home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sebelum Mencoba, Ketahui Dulu Apa Bedanya BB, CC, dan DD Cream

Sebelum Mencoba, Ketahui Dulu Apa Bedanya BB, CC, dan DD Cream

Sekilas BB, CC, dan DD cream terdengar sama. Namun, beda nama pasti beda pula, kan, kegunaannya? Dari ketiga jenis cream tersebut, BB cream mungkin lebih familiar. Sebelum memilih atau memakai BB, CC, dan DD cream, kenali dulu fungsi dari masing-masing cream tersebut. Info selengkapnya, simak dalam artikel ini.

BB cream

BB cream merupakan singkatan dari Blemish Balm Cream atau Beauty Balm. Krim ini terdiri atas foundation ringan dan moisturizer yang cocok digunakan untuk makeup Anda sehari-hari. BB Cream memiliki kandungan SPF, pelembap, serta antioksidan dengan tingkat ketebalan medium untuk melindungi kulit dari sinar radiasi matahari. Jadi, ketika Anda mengenakan BB cream, Anda sudah tidak perlu lagi memakai pelembab atau tabir surya karena kedua skin care tersebut sudah ada di dalam BB cream.

BB cream cocok untuk Anda yang kurang suka pakai foundation tebal untuk tampilan makeup sehari-hari tapi tetap ingin menyamarkan bercak atau noda kehitaman di wajah. Jadi, cream yang satu ini sangat cocok digunakan saat Anda tidak punya banyak waktu untuk merias wajah tapi ingin bisa tampil cantik dan segar dalam waktu singkat.

Jangan lupa tentukan pilihan produk BB cream yang sesuai dengan jenis kulit Anda agar hasil optimal bisa Anda dapatkan. Untuk tampilan minimalis, Anda bisa pakai BB cream setelah mencuci wajah, menggunakan sedikit highlighter, lalu sempurnakan dengan lipstik favorit, maka Anda sudah siap untuk beraktivitas seperti biasa.

CC cream

Sedangkan CC cream adalah kepanjangan dari Color Correcting atay Coverage Control. Sekilas memang hampir tidak ada perbedaannya dengan BB cream. Namun, fungsi utama CC cream adalah untuk meratakan warna kulit agar tidak terlihat belang. Anda yang memiliki masalah kulit wajah seperti kemerahan, warna kulit yang tidak merata, noda hitam dan bekas jerawat, CC cream bisa jadi pertimbangan sebagai alas bedak pilihan Anda.

Hal itu berkat adanya kandungan N-acetyl glucosamine dan niacinamide yang membantu mengurangi perubahan warna pada kulit atau hyperpigmentation. Selain itu, CC cream juga memiliki kandungan anti aging yang membantu mengurangi kerutan pada wajah.

Pakailah CC cream sebelum menambahkan makeup lain agar kulit wajah dapat menyerap makeup dengan baik. Pasalnya formula CC cream akan membantu Anda mendapatkan tampilan wajah yang lebih halus dan bercahaya.

DD Cream

Nah, yang terakhir, Daily Defense Cream atau DD cream merupakan cream yang dirancang dengan gabungan manfaat dari BB cream dan CC cream. Meskipun produk ini belum seterkenal BB cream dan CC cream, namun manfaat yang bisa Anda rasakan sangat banyak.

Pada umumnya DD cream berfungsi untuk memberi perlindungan untuk kulit, meratakan warna kulit, dan membuat kulit lebih cerah dan segar sehingga sering disebut sebagai satu krim yang multifungsi. Meski teksturnya agak berat, tapi bisa sangat membantu melembapkan kulit dengan cukup baik.

Bahkan DD cream tidak hanya bisa Anda gunakan di area wajah, tapi juga seluruh tubuh. Mulai dari kaki, tangan, dan lutut. SPF dan nutrisinya pun lebih banyak dari BB cream, atau pun CC cream. Jadi, untuk perawatan tubuh supaya tampak cerah dan terhindar dari penuaan dini, DD cream bisa jadi sebuah solusi alternatif.

Jika Anda membutuhkan foundation, primer, pencerah, pelembab, serum, penyamar noda hitam, serta anti aging, Anda bisa mendapatkan semuanya dalam satu produk ini sekaligus. Itu sebabnya, DD cream dapat menjadi produk makeup pilihan bagi Anda yang membutuhkan kepraktisan.

Hal yang harus diperhatikan

Hal yang harus diperhatikan sebelum memakai BB, CC, dan DD cream adalah jangan lupa untuk selalu menggunakan dan pakai produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jadi, selalu baca baik-baik kandungan setiap jenis krim yang ada pada label kemasan sebelum Anda gunakan. Jangan sampai produk yang Anda pakai tidak cocok untuk jenis kulit dan kebutuhan Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What’s the Difference Between BB, CC, and DD Creams? – http://www.womenshealthmag.com/beauty/bb-cream diakses pada 12 Juli 2017

What Are BB Cream – http://www.webmd.com/beauty/features/beauty-balms-bb-creams#1 diakses pada 12 Juli 2017

What Is CC Cream and Why Is Everyone Obsessed With It? – http://www.rd.com/health/beauty/what-is-cc-cream/ diakses pada 12 Juli 2017

Beginner’s Guide To BB, CC, and DD Creams – https://www.babble.com/beauty/beginners-guide-to-bb-cc-and-dd-creams/ diakses pada 12 Juli 2017

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 06/09/2017
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x