Air Kelapa Punya Banyak Khasiat, Tapi Apa Boleh Diminum Oleh Bayi?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Air kelapa sering kali dianggap sebagai minuman yang punya banyak khasiat untuk kesehatan bayi. Meski banyak yang menyarankan hal ini, mungkin Anda masih ragu jika memberikan air kelapa untuk bayi. Sebenarnya, boleh tidak ya si kecil dikasih air kelapa?

Bolehkah memberikan air kelapa untuk bayi?

Jawabannya tentu saja boleh. Hanya saja, ada aturan usia tertentu jika ingin memberikan air kelapa untuk bayi. Bayi baru diizinkan minum air kelapa saat usianya sudah lebih dari 6 bulan.

Idealnya Anda dapat memberikannya sekitar usia 6-8 bulan, atau bersamaan dengan waktu bayi mulai mencoba makanan pendamping ASI.

Tak kalah seperti susu dan jus buah, air kelapa juga menyumbang beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh bayi. Dilihat dari kandungan nutrisinya, secangkir air kelapa bisa memberikan 9 gram karbohidrat, 2 gram protein, 3 gram serat, 0,5 gram lemak, serta beragam vitamin dan mineral lainnya yang semakin melengkapi zat gizi di dalamnya, dikutip dari Healthline.

Di samping itu, air kelapa juga kaya akan elektrolit, seperti kalium, kalsium, dan magnesium, yang membantu menunjang fungsi organ-organ tubuh. Kandungan gula dan kalorinya yang rendah turut menambah daftar manfaat jika memberikan air kelapa untuk bayi.

Minuman ini juga digadang-gadang dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, meredakan konstipasi, sumber antioksidan, hingga sumber hidrasi yang baik bagi tubuh.

minum air kelapa

Namun hati-hati, air kelapa bisa memicu alergi

Selain diminum langsung, air kelapa juga bisa diolah bersama makanan padat lainnya sebagai sarapan, makan siang, maupun makan malam si kecil. Namun, sebaiknya tetap hati-hati sebelum memberikan air kelapa untuk bayi.

Pastikan dulu bayi tidak memiliki alergi apa pun dengan kelapa dan semua olahannya. Untuk mengetahuinya, tunggu sampai beberapa hari setelah bayi pertama kali mencoba minum air kelapa, sebelum beralih ke jenis makanan dan minuman baru lainnya.

Jika memang memiliki alergi, biasanya gejalanya akan muncul beberapa hari kemudian. Artinya, Anda tidak bisa lagi memberikan kelapa dan produk olahannya untuk si kecil. Akan tetapi, bila si kecil tampak baik-baik saja dan malah menyukainya, berarti tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca