backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Penggemar Kopi Wajib Coba 8 Biji Kopi Terbaik di Indonesia Ini

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 11/12/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

    Penggemar Kopi Wajib Coba 8 Biji Kopi Terbaik di Indonesia Ini

    Indonesia memiliki banyak perkebunan kopi dan bahkan biji kopi yang dihasilkan pun telah terkenal hingga ke mancanegara. Untuk bisa menikmati secangkir kopi, Anda perlu memilih biji kopi berkualitas yang sesuai dengan selera. Yuk, simak ulasan mengenai macam-macam biji kopi terbaik berikut ini!

    Cara memilih biji kopi terbaik

    Sebelum mengetahui cara memilih biji kopi, Anda perlu tahu bahwa Indonesia menghasilkan jenis-jenis kopi terbanyak, yakni arabika dan robusta.

    Biji kopi arabika memiliki bentuk sedikit memanjang dan pipih. Apabila dibandingkan dengan macam-macam biji kopi lainnya, arabika memiliki aroma khas yang wangi dan kaya.

    Sementara robusta, memiliki rasa yang cenderung lebih pahit tapi kopi ini harganya lebih murah daripada lainnya.

    Nah, biji kopi yang berkualitas tidak hanya memberikan rasa yang nikmat, tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

    Dalam situs Harvard T.H. Chan terungkap fakta, konsumsi 3 hingga 5 cangkir kopi standar setiap hari secara konsisten, dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa penyakit kronis, seperti:

    • kanker,
    • penyakit jantung, hingga
    • depresi.

    Selain itu, penting untuk memilih sesuai dengan rasa dan aroma yang paling Anda sukai. Anda bisa mengetahui rasanya dengan membaca review dari konsumen.

    Tentukan pula cara Anda saat hendak minum kopi. Sebab, ada beberapa biji atau bubuk kopi yang lebih nikmat bila dicampur dengan susu atau gula.

    Rekomendasi biji kopi terbaik

    Kopi hitam dan biji kopi
    top view coffee cup and coffee beans on dark table

    Setelah mengetahui jenis-jenis biji kopi, berikut ini adalah rekomendasi terbaik yang bisa jadi pilihan untuk menemani keseharian Anda.

    1. Excelso Kopi Robusta Gold

    Biji kopi robusta merk Excelso ini memiliki tekstur yang lembut dengan aroma kacang dan sereal.  Di akhir ada sentuhan citarasa coklat yang membuat Anda ingin menikmati kopi ini lagi.

    Kopi ini juga cocok untuk disajikan dengan berbagai metode penyeduhan, baik manual maupun mesin kopi.

    Untuk menjaga rasa kopi dan kesegaran aromanya, simpan kopi Excelso dalam wadah kedap udara atau kotak vakum dan letakan pada tempat yang kering dan sejuk. 

    Nomor registrasi BPOM: MD 268613078005

    2. Sakha Coffee Arabika Gayo

    Sakha Coffee adalah produsen kopi yang bekerjasama langsung dengan para petani kopi untuk menciptakan rasa dan kualitas yang konsisten hingga siap Anda nikmati.

    Kopi ini terbuat dari 100% kopi arabika terbaik yang berasal dari Gayo, Aceh, Sumatra. Dengan tingkat keasaman rendah, kopi ini memiliki aroma yang manis, fruity, floral, dan chocolaty.

    Menariknya, Anda dapat menikmati dengan cara, baik dengan tambahan gula, susu, krim, maupun tanpa campuran apapun.

    Nomor registrasi P-IRT : 30/B.56/31.75

    3. Otten Kopi Arabica Flores Bajawa

    Sesuai namanya, Otten Kopi Arabica Flores Bajawa terbuat dari 100% kopi arabika terbaik yang berasal dari Flores, Bajawa, Nusa Tenggara Timur.

    Kopi ini melalui proses full washed dry hulling sehingga menghasilkan tekstur body yang penuh, keasaman yang rendah, rasa karamel manis, serta aroma ceri dan blueberry

    Selain itu, Otten Kopi Arabica Flores Bajawa memiliki kemasan yang praktis dan elegan, mudah untuk disimpan dan dibawa.

    Nomor registrasi P-IRT: 5.10.1275.01.0082.22

    4. WoCA Kopi Robusta Gayo

    Kalau Anda mencari biji kopi berkualitas dengan harga yang terjangkau, WoCA Kopi Robusta Gayo bisa jadi solusinya.

    Ketika menyeduh kopi ini dengan air panas, aroma yang akan muncul seperti gula aren, tembakau, dan cokelat.

    Sementara untuk tingkat keasaman kopi WoCA Kopi Robusta Gayo tergolong rendah, sehingga tidak perlu khawatir akan mengganggu lidah Anda.

    Nomor registrasi P-IRT: 5103671030281-21

    5. JJ Royal Coffee Aceh Gayo Arabica Beans

    JJ Royal Coffee Aceh Gayo Arabica Beans terbuat dari 100% kopi arabika terbaik yang berasal dari dataran tinggi Gayo, daerah pegunungan Aceh Tengah yang ada di ujung Utara Sumatera, Indonesia. 

    Kopi ini melalui proses roasting yang profesional sehingga menghasilkan kualitas premium “Specialty Grade 1″ jenis kopi Arabika Aceh Gayo yang terbaik di Indonesia. 

    Sementara itu, biji kopi terbaik dari JJ Royal memiliki aroma bunga yang harum, rasa yang ringan dan kompleks. Tingkat keasamannya pun seimbang dengan after taste yang awet di mulut.

    Nomor registrasi BPOM: MD 66861002932

    6. KAPAL API Drip Toraja Peaberry 

    Anda pasti sudah familiar dengan merk yang satu ini, kan? Ya, Kapal Api mengeluarkan produk Drip Toraja Peaberry dengan kualitas yang tidak perlu Anda ragukan lagi.

    Peaberry atau Kopi Lanang adalah buah kopi yang mengandung 1 biji kopi karena umumnya terdapat 2 biji kopi dan ini hanya dapat ditemukan 5% dari total panen. 

    Kombinasi yang pas dalam kemasan kantong saring (drip bag) menghasilkan kopi dengan aroma harum, cita rasa khas dan unik, serta bebas ampas.

    Nomor registrasi BPOM: MD 268713087005

    7. ARUTALA Kopi Toraja Rantebua Robusta

    ARUTALA terbuat dari 100% kopi robusta terbaik yang berasal dari Bokin Village, Rantebua, North Toraja Regency, Sulawesi Selatan.

    Kopi ini memiliki tekstur body yang medium, tingkat keasaman rendah, dan aroma kakao dan ceri. Bagi Anda penggemar kopi, wajib coba kopi merk ARUTALA ini karena rasanya nikmat.

    Nomor registrasi P-IRT: 5103671010408-26

    8. Artcofie Java Robusta

    Kopi Java merupakan kopi yang berasal dari Jawa Timur, Indonesia. Artcofie Java Robusta menjadi pilihan terbaik pecinta robusta karena memiliki rasa pahit.

    Sementara itu, teksturnya medium sehingga cocok Anda minum pada berbagai kesempatan.

    Produk ini tersedia dalam bentuk biji atau bubuk kopi yang dikemas dengan one way valve dan alumunium foil untuk menjaga kesegaran dan kualitas rasanya.

    Nomor registrasi BPOM: MD 668613004596

    Itulah pilihan macam-macam biji kopi terbaik di Indonesia. Kira-kira produk mana yang menarik untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari?

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Fakta medis diperiksa oleh

    Hello Sehat Medical Review Team


    Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 11/12/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan