backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Perlukah Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur? Ini Manfaat dan Tipsnya

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang · Tanggal diperbarui 20/11/2023

Perlukah Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur? Ini Manfaat dan Tipsnya

Saat tidur, tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan selama kurang lebih 8 jam, sehingga seringkali timbul rasa haus setiap bangun tidur. Kebiasaan mengonsumsi air putih setelah bangun tidur dianggap bermanfaat bagi kebugaran tubuh. Benarkah demikian? Berikut penjelasan seputar minum air putih setelah bangun tidur.

Apa manfaat minum air putih setelah bangun tidur?

Sebagian besar organ tubuh manusia membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya, Anda perlu minum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mengoptimalkan kinerja organ-organ tubuh. 

Salah satu waktu yang tepat untuk minum air putih adalah setelah bangun tidur. Sejumlah manfaat berikut bisa jadi alasannya.

1. Mendukung metabolisme tubuh

Minum air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang berguna bagi produktivitas Anda saat beraktivitas.

Penelitian Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism Menunjukkan

dalam laman The Health Sciences Academy, minum 500 ml air dapat meningkatkan laju metabolisme sebesar 30 persen pada pria dan wanita.

Hal ini tentunya dapat mendukung sistem organ tubuh Anda agar dapat bekerja secara optimal, sekaligus membantu membakar kalori lebih banyak.

2. Membantu mengontrol nafsu makan

Selama tidur, lambung Anda berada dalam keadaan kosong sepanjang malam, sehingga memicu rasa lapar ketika bangun di pagi hari.

Rasa lapar saat bangun tidur tak jarang dapat memicu keinginan untuk makan terlalu banyak saat sarapan.

Guna mengatasinya, minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu Anda mengendalikan keinginan untuk makan berlebihan.

Pasalnya, air putih bisa mengisi lambung dan meregang dinding lambung, sehingga Anda tidak akan merasa cepat lapar.

3. Mendukung hidrasi kulit

Adapun manfaat lain dari mengonsumsi air putih setelah bangun tidur adalah untuk membantu menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik. 

Hal ini penting, mengingat sebagian besar orang mengalami kondisi kulit kering saat bangun tidur karena tidak adanya asupan cairan selama beberapa jam tidur.

Kulit kering akibat dehidrasi bisa teratasi dengan mengonsumsi air putih setelah bangun tidur di pagi hari. Kebiasaan ini juga dapat menjaga kulit tetap lembap selama seharian.

Tips mengonsumsi air putih setelah bangun tidur

Agar beragam manfaat di atas dapat Anda peroleh secara maksimal, Anda perlu mengetahui tips mengonsumsi air putih berikut ini.

1. Rutin menempatkan air minum di meja kamar tidur

Guna membiasakan diri untuk rutin mengonsumsi air putih setelah bangun tidur, cobalah untuk selalu sedia air putih di dalam kamar terutama di dekat kasur Anda.

Anda dapat meletakkan segelas atau sebotol air mineral di meja dekat kasur, supaya tidak lupa dan bisa menjangkaunya dengan mudah setiap kali bangun tidur.

Dengan membiasakan hal ini, Anda akan lebih rajin untuk mengonsumsi air putih setiap pagi hari.

2. Memperhatikan takaran dan suhu air

Meski dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh, ada baiknya Anda tetap memperhatikan takaran air mineral yang akan dikonsumsi setelah bangun tidur.

Mengingat kondisi perut Anda yang tidak terisi selama beberapa jam, sebaiknya konsumsi air putih secukupnya atau sekitar 1-2 gelas. Sesuaikan takaran air dengan kondisi tubuh agar Anda tetap merasa nyaman.

Selain itu, cobalah untuk mengonsumsi air dalam suhu ruang, agar lebih nyaman untuk dikonsumsi di pagi hari setelah bangun tidur.

3. Memilih air tinggi mineral agar tubuh semakin bugar

Guna mendapatkan beragam manfaat mengonsumsi air putih di pagi hari, pastikan Anda memilih air mineral yang terjamin kualitasnya.

Pilihlah air mineral yang diproses secara murni dari pegunungan alami supaya kandungan mineralnya bisa mendukung kebugaran tubuh Anda.

Keamanan dan manfaat mengonsumsi air mineral setelah bangun tidur

Pada dasarnya, mengonsumsi air putih dalam kemasan aman untuk Anda lakukan. Namun, mengingat banyaknya produk air kemasan yang dijual di pasaran, ada baiknya Anda memilih produk yang tepat.

Pasalnya, tidak semua air kemasan mengandung mineral yang cukup untuk mendukung kesehatan tubuh Anda.

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih air kemasan yang memiliki kadar mineral tinggi, sehingga dapat memberi manfaat bagi kesehatan.

AQUA bisa jadi pilihan tepat karena AQUA merupakan air mineral 100% murni yang berasal dari 19 pegunungan terlindungi di Indonesia.

Branded Image aqua

Sumber air AQUA berada di lapisan terdalam, dan tentunya memiliki lapisan pelindung, sehingga aman dari pencemaran.

 Air AQUA juga tersaring secara alami oleh lapisan bebatuan yang kaya mineral, menghasilkan air minum yang mengandung mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh.

AQUA memiliki rasa dingin alami walau tidak didinginkan, sehingga membuat tubuh terasa segar dan bugar sebelum memulai aktivitas. Selalu perhatikan pemenuhan cairan tubuh Anda untuk kualitas hidup yang lebih baik!

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang · Tanggal diperbarui 20/11/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan