Nama Generik: Oseltamivir Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa oseltamivir?

Oseltamivir adalah obat yang digunakan untuk mengobati gejala yang disebabkan oleh virus flu (influenza). Obat ini bekerja meringankan gejala (seperti hidung tersumbat, batuk, sakit tenggorokan, demam / menggigil, nyeri, kelelahan) dan mempersingkat waktu pemulihan dalam 1-2 hari. Obat ini juga bertindak sebagai terapi pencegahan flu jika Anda telah memiliki kontak dengan seseorang yang sedang terjangkit flu (seperti anggota keluarga yang sakit) atau jika ada wabah flu di masyarakat. Obat ini bekerja dengan menghentikan pertumbuhan virus flu. Obat ini bukan pengganti vaksin flu.

Bagaimana cara penggunaan oseltamivir?

Bacalah panduan obat dan Brosur Informasi Pasien yang disediakan apotek, jika ada, sebelum Anda mulai menggunakan obat ini dan setiap kali Anda membeli ulang. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker. Konsumsi obat ini melalui mulut, dengan atau tanpa makanan. Anda dapat mengonsumsinya dengan makanan atau susu untuk meminimalisir risiko maag. Segera konsumsi obat ini setelah gejala awal dari flu muncul atau sesegera mungkin setelah Anda terkena flu. Oseltamivir bekerja paling baik jika Anda mulai mengonsumsinya dalam waktu 2 hari semenjak kontak pertama dengan virus flu. Kocok botol dengan baik sebelum menakar dosis. Apoteker Anda akan menyediakan dosis dispenser oral. Takar dosis dengan hati-hati menggunakan perangkat seperti yang diinstruksikan. Berhati-hatilah untuk tidak keliru antara dosis oseltamivir dalam miligram (mg) dengan dosis dalam mililiter (ml). Apoteker Anda harus menunjukkan dengan tepat berapa banyak obat yang digunakan untuk setiap dosis. Konsumsi dosis langsung di mulut. Jangan dicampur dengan cairan lainnya. Setelah setiap penggunaan, bilas dispenser dengan air keran dan biarkan kering dengan sendirinya. Jika Anda kehilangan atau merusak dispenser dosis, konsultasikan apoteker Anda tentang jarum suntik oral apa yang harus Anda gunakan, sebagai alternatif, dan bagaimana untuk mengukur dosis dengan benar. Jika Anda mengalami flu, konsumsi oseltamivir seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya dua kali sehari selama 5 hari. Untuk mencegah flu, konsumsi oseltamivir seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya sekali sehari selama setidaknya 10 hari. Ikuti petunjuk dokter untuk lama waktu konsumsi obat ini. Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda, fungsi ginjal, dan respon terhadap pengobatan. Pada anak-anak, dosis juga didasarkan pada berat badan. Obat ini bekerja paling baik bila jumlah obat dalam tubuh Anda disimpan pada tingkat yang konstan. Oleh karenanya, gunakanlah obat ini pada jarak waktu yang sama setiap harinya. Lanjutkan menggunakan obat ini selama waktu yang ditentukan. Menghentikan pengobatan terlalu dini memungkinkan virus untuk terus tumbuh, yang dapat mengakibatkan infeksi kambuh atau kegagalan untuk melindungi Anda dari flu. Beri tahu dokter jika kondisi Anda tidak mengalami perubahan atau semakin buruk atau jika muncul gejala baru.

Bagaimana cara penyimpanan oseltamivir?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap.Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda.Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                             Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan.Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis oseltamivir untuk orang dewasa?

Dosis untuk Influenza pada orang dewasa 75 mg oral dua kali sehari selama 5 hari Indikasi yang disetujui: Pengobatan akut, infeksi influenza tanpa komplikasi pada pasien bergejala tidak lebih dari 48 jam Dosis untuk Influenza Profilaksis pada orang dewasa Kontak dengan orang yang terinfeksi: 75 mg per oral sekali sehari selama setidaknya 10 hari Selama wabah influenza: 75 mg oral sekali sehari

Bagaimana dosis oseltamivir untuk anak-anak?Dalam dosis apakah oseltamivir tersedia?

Dosis untuk Influenza pada anak-anak Usia 2 minggu – <1 tahun: 3 mg / kg secara oral dua kali sehari 1 – 12 tahun: <15 kg: 30 mg oral dua kali sehari 15,1 – 23 kg: 45 mg oral dua kali sehari 23.1 – 40 kg: 60 mg oral dua kali sehari >40,1 kg: 75 mg oral dua kali sehari >13 tahun: 75 mg oral dua kali sehari Durasi terapi: 5 hari Indikasi yang disetujui: Pengobatan infeksi influenza akut, tidak rumit pada pasien (2 minggu atau lebih) gejala tidak lebih dari 48 jam Dosis untuk Influenza Profilaksis pada anak-anak 1 – 12 tahun: <15 kg: 30 mg oral satu kali sehari 15,1 – 23 kg: 45 mg oral satu kali sehari 23.1 – 40 kg: 60 mg oral satu kali sehari >40,1 kg: 75 mg oral satu kali sehari >13 tahun: 75 mg oral satu kali sehari Durasi terapi: -Setelah kontak langsung dengan individu yang terinfeksi: 10 hari -Selama wabah influenza: dapat dilanjutkan hingga 6 minggu

Dalam dosis apakah oseltamivir tersedia?

Kapsul 30mg; 45mg; 75mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena oseltamivir?

Segera hentikan penggunaan oseltavimir dan cari pertolongan medis apabila Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: ruam, kesulitan bernapas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan, ruam kulit merah-merah dan melepuh atau kulit mengelupas. Beberapa orang yang mengonsumsi oseltamivir memiliki efek samping linglung mendadak, delirium, halusinasi, perilaku yang tidak biasa, atau melukai diri sendiri. Gejala ini dilaporkan umum terjadi pada anak-anak. Tidak diketahui apakah oseltamivir yang menjadi penyebab pasti gejala-gejala tersebut. Namun, siapapun yang menggunakan oseltamivir harus diawasi dengan ketat untuk tanda-tanda kebingungan atau perilaku yang tidak biasa. Segera hubungi dokter jika Anda atau anak-anak yang menggunakan oseltamivir memiliki gejala-gejala tersebut. Efek samping yang lebih ringan termasuk:

  • mual, muntah, diare
  • pusing, sakit kepala
  • mimisan
  • kemerahan pada mata dan ketidaknyamanan
  • masalah tidur (insomnia); atau
  • batuk atau gejala pernapasan lainnya

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan oseltamivir?

Dalam memutuskan untuk menggunakan obat ini, risiko penggunaan obat harus dipertimbangkan terhadap manfaat dari obat ini sendiri. Ini adalah keputusan yang disepakati Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, hal berikut harus dipertimbangkan: Alergi Beri tahu dokter jika Anda pernah memiliki reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lainnya. Dan juga beritahu ahli kesehatan jika Anda memiliki jenis lain dari alergi, seperti untuk makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk non-resep, bacalah label atau bahan yang terkandungdengan hati-hati. Anak-anak Oseltamivir tidak diindikasikan untuk mengobati flu pada anak-anak berusia 2 minggu dan tidak juga untuk mencegah flu pada anak-anak berusia 1 tahun. Keamanan dan kemanjurannya belum ditentukan. Lansia Penelitian memadai yang dilakukan sampai saat ini belum menunjukkan masalah geriatri khusus yang akan membatasi kegunaan oseltamivir pada orang tua.

Apakah oseltamivir aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA) Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA: A= Tidak berisiko B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian C=Mungkin berisiko D=Ada bukti positif dari risiko X=Kontraindikasi N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan oseltamivir?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter. Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat yang diresepkan bersama-sama, dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Warfarin

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan oseltamivir?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan oseltamivir?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • penyakit jantung
  • penyakit yang disebabkan oleh virus selain influenza tipe A atau B
  • penyakit hati, berat
  • penyakit paru-paru
  • masalah medis serius yang mungkin perlu masuk ke rumah sakit
  • lemahnya sistem imun – keamanan obat ini untuk orang-orang dengan kondisi ini belum ditentukan
  • intoleransi terhadap fruktosa (pemanis buatan) turunan – gunakan dengan hati-hati. Suspensi oral mengandung sorbitol, yang dapat membuat kondisi ini menjadi lebih buruk
  • penyakit ginjal – gunakan dengan hati-hati. Efek dapat ditingkatkan karena ekskresi obat dari tubuh akan berjalan lebih lambat

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat. Gejala-gejala overdosis, termasuk:

  • mual
  • muntah

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.   Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan