Forumen

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Penggunaan

Apa fungsi forumen?

Forumen adalah obat tetes telinga yang mengandung natrium dokusat (sodium docusate). Kandungan utama dari obat forumen ini dapat mengencerkan kotoran yang menumpuk di dalam telinga agar lebih mudah dikeluarkan. 

Forumen biasanya digunakan untuk mengencerkan dan menghancurkan tumpukan kotoran telinga yang susah dibersihkan.

Obat tetes telinga ini bisa digunakan baik oleh anak-anak, orang dewasa, hingga lanjut usia (lansia) dan hanya dapat dibeli dengan resep dokter. 

Bagaimana cara penggunaan forumen?

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menggunakan forumen, di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Gunakan obat ini sesuai dengan yang disarankan oleh dokter atau yang tertera pada kemasan obat.
  • Jika Anda ragu dengan berbagai penjelasan serta keterangan yang terdapat di kemasan obat, tanyakan kepada dokter atau apoteker. 
  • Hanya gunakan obat ini selama dua malam berturut-turut saat benar-benar dibutuhkan.
  • Jika setelah dua hari penggunaan obat kondisi Anda tidak segera membaik, atau justru semakin memburuk, segera hubungi dokter. 
  • Jika Anda menggunakan dosis forumen lebih banyak dari seharusnya, ada kemungkinan obat ini akan meresap melalui telinga ke dalam tubuh Anda. 

Langkah-langkah penggunaannya adalah sebagai berikut.

  • Pertama miringkan kepala Anda dan posisi telinga yang hendak di tetesi menghadap ke atas. 
  • Teteskan forumen sesuai dosis yang dianjurkan ke telinga Anda.
  • Pertahankan posisi kepala Anda dengan telinga menghadap ke atas.  
  • Setelah itu, letakkan kapas kecil sebagai alat pembersih kotoran di lubang telinga yang telah ditetesi. 
  • Sebaiknya gunakan obat ini pada malam hari sebelum Anda pergi tidur. 
  • Keesokan paginya, tarik kapas kecil yang diletakkan di dalam telinga. Saat itu kapas kecil tersebut sudah berisi kotoran telinga yang berhasil diencerkan dan keluar dari telinga Anda. Dengan begitu, telinga Anda akan bersih kembali. 
  • Pada kasus-kasus yang cukup sulit, terkadang dokter harus memasukkan jarum suntik yang sudah ditetesi air hangat untuk menarik kotoran keluar dari telinga. 

Hindari menggunakan cotton bud saat membersihkan telinga karena dapat membuat kotoran justru semakin masuk ke dalam lubang.

Bagaimana cara meyimpan forumen?

Forumen paling baik disimpan pada suhu ruangan. Sebaiknya jauhkan obat ini dari paparan cahaya secara langsung serta hindari untuk meletakkannya di tempat yang lembap.

Suhu penyimpanan forumen yang paling tepat adalah sekitar 25 derajat Celcius. Jangan menyimpan obat tetes telinga ini di dalam kamar mandi dan jangan pula membekukannya atau hanya sekedar menyimpannya di dalam freezer. 

Selalu perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda jika ada penjelasan yang tidak Anda mengerti. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda dengan forumen. Jauhkan obat tetes telinga ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.  

Jika obat ini sudah habis masa berlakunya atau sudah tidak diperlukan lagi, buang obat ini. Namun, jangan menyiramkan obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan demikian di kemasan atau oleh dokter Anda.

Konsultasikan kepada apoteker mengenai bagaimana cara aman membuang obat ini agar tidak mencemari lingkungan. 

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis forumen untuk orang dewasa?

Dosis dewasa untuk membersihkan kotoran telinga

Gunakan cairan obat secukupnya selama dua malam berturut-turut. 

Dosis yang sama juga berlaku untuk lansia. 

Bagaimana dosis forumen untuk anak-anak?

Dosis anak-anak untuk membersihkan kotoran telinga

Gunakan cairan obat secukupnya selama dua malam berturut-turut.

Jumlah tetesan obat yang dibutuhkan mungkin akan lebih sedikit dibandingkan jumlah tetesan yang digunakan oleh orang dewasa. 

Dalam dosis apakah forumen tersedia?

Obat tetes, 10 mililiter (mL). 

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi akibat penggunaan forumen?

Sama halnya dengan obat-obatan lain, obat ini juga berpotensi menimbulkan efek samping.

Efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh penggunaan forumen di antaranya: 

Alergi

Anda mungkin memiliki reaksi alergi terhadap obat tetes ini. Reaksi tersebut termasuk:

  • ruam kulit
  • kulit gatal
  • kulit kemerahan
  • kulit melepuh atau terkelupas disertai demam maupun tidak
  • pembengkakan mulut, wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan
  • mengi atau nafas berbunyi
  • dada sesak
  • kesulitan bernafas, mengunyah, dan berbicara
  • suara serak

Sakit di telinga

Meski jarang, Anda mungkin juga merasakan sakit yang menyengat. Tetapi rasa sakit ini biasanya tidak berlangsung lama. Jika memang berlangsung lama, jangan melanjutkan penggunaan obat keesokan harinya. 

Obat ini juga mungkin menimbulkan rasa sakit saat digunakan ketika ada luka di lubang telinga. Jika efek samping di atas bertambah parah atau menjadi semakin serius dampaknya, segera laporkan pada dokter atau apoteker. 

Perlu diingat bahwa dokter memberikan resep ini karena dokter telah melakukan pemeriksaan pada tubuh dan kondisi kesehatan Anda dan menilai bahwa manfaat yang Anda dapatkan dari penggunaan obat ini akan lebih besar daripada risiko efek sampingnya. 

Tidak semua orang mengalami efek samping yang telah disebutkan. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas.

Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu yang Anda rasakan setelah menggunakan forumen, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan & Pencegahan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan forumen?

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan lakukan sebelum menggunakan forumen adalah sebagai berikut. 

  • Pastikan Anda tidak alergi terhadap forumen atau kandungan yang terdapat di dalamnya, yaitu docusate. Dokter mungkin dapat menyarankan dosis tertentu atau obat lain yang lebih sesuai dengan kondisi Anda. 
  • Jangan menggunakan obat ini jika terdapat lubang di gendang telinga Anda. 
  • Jangan menggunakan obat ini jika telinga mengalami iritasi atau masalah kulit lainnya di area telinga. 
  • Jangan menggunakan obat ini jika Anda memiliki eksim di area telinga. 
  • Beri tahu dokter Anda mengenai segala jenis obat resep, nonresep, vitamin, serta obat herbal yang Anda gunakan atau hendak Anda gunakan.
  • Jangan gunakan obat-obatan ini pada anak usia di bawah 12 tahun kecuali jika diinstruksikan oleh dokter. 
  • Jangan berikan obat ini kepada orang lain. Obat ini hanya diresepkan oleh dokter untuk menangani masalah Anda. Jika diberikan kepada orang lain, belum tentu kondisi yang dialami sama dengan kondisi Anda. Hal ini dapat membahayakan kondisi orang lain, karena Anda belum tahu pasti apakah obat ini sesuai dengan kebutuhan orang lain. 
  • Anda masih diperbolehkan menggunakan obat ini saat hendak mengemudi atau melakukan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi karena obat ini tidak mempengaruhi penglihatan Anda atau mengurangi konsentrasi Anda. 

Apa forumen aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Jika Anda sedang hamil atau berencana hamil, menggunakan forumen masih diperbolehkan untuk Anda. Sebagai obat tetes telinga dan bukannya obat minum, obat ini tidak akan masuk ke dalam tubuh Anda selama tidak terserap oleh kulit dan masuk ke dalam tubuh. 

Begitu juga dengan ibu menyusui, penggunaan forumen masih tergolong aman. Hal ini disebabkan forumen tidak dikonsumsi melainkan hanya digunakan sebagai obat tetes telinga.

Sehingga obat ini tidak masuk ke dalam tubuh dan tidak akan keluar melalui Air Susu Ibu (ASI) dan tidak akan membahayakan bayi. Pastikan saat menggunakan obat tetes telinga, Anda tidak sedang menggendong bayi. 

Interaksi

Obat lain apa yang dapat berinteraksi dengan forumen?

Interaksi yang terjadi antara dua obat di dalam tubuh Anda, berpotensi mengubah kinerja obat yang Anda konsumsi atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Meski begitu, tidak semua kemungkinan interaksi tercantum dalam artikel ini. 

Sebaiknya simpan daftar semua produk yang Anda gunakan, baik obat resep, obat nonresep, vitamin, serta produk herbal. Lalu, konsultasikan kepada dokter dan apoteker.Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat yang Anda gunakan tanpa persetujuan dokter Anda. 

Meski obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan bersamaan dalam satu waktu yang sama, beberapa kasus tertentu menunjukkan bahwa interaksi mungkin terjadi meski dua obat digunakan pada waktu yang berbeda. 

Jika Anda mengalami kondisi tersebut, dokter Anda mungkin akan mengubah dosis obat-obatan yang sedang Anda gunakan. Dokter mungkin juga akan melakukan tindakan pencegahan lain yang mungkin Anda perlukan. 

Docusate, kandungan utama dari forumen dapat berinteraksi dengan beberapa obat berikut: 

Lactulose

Interaksi yang terjadi antara docusate dengan lactulose dapat mempengaruhi cara kerja lactulose. Namun interaksi ini hanya mungkin terjadi jika Anda mengonsumsi kedua jenis obat ini secara bersamaan. Interaksi ini hampir tidak mungkin terjadi saat docusate hanya digunakan sebagai bahan aktif dari obat tetes. 

Mineral Oil

Interaksi yang terjadi antara docusate dengan minyak yang mengandung mineral (mineral oil) berpengaruh dapat meningkatkan efek samping dari penggunaan mineral oil sehingga kedua obat ini tidak sebaiknya digunakan bersamaan.

Namun, interaksi ini hanya mungkin terjadi jika docusate dikonsumsi atau diminum. Interaksi mungkin tidak terjadi jika docusate hanya digunakan untuk obat tetes saja.  

Phenolphthalein

Interaksi yang terjadi antara kedua obat ini dapat meningkatkan efek samping dari phenolphthalein, oleh sebab penggunaan kedua obat ini tidak disarankan jika dilakukan bersamaan.

Namun, docusate dalam furamen mungkin tidak akan berinteraksi dengan obat-obatan yang dikonsumsi karena docusate yang terdapat dalam furamen tidak masuk ke dalam tubuh.  

Linaclotide

Meski tidak berbahaya, hindari penggunaan docusate bersamaan dengan linaclotide karena kedua obat ini dapat berinteraksi. Tetapi sama halnya dengan interaksi lain yang mungkin terjadi, interaksi antara dua obat ini sangat kecil terjadi jika docusate hanya digunakan sebagai obat tetes saja. 

Meski tidak dikonsumsi, kemungkinan terjadinya interaksi antar obat tetap ada. 

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan forumen?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Selalu diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Forumen adalah obat tetes telinga yang tidak masuk ke dalam pencernaan, sehingga kemungkinan interaksi obat ini dengan makanan atau alkohol di dalam tubuh hampir tidak ada.

Tetapi, gunakan obat ini dengan hati-hati dan pastikan saat menggunakan obat ini, Anda sedang tidak makan karena mungkin saja tetesan obat jatuh ke dalam makanan dan tidak sengaja terkonsumsi. 

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan forumen?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh anak Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat-obatan tertentu. Namun, obat ini hampir tidak mungkin berinteraksi dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Hal ini disebabkan, forumen adalah obat tetes telinga yang tidak dimaksudkan untuk dikonsumsi oleh tubuh Anda. 

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Jika jumlah tetesan obat yang Anda gunakan melebihi jumlah tetesan yang Anda perlukan, obat ini mungkin meresap masuk ke dalam tubuh Anda melalui kulit telinga Anda. Meski begitu, Anda mungkin tidak akan menemui masalah overdosis saat menggunakan obat ini. 

Tetapi jika Anda mengalami iritasi kulit, segera beri tahu dokter Anda. Diskusikan mengenai kemungkinan overdosis lainnya bersama dengan ahli medis profesional.  

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis forumen?

Mengingat obat tetes telinga ini hanya digunakan saat terjadi penumpukan kotoran telinga, jangan gunakan obat ini jika sedang tidak diperlukan karena mungkin saja obat ini justru meningkatkan risiko efek sampingnya pada tubuh Anda. 

Saat diperlukan, hanya gunakan obat ini pada malam hari sebelum tidur, dan dilakukan selama dua hari berturut-turut. Jangan menggunakan obat ini lebih dari dua hari selama pemakaian. Jika kondisi Anda tidak membaik setelah dua hari penggunaan, segera hubungi dokter. 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber