Nama Generik: Hydrogen Peroxide Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa Hydrogen Peroxide?

Hydrogen Peroxide adalah obat antiseptik ringan yang digunakan pada kulit dengan fungsi untuk mencegah infeksi dari luka potong, luka gores atau luka bakar ringan. Obat ini juga dapat digunakan sebagai pencuci mulut untuk membantu membersihkan mukosa atau untuk meredakan iritasi mulut ringan (misalnya karena kanker/sariawan, radang gusi). Produk ini bekerja dengan mengeluarkan oksigen jika dipakai. Pengeluaran oksigen menyebabkan busa, yang membantu pengangkatan kulit mati dan membersihkan area. Produk ini tidak boleh digunakan untuk mengobati luka dalam, gigitan binatang, atau luka bakar berat.

Dosis Hydrogen Peroxide dan efek samping Hydrogen Peroxide akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Hydrogen Peroxide?

Jangan menggunakan pada mata atau pada area kulit yang luas.

Jika Anda menggunakan produk ini pada kulit, bersihkan area sebelum pemakaian. Pakaikan sedikit obat pada are tersebut, biasanya 1-3 kali sehari atau sesuai anjuran dokter. Jika Anda menggunakan perban setelah menggunakan obat ini, keringkan area terlebih dahulu. Jika Anda menggunakan produk ini sebagai pembersih mulut, campurkan dengan air berjumlah sama sebelum menggunakan. Kumur dalam mult selama minimal 1 menit, lalu buang. Jangan menelan obat ini. Cucilah hingga 4 kali sehari atau sesuai anjuran dokter gigi atau dokter.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan setiap hari dalam waktu yang sama.

Beritahukan dokter jika kondisi Anda tidak membaik dalam 7 hari atau memburuk. Jika Anda berpikir Anda memiliki masalah kesehatan serius, carilah perawatan medis segera.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan Hydrogen Peroxide?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Hydrogen Peroxide untuk orang dewasa?

Mulut/tenggorokanStomatitis akut Dewasa: 1.5% solution digunakan sebagai pencuci mulut atau obat kumur.Otic/AuralMengangkat kotoran telingaDewasa: dilusi 6% hydrogen peroxide solution dengan 3 bagian air, sesaat sebelum menggunakan. Topikal/KulitPembersih lukaDewasa: 6% solution atau 1-1.5% krim.

Bagaimana dosis Hydrogen Peroxide untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah Hydrogen Peroxide tersedia?

Hydrogen Peroxide tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut.

Gel: 90gm x 2 tubes, 90gm x 3 tubes, 90gm x 4 tubes, 90gm x 5 tubes, 90gm x 6 tubes, 90gm x 12 tubes (1 case), 90gm x 24 tubes (2 cases), 90gm x 36 tubes (3 cases), 90gm x 48 tubes (4 cases), 90gm x 60 tubes (5 cases), 90gm x 72 tubes (6 cases), 90gm x 144 tubes (12 cases)

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Hydrogen Peroxide?

Kemerahan, rasa pedas atau iritasi pada tempat yang dioleskan. Jika efek tersebut menetap atau memburuk, hubungi dokter atau apoteker segera. Jika dokter menganjurkan Anda untuk menggunakan produk ini, ingatlah bahwa dokter sudah menilai potensi manfaat pada Anda lebih besar dari risiko efek samping. Banyak orang menggunakan obat ini tidak mengalami efek samping serius.

Berhenti menggunakan obat ini dan beritahukan dokter jika Anda mengalami tanda infeksi kulit (misalnya panas, nyeri, bernanah).

Reaksi alergi yang sangat serius sangat jarang. Meski begitu, carilah perawatan medis segera jika Anda mengalami reaksi alergi serius: ruam, gatal/bengkak (khususnya wajah/lidah/tenggorokan), pusing berat, masalah pernapasan.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Hydrogen Peroxide?

Sebelum menggunakan hydrogen peroxide, Beritahukan dokter dan apoteker jika Anda alergi obat ini; atau jika Anda memiliki alergi lain.

Apakah Hydrogen Peroxide aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Hydrogen Peroxide?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Hydrogen Peroxide?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Hydrogen Peroxide?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, khususnya:

  • Dermatitis seboroik
  • Eksim
  • Kulit merah atau kasar, termasuk kulit yang terbakar matahari—iritasi kulit akan terjadi jika Hydrogen peroxide digunakan pada pasien dengan kondisi ini.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan