Manfaat Protein Whey untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Protein whey merupakan bentuk turunan protein yang selama ini dikenal sangat bermanfaat dalam pembentukan otot. Namun tidak hanya itu, asupan nutrisi satu ini ternyata sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak. Apa saja di antaranya? Simak ulasan berikut ini.

Apa keunggulan protein whey dibanding jenis protein lain?

susu formula untuk anak

Jenis protein yang dapat ditemukan pada susu adalah whey dan kasein. Keduanya dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan pada anak.

Namun apabila dibandingkan dengan kasein, berdasarkan jurnal yang diterbitkan oleh Department of Human Nutrition, University of Copenhagen, Denmark, protein whey memiliki kualitas yang lebih baik.

Protein whey mudah dan cepat diserap oleh tubuh, maka ini bisa meningkatkan asam amino dalam tubuh secara cepat. Dari berbagai macam asam amino yang terdapat pada protein whey, salah satunya adalah leusin yang penting untuk pertumbuhan otot.

Protein whey dapat membantu meningkatkan sistem imun anak 

Protein dibutuhkan si kecil untuk menunjang tumbuh kembangnya. Agar pertumbuhan anak tidak terganggu karena mudah sakit atau kondisi kesehatan lain, daya tahan tubuh perlu selalu dalam kondisi prima.

Salah satu manfaat protein whey adalah untuk menjaga daya tahan tubuh atau membantu sistem imun bekerja dengan baik. Penelitian dari Montreal Children’s Hospital, Kanada, menyatakan bahwa protein whey dapat membantu tubuh menjaga fungsi imunitas, salah satunya adalah mengurangi respon terhadap atopik asma.

Selain itu, pada jurnal yang diterbitkan oleh U.S. Dairy Export Council berjudul Whey Protein and Immunity,  protein whey mengandung setidaknya empat kali lebih banyak asam amino jika dibandingkan dengan jenis protein lain. Oleh karena itu, dengan sifatnya yang juga mudah diserap oleh tubuh, protein ini dapat mendukung kinerja daya tahan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan membantu meningkatkan pembentukan glutamin yang merupakan bagian penting dari proses fungsi sistem imun.

Dibandingkan dengan protein lainnya, protein whey memiliki kemampuan yang unik dalam mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh. 

Protein whey mempengaruhi fungsi kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan produksi glutathione (GSH). GSH merupakan pusat dari sistem antioksidan dalam tubuh yang mengatur berbagai aspek dalam fungsi sistem imun.

Ketika sistem imun anak bekerja dengan baik, tubuh dapat melawan berbagai penyebab penyakit seperti bakteri, virus, dan parasit yang masuk dalam tubuh anak. 

Protein whey mendorong pertumbuhan fisik anak

anak minum susu sapi whey protein

Protein whey juga berpotensi untuk meningkatkan massa otot anak. Dengan pertumbuhan otot yang maksimal, perkembangan tubuh si kecil akan lebih sehat dan seimbang.

Sebuah jurnal yang dilansir oleh The Journal of Nutrition memaparkan beberapa manfaat dari whey protein. Jurnal tersebut menyatakan bahwa memberikan protein whey untuk anak dapat meningkatkan kualitas protein sehingga berpotensi berpotensi membantu melancarkan metabolisme tubuh. 

Membantu mengatasi atau memulihkan anak yang mengalami malnutrisi

whey protein untuk anak

Protein whey telah terbukti dapat membantu mengatasi kekurangan nutrisi pada anak. Hal ini telah dianalisis dalam dua penelitian ilmiah. 

Studi pertama dilansir pada sebuah artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Maternal & Child Nutrition. Artikel tersebut menyimpulkan bahwa protein whey  efektif untuk menggantikan susu suplemen biasa (susu sapi atau jenis lain)  dalam mengatasi malnutrisi akut yang parah. Protein ini terbukti dapat membantu mengembalikan berat badan anak-anak dalam riset tersebut. 

Studi kedua menganalisis manfaat protein whey dalam pengaruhnya terhadap malnutrisi akut menengah. Studi yang diterbitkan oleh The American Journal of Clinical Nutrition ini menemukan bahwa anak yang diberikan protein whey mengalami pemulihan dan peningkatan pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan anak yang diberikan protein soya.

Dengan manfaatnya dalam memulihkan malnutrisi, protein whey dapat membantu memenuhi asupan nutrisi harian anak jika diberikan jumlah atau takaran yang tepat.

Protein whey dapat membantu mendorong daya tahan tubuh anak dalam mencegah berbagai penyakit. Ditambah lagi, protein ini juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan anak dan bahkan dapat membantu mengatasi malnutrisi

Berkat sifatnya yang mudah diserap oleh tubuh, protein whey baik diberikan pada anak untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Anda dapat memilih susu yang mengandung protein whey khusus anak agar sistem imunnya tetap terjaga dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ibu Harus Tahu, Ini Beda Kandungan Protein dalam Susu Kedelai dan Susu Sapi

Cari tahu perbedaan protein susu sapi dan susu soya untuk si kecil. Pastikan kandungan susu yang ibu berikan baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
protein susu soya
Serat Anak, Parenting, Nutrisi Anak 3 Juli 2020 . Waktu baca 6 menit

Kebutuhan Asupan Nutrisi yang Perlu Dipenuhi Anak Aktif dan Suka Olahraga

Ketika anak suka olahraga atau termasuk aktif beraktivitas, penting untuk menyesuaikan asupan nutrisi agar tumbuh kembangnya tetap optimal.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
oleharaga untuk anak
Parenting, Nutrisi Anak 30 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

Cara Protein Whey Membantu Tubuh Anak Tetap Fit saat Puasa

Protein penting untuk dikonsumsi anak, karena mampu meningkatkan kesehatan saat puasa. SImak jenis protein yang efektif memberi manfaat untuk si kecil.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
protein untuk anak saat puasa
Parenting, Nutrisi Anak 5 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

4 Manfaat Penting Protein bagi Penderita Kanker

Kebutuhan protein harian mau tidak mau harus dipenuhi oleh penderita kanker meski tidak selera makan. Apa sebenarnya manfaat protein untuk penderita kanker?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
protein untuk penderita kanker
Nutrisi, Hidup Sehat 27 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kandungan asi

Mengenal ASI: Jenis, Warna, Kandungan, dan Kebutuhan Harian untuk Bayi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 14 menit
anak tidak nafsu makan

Kenapa Anak Saya Sekarang Jadi Tidak Nafsu Makan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 6 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
asupan nutrisi yang baik membantu pertumbuhan tinggi badan anak

Peran Penting Nutrisi dalam Pertumbuhan Tinggi Badan Anak

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
kwashiorkor adalah

Kwashiorkor, Masalah Gizi yang Ditandai dengan Rambut Berwarna Kuning Seperti Jagung

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 14 menit