Clotrimazole obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Clotrimazole Merek: Bernesten, Candazole, Canesten Krim Canesten C, Canesten Bubuk Canesten, Canesten Canesten SD/Can, Dermifar, Kanesol, Kranos, Lotremin, Trimadan dan clotrimazole adalah.

Penggunaan

Untuk apa clotrimazole?

Clotrimazole adalah obat untuk mengobati infeksi kulit seperti kutu air (athlete’s foot), infeksi jamur pada area selangkangan, kulit bersisik, dan infeksi jamur kulit lainnya (candidiasis). Selain itu, obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi pityriasis (tinea versicolor), yaitu infeksi jamur yang menyebabkan kulit menerang (panu) atau menggelap pada leher, dada, lengan, atau kaki.

Clotrimazole adalah obat anti jamur golongan azole yang bekerja mencegah pertumbuhan jamur. Dosis clotrimazole dan efek samping clotrimazole akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan clotrimazole?

Gunakan obat ini hanya pada kulit. Bersihkan dan keringkan area yang akan diobati. Oleskan obat ini di kulit yang terkena, biasanya dua kali sehari atau sesuai dengan arahan dokter. Dosis dan lama pengobatan tergantung jenis infeksi. Jangan gunakan obat ini lebih sering dari yang disarankan.

Kondisi Anda tidak akan membaik lebih cepat, tapi efek samping mungkin akan memburuk. Oleskan obat secukupnya untuk menutupi area yang terpengaruh dan sebagian kulit di sekitarnya. Setelah mengoleskan obat, cuci tangan Anda. Jangan membungkus, menutupi, atau membalut area jika tidak disuruh oleh dokter.

Jangan gunakan obat di mata, hidung, mulut, atau vagina.

Gunakan obat ini secara teratur agar mendapatkan manfaat maksimal. Ingat untuk menggunakannya pada waktu yang sama setiap hari.

Lanjutkan pengobatan sampai habis, walaupun gejala sudah menghilang setelah mulai menggunakan clotrimazole. Menghentikan pengobatan terlalu dini mungkin dapat membiarkan jamur tetap tumbuh, yang mungkin bisa mengakibatkan kambuhnya infeksi.

Beri tahu dokter jika kondisi Anda tidak kunjung membaik setelah 4 minggu pengobatan atau memburuk dalam waktu manapun.

Bagaimana cara penyimpanan clotrimazole?

Clotrimazole adalah salah satu obat yang baiknya disimpan pada suhu ruangan, jauh dari cahaya dan kelembapan. Jangan simpan di dalam kamar mandi dan jangan membekukan obat. Obat dengan merek yang berbeda-beda mungkin mempunyai cara menyimpan yang berbeda. Periksa kotak produk untuk mencari tahu instruksi bagaimana cara menyimpannya, atau tanya apoteker. Jauhkan obat dari anak-anak dan binatang peliharaan.

Dilarang mengguyur obat di dalam toilet atau membuangnya ke dalam saluran pembuangan jika tidak disuruh. Buang produk ini dengan benar jika sudah melewati batas waktu atau tidak dibutuhkan lagi. Konsultasi dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal untuk detail lebih mendalam tentang bagaimana membuang produk dengan aman.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis clotrimazole untuk orang dewasa?

Untuk mengatasi berbagai infeksi kulit karena jamur, dosis clotrimazole adalah mengoleskan secukupnya di area kulit yang terkena dan di sekitarnya dua kali sehari selama 4 minggu,. Banyaknya pengguaan obat tergantung sifat dan keparahan infeksi.

Bagaimana dosis clotrimazole untuk anak-anak?

Untuk mengatasi berbagai infeksi kulit pada anak-anak, dosis clotrimazole adalah mengoleskan secukupnya di area kulit yang terkena dan di sekitarnya dua kali sehari selama 4 minggu,. Banyaknya pengguaan obat tergantung sifat dan keparahan infeksi.

Dalam dosis apakah clotrimazole tersedia?

Kesediaan dosis clotrimazole adalah:

  • Gel 1 persen
  • Tablet vagina 100 mg dan 500 mg
  • Larutan topikal 1 persen

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena clotrimazole?

Jarang terjadi efek samping setelah menggunakan clotrimazole. Namun pada beberapa orang, efek samping clotrimazole adalah:

  • Mual atau muntah
  • Sakit perut
  • Gatal-gatal
  • Sensasi panas atau terbakar di kulit

Tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda mengalami kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan clotrimazole?

Dalam membuat keputusan untuk menggunakan obat, risiko meminum obat harus dipertimbangkan melawan manfaatnya. Beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum minum obat clotrimazole adalah:

  • Alergi. Bertahu dokter kalau Anda pernah mengalami reaksi alergi atau gejala tidak biasa terhadap obat ini atau obat-obatan lainnya. Beri tahu dokter jika Anda mempunyai jenis alergi lain, misalnya makanan, pewarna, pengawet, atau hewan.
  • Anak-anak. Obat ini telah diujicobakan pada anak-anak, dan, dengan dosis yang efektif, belum dibuktikan dapat menyebabkan efek samping atau masalah berbeda dari obat untuk orang dewasa.
  • Lansia. Tidak ada informasi lengkap yang membandingkan manfaat clotrimazole topikal untuk orang lanjut usia dengan kelompok usia lebih mudah. Namun, obat ini kemungkinan tidak menyebabkan efek samping atau masalah berbeda jika digunakan pada lansia.

Apakah clotrimazole aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat, atau yang setara dengan Badan POM di Indonesia.

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A = Tidak berisiko
  • B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C = Mungkin berisiko
  • D = Ada bukti positif dari risiko
  • X = Kontraindikasi
  • N = Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan clotrimazole?

Walaupun beberapa jenis obat tidak bisa diminum secara bersamaan, ada juga kasus dimana obat bisa diminum serentak jika ada interaksi. Dalam kasus ini, dokter mungkin mengubah dosis, atau mungkin perlu adanya pencegahan. Beritahu petugas kesehatan profesional bila Anda minum obat dengan atau tanpa resep.

Menggunakan obat ini bersamaan dengan obat-obatan lain di bawah ini biasanya tidak disarankan, tapi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat diresepkan serentak, dokter mungkin akan mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan satu atau kedua obat.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan clotrimazole?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan clotrimazole?

Adanya masalah medis lainnya mungkin mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter kalau Anda memiliki masalah medis lainnya.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: September 26, 2018

Yang juga perlu Anda baca