Perlukah Mencuci Baju Bayi Pakai Detergen Khusus?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Punya bayi yang baru lahir pasti sangat menyenangkan, tapi di lain sisi Anda juga harus siap dengan segala keperluan si kecil. Tak hanya memerhatikan asupan makan, Anda juga harus memerhatikan perawatan tubuhnya. Ini mulai dari sabun mandi, jenis bahan pakaian yang akan digunakan, hingga produk detergen khusus yang digunakan untuk mencuci baju bayi. Sebenarnya, perlu atau tidak menggunakan detergen khusus untuk mencuci pakaian si buah hati?

Apakah perlu mencuci baju bayi dengan detergen khusus?

Mungkin ketika bayi belum lahir, Anda tidak terlalu memerhatikan dan kurang peduli dengan produk detergen yang digunakan selama ini. Yang Anda tahu, yang penting produk detergen tersebut bisa bikin baju lebih bersih dan tentunya wangi. Namun, saat bayi sudah lahir, Anda baru menyadari bahwa tidak semudah itu memilih produk detergen untuk bayi.

Ya, banyak orangtua yang mengira bahwa mereka membutuhkan detergen khusus untuk mencuci baju bayi. Akan tetapi, apakah benar mencuci baju bayi tidak bisa menggunakan detergen yang biasa dipakai keluarga?  

Sebenarnya, Anda tak perlu menggunakan detergen khusus untuk mencuci pakaian si kecil. Kecuali jika memang bayi Anda punya kulit yang sensitif atau suatu alergi tertentu, misalnya terhadap pewangi dari detergen yang selama ini Anda pakai. Jika bayi Anda tak punya masalah kulit seperti itu, maka aman-aman saja untuk menggunakan detergen pakaian yang biasanya Anda gunakan untuk mencuci baju keluarga.

Bila memang si kecil punya kulit yang sensitif, maka ketika ia menggunakan pakaian yang dicuci dengan detergen biasa, mungkin muncul gejala-gejala seperti:

Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya segera periksakan si kecil ke dokter dan sebaiknya ganti produk detergen khusus pakaian bayi. Namun, bila memang si kecil tidak menunjukkan tanda-tanda apa pun, hal tersebut tak diwajibkan. Anda bisa, kok, tetap mencuci baju bayi dengan detergen yang biasa Anda gunakan.

Terkadang, beberapa produk detergen khusus pakaian bayi justru tidak ampuh menghilangkan kotoran. Jika begitu, Anda bisa memilih produk detergen biasa yang tidak berwarna dan tak mengandung zat pewangi berlebihan. Biasanya, detergen yang seperti itu cenderung lebih aman untuk kulit si kecil.

bahan baju untuk bayi

Bagaimana mencuci baju bayi yang tepat?

Tak hanya memilih detergen saja, cara mencucinya juga harus Anda perhatikan, tidak bisa sembarangan. Berikut adalah beberapa tips mencuci pakaian si kecil:

  • Pisahkan baju yang kena kotoran dan tidak. Hal ini dilakukan agar baju yang kotor bisa Anda cuci sampai bersih dan kotorannya tak mengenai baju lainnya.
  • Gunakan air dengan suhu yang tepat. Anda sebaiknya merendam pakaian bayi yang kotor dengan air panas selama 10-15 menit sebelum dicuci.
  • Hindari menggunakan pelembut dan pewangi pakaian. Biasanya produk tersebut memiliki zat kimia yang dapat membuat kulit si kecil iritasi dan alergi.
  • Keringkan baju bayi di bawah terik matahari. Jangan hanya mengandalkan mesin pengering saja, setelah dikeringkan sebaiknya tetap jemur pakaian si kecil di bawah sinar matahari agar tidak lembap dan tumbuh jamur.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Yang juga perlu Anda baca