home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Berbagai Cara untuk Mengatasi Ketiak Hitam

Berbagai Cara untuk Mengatasi Ketiak Hitam

Ada banyak penyebab ketiak hitam, dari mulai pemakaian deodoran yang salah, teknik mencukur yang salah, dan sebagainya. Namun, bagaimana cara mengatasi kulit ketiak hitam dan mengembalikannya ke warna yang asli?

Berbagai cara untuk mengatasi ketiak hitam

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi warna ketiak yang menggelap. Bila Anda ingin hasil yang lebih cepat, Anda mungkin akan membutuhkan pengobatan dan perawatan dari dokter. Namun bila Anda khawatir akan efek sampingnya, Anda bisa mencoba menggunakan bahan alami.

Mengatasi ketiak hitam dengan cara medis

perawatan laser hair removal

Berikut adalah berbagai perawatan dari dokter untuk mencerahkan ketiak yang menghitam.

1. Menggunakan krim oles

Biasanya obat oles yang paling sering diberikan adalah obat oles hidrokuinon. Hidrokuinon bekerja untuk menyerahkan kulit ketiak Anda yang menghitam. Bentuknya dapat berupa krim, losion, gel, atau cairan. Terkadang, produk ini bisa didapatkan tanpa resep dokter, tetapi kandungan hydroquinonenya tentu lebih sedikit.

Untuk mendukung kerja obat, dokter juga akan meresepkan obat tambahan, yaitu tretinoin atau kortikosteroid. Ada kalanya, obat yang diberikan sudah mengandung ketiganya sekaligus.

Pilihan krim lainnya meliputi asam azelaic dan asam kojic.

2. Terapi laser

Perawatan lain untuk mengatasi ketiak yang hitam adalah dengan menjalani terapi laser. Terapi ini melibatkan pemberian laser kepada area yang terdampak untuk mengangkat pigmen kulit.

3. Peeling kimiawi

Pada prosedur ini, dokter akan mengoleskan bahan kimia pada kulit Anda yang menghitam. Kemudian, nantinya kulit yang terdampak perlahan akan mengelupas dan menampilkan kulit baru yang lebih halus dengan warna yang lebih merata.

Bahan kimia yang digunakan dalam prosedur ini adalah asam hidroksi alfa dan asam hidroksi beta (AHA dan BHA). Pada awalnya, hasilnya mungkin belum terlihat optimal. Maka dari itu, biasanya prosedur ini harus dilakukan secara bertahap.

Perlu Anda ketahui, perawatan medis akan lebih utama untuk dilakukan bila ketiak hitam didasari oleh kondisi tertentu seperti melasma atau acanthosis nigricans. Jika Anda tidak memiliki kondisi tersebut, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kulit.

Mengatasi ketiak hitam dengan cara alami

masker alami wajah

Bagi Anda yang tak ingin mengalami efek samping dari perawatan medis, Anda bisa memilih menggunakan bahan-bahan rumahan. Selain lebih ekonomis, bahan-bahan ini juga cenderung lebih jarang menghasilkan efek samping.

1. Lemon

Lemon adalah pemutih alami yang dapat mencerahkan semua bagian kulit termasuk ketiak. Tidak hanya itu, lemon juga berfungsi sebagai bahan antiseptik, yang dapat menghilangkan bau pada ketiak.

Tetapi, Anda sebaiknya tidak menggosokkan lemon secara langsung pada ketiak karena asam sitrat yang terdapat pada lemon terlalu keras dan menyebabkan kulit kering. Maka dari itu, lebih baik campurkan lemon dengan bubuk kunyit, yogurt tanpa rasa, atau madu.

2. Kentang

Sama seperti lemon, kentang juga merupakan pemutih alami. Namun, kentang tidak membuat kulit kering seperti lemon dan juga tidak menyebabkan iritasi.

Untuk mengatasi ketiak hitam menggunakan kentang, Anda bisa langsung menggosokkan potongan kentang pada ketiak atau memasukkan kentang ke dalam blender terlebih dahulu, lalu oleskan ke ketiak.

3. Mentimun

Selain menghilangkan lingkaran hitam pada mata, mentimun juga dapat menghilangkan noda hitam pada ketiak. Caranya dengan menggosokkan potongan mentimun pada ketiak. Mentimun akan memutihkan sekaligus melembapkan kulit. Anda juga dapat mencoba cara ini bersamaan dengan jus lemon atau madu.

4. Kulit jeruk

Asam sitrat pada kulit jeruk dapat mengatasi kulit ketiak yang hitam. Caranya adalah dengan mengeringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari selama 3-4 hari atau sampai kulit jeruk mengering.

Giling hingga menjadi serbuk dan simpan di tempat yang tertutup rapat. Ambil dua sendok teh serbuk kulit jeruk dan campur dengan air mawar. Oleskan pada ketiak dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam seminggu.

5. Minyak kelapa

Tiada yang tak bisa dilakukan oleh minyak kelapa. Minyak kelapa merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk kesehatan dan kecantikan. Pemulihan dengan minyak kelapa membutuhkan proses yang lama. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memakainya setiap hari. Pijat ketiak Anda dengan minyak kelapa selama 10-15 menit sebelum mandi.

6. Kunyit

Kunyit efektif untuk memulihkan kulit iritasi, menyamarkan noda dan pigmentasi. Caranya ialah dengan mengambil kunyit bubuk atau serut dan campurkan dengan dua sendok makan lotion. Campurkan keduanya dan oleskan ke ketiak secara merata.

Selain itu, Anda juga dapat mencampurkan kunyit bubuk, jus tomat, dan susu. Diamkan selama 30-60 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Tidak hanya dapat memutihkan kulit, kunyit bisa juga untuk menghilangkan bau pada ketiak. Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Melasma: Diagnosis and treatment. (n.d.). American Academy of Dermatology Association. Retrieved 4 May 2021, from https://www.aad.org/public/diseases/a-z/melasma-treatment

Melasma: Treatment, Causes, & Prevention. (2020). Cleveland Clinic. Retrieved 4 May 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21454-melasma#management-and-treatment

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adinda Rudystina Diperbarui 04/05/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro