5 Cara Menurunkan Demam Anak dan Menjaganya Tetap Sejuk

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Demam pada anak belum tentu berbahaya, karena peningkatan suhu tubuh sebanrnya bertujuan untuk membantu melawan peradangan atau infeksi. Demam ringan mungkin tidak terlalu mengkhawatirkan. Namun, demam tinggi bisa berbahaya, terutama bagi bayi dan anak usia dini. Orang tua harus memperhatikan bagaimana anak terlihat dan berperilaku daripada hanya memeriksa termometer.

Bagaimana cara menurunkan demam pada anak?

1. Jangan bungkus dengan selimut dan jaket tebal

Jika anak Anda tetap aktif, makan dengan baik, minum cukup cairan, dan terutama buang air kecil dalam jumlah normal, maka obat tidak diperlukan. Untuk mendinginkan tubuh anak, orang tua dapat memakaikan pakaian tipis daripada membalutnya dengan selimut.

2. Kompres dengan lap lembab

Pastikan bahwa anak Anda mendapatkan istirahat yang cukup dan tempatkan kain lap yang lembap dan sejuk pada daerah ketiak atau lipatan paha anak dan ganti dengan yang baru saat lap tersebut tidak lagi terasa sejuk. Menyalakan kipas angin pada pengaturan rendah juga dianjurkan untuk membuat udara di sekitar anak Anda bergerak.

3. Mandikan dengan air suam-suam kuku

Memandikan anak yang sedang demam adalah kebiasaan yang umum. Pastikan bahwa airnya suam-suam kuku, dan bukan dingin, untuk menurunkan suhu tubuh. Mengoleskan obat gosok pada kulit membuat kulit terasa lebih sejuk. Namun, efek mendinginkan ini tidak membantu karena dapat menyebabkan menggigil, yang meningkatkan suhu tubuh inti anak.

4. Pastikan anak banyak minum

Pastikan bahwa anak mendapatkan cukup cairan dan makanan yang sejuk, untuk membantu mendinginkan tubuh dari dalam ke luar dan tetap terhidrasi. Jaga agar ruangan tetap dingin dan kering. Suhu ruangan yang tinggi dapat membuat demam bertahan lebih lama dan menyebabkan keringat berlebihan yang membuat anak mengalami dehidrasi.

5. Kalau perlu, gunakan obat

Acetaminophen memang membantu menurunkan demam, tetapi dosis untuk bayi dan anak-anak tergantung pada berat badan dan usia, dan harus didiskusikan dengan dokter anak. Baca petunjuk dosis pada kemasan dengan seksama. Obat penurun demam harus dilengkapi dengan alat takar untuk mengukur dosis dengan benar.

Kapan harus membawa anak ke dokter saat demam?

Segera hubungi dokter jika anak berusia di bawah 3 bulan dan terkena demam. Untuk bayi usia 3 sampai 5 bulan, hubungi dokter jika suhu tubuhnya mencapai 38°C atau lebih. Untuk bayi di atas usia 6 bulan, hubungi dokter jika demamnya mencapai sekitar 39°C atau lebih.

Terlepas dari usia anak, jika orang tua menyadari adanya gejala serius dari infeksi seperti sulit bernapas atau bercak ungu pada kulit, segera hubungi dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca