. Jaringan pada wajah ini kemudian akan mengencang sehingga tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kulit keriput, dan lain sebagainya pun akan berkurang dengan sendirinya.

Tidak hanya untuk mengencangkan kulit wajah, perawatan ini juga bisa dilakukan untuk menghilangkan jaringan lemak berlebih, menyamarkan selulit, dan contouring tubuh bagi mereka yang menginginkan sedikit modifikasi pada bagian tubuhnya. Misalnya, meniruskan pipi atau menghilangkan lipatan dagu.

Apakah setrika wajah aman?

Pengencangan kulit dengan setrika wajah merupakan prosedur yang relatif aman untuk dilakukan dan dapat digunakan untuk semua warna kulit.

Namun, perawatan ini juga memiliki syarat dan ketentuan. Ibu hamil dan orang yang sedang memakai alat pacu jantung tidak dianjurkan melakukan perawatan ini karena dikhawatirkan gelombang frekuensi yang digunakan akan memengaruhi janin ataupun kerja alat tersebut.

Efek samping melakukan perawatan setrika wajah

Perawatan ini diklaim memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan perawatan pencegah penuaan lainnya. Pada kenyataannya, memang tidak ada perawatan yang bebas risiko atau efek samping hingga seratus persen. Perhatikan berbagai efek samping setrika wajah berikut ini.

Kulit kemerahan dan bengkak

Kulit yang berubah menjadi warna merah dan bengkak merupakan efek samping yang paling sering dilaporkan oleh pasien. Namun, efek samping ini akan lekas mereda setelah beberapa jam tindakan.

Jika Anda ingin meredakannya, Anda bisa memberikan kompres es pada wajah. Bila setelah beberapa hari kondisi Anda tidak membaik, segera temui dokter.

Risiko radiasi

Walaupun perawatan ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk meminimalisasi radiasi dari frekuensi radio yang digunakan, beberapa orang mungkin masih sensitif terhadap paparan radiasinya. Mereka yang terlalu sensitif, bagaimanapun, akan mengalami rasa sakit yang terkadang membutuhkan obat penenang ketika menjalani proses setrika wajah.

Bekas luka

Teknik setrika wajah yang salah dapat menimbulkan bekas luka yang permanen (tidak bisa hilang), entah karena adanya luka bakar, pigmentasi kulit, atau infeksi. Untuk menghilangkan bekas luka, dokter dapat menyuntikan kortikosteroid ke bekas luka tersebut.

Yang harus diingat sebelum pakai setrika wajah

Perawatan setrika wajah menghasilkan efek samping yang berbeda-beda pada setiap orang. Namun efek samping ini bisa dicegah dengan melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

Ingat, tindakan ini hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis kulit (dermatolog), dokter bedah kecantikan, ahli farmasi, atau terapis kecantikan yang sudah mengantongi sertifikat.

Jadi, Anda hanya boleh menjalani perawatan ini di klinik-klinik yang sudah terpercaya dan punya reputasi baik. Jangan pernah mengambil risiko melakukan tawar-menawar dalam melakukan perawatan wajah Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Kandungan mangga yang manis dan asam menyegarkan menjadikan buah musiman ini bintangnya rujak. Apa saja manfaat mangga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Tertarik ingin mata Anda berwarna tidak hanya warna putih saja? Tato mata bisa jadi jawabannya. Sebelum lakukan, cari tahu dulu bahayanya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Langkah untuk Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang bukan perkara mudah. Mulailah dengan 5 langkah berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Berhenti Merokok, Hidup Sehat 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Apakah Produk Pembersih di Rumah Anda Sebabkan Masalah Pernapasan?

Kandungan dalam berbagai produk pembersih rumah bisa menimbulkan masalah kesehatan. Bagaimana cara memilih dan mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 3 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit



Direkomendasikan untuk Anda

berhenti minum pil kb

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
gaya pengasuhan

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
mudah dihipnotis

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
jenis jerawat umum

Jenis Jerawat dan Berbagai Macam Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit