backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

Effort dalam Hubungan, Ini Arti dan Cara Menunjukkannya

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Bayu Galih Permana · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

Effort dalam Hubungan, Ini Arti dan Cara Menunjukkannya

Effort adalah salah satu kunci supaya hubungan langgeng dan berjalan dengan lancar. Namun, tidak sedikit orang yang belum memahami cara menunjukkannya kepada pasangan. Akibatnya, pasangan pun merasa tidak dicintai sepenuh hati.

Apa itu effort dalam hubungan?

Secara harfiah, effort berarti usaha. Sementara itu, effort dalam hubungan adalah bentuk upaya seseorang untuk melakukan segala sesuatu yang terbaik bagi pasangannya.

Upaya yang ditunjukkan untuk pasangan ini nilainya akan jauh melebihi materi. Perlakuan yang diterima membuat mereka merasa dihargai dan dicintai dengan sepenuh hati oleh diri Anda.

Beberapa contoh effort dalam hubungan yang sederhana, tetapi penuh makna adalah sebagai berikut.

  • Menemani pasangan selama sakit.
  • Memperlakukan pasangan seperti raja atau ratu.
  • Bekerja keras untuk bisa segera menikahi pasangan.
  • Memberikan sesuatu yang disukai pasangan, misalnya bunga atau makanan.

Cara menunjukkan effort ke pasangan

suplemen vitalitas pria atau obat kuat

Hubungan tanpa effort biasanya berujung pada kekecewaan dan perpisahan. Oleh karena itu, penting bagi pasangan untuk saling berupaya memberikan yang terbaik dalam hubungan. 

Apabila Anda kesulitan untuk menunjukkan effort dalam hubungan, berikut ini adalah sejumlah tips yang dapat dilakukan.

1. Selalu berikan dukungan kepada pasangan

Dukungan dapat membuat pasangan merasa menjadi bagian dari Anda. Selain saat pasangan merasa sedih atau terpuruk, Anda juga bisa menunjukkan dukungan saat pasangan melakukan hal yang disukainya.

Jika pasangan Anda sedang berusaha meraih tujuan tertentu, berikan dorongan agar ia dapat meraihnya. Cobalah untuk selalu memberikan dukungan pada impian dan ambisi pasangan.

2. Hargai pasangan

Agar effort lebih terlihat oleh pasangan, hargai juga setiap usaha yang telah dilakukannya untuk Anda. Pastikan Anda selalu berterima kasih untuk tiap bentuk kasih sayang yang ditunjukkan.

Mengabaikan perhatian dari pasangan bisa menimbulkan rasa frustasi dan insecure. Akibatnya, usaha yang Anda lakukan untuk pasangan pun tidak akan dihargai.

3. Ekspresikan kasih sayang dengan cara yang disukai pasangan

Penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang disukai pasangan. Hal ini akan membantu Anda dalam menentukan tindakan kepadanya.

Saat Anda mengekspresikan cinta dengan cara yang ia sukai, pasangan akan merasa spesial dan diperhatikan. 

Tak melulu berupa hadiah yang mewah atau makan malam romantis, tindakan sesederhana quality time berdua bisa saja terasa lebih bermakna bagi mereka.

4. Berusaha ada untuk pasangan

Ketika pasangan sedang membutuhkan kehadiran Anda, effort yang bisa Anda tunjukkan ialah meluangkan waktu untuknya. 

Anda cukup mendengarkan pasangan dan berusaha untuk memahaminya tanpa perlu memberi komentar, kecuali bila diminta.

Tindakan ini akan membuat pasangan tidak merasa sendiri. Kehadiran Anda juga dapat membantu meredam emosi yang tengah dirasakannya.

5. Bangun komunikasi dengan baik

berusaha untuk membangun komunikasi yang baik merupakan effort dalam hubungan

Dilansir dari HelpGuide, komunikasi adalah salah satu kunci agar hubungan berjalan dengan baik. Lewat komunikasi yang baik, Anda bisa saling mengerti perasaan satu sama lain.

Anda bisa memulai topik dengan menanyakan bagaimana harinya. Bahkan, membicarakan hal yang sepele terkadang membantu menjaga dinamika hubungan tetap sehat.

6. Lakukan aktivitas baru bersama

Salah satu cara untuk menunjukkan effort Anda terhadap pasangan yaitu dengan mengajaknya menghabiskan waktu bersama. Lakukan aktivitas yang sama-sama disukai.

Apabila Anda berdua bosan dengan aktivitas tertentu, jangan takut untuk melakukan kegiatan baru. Tindakan tersebut dapat membantu mencegah rasa jenuh dalam hubungan.

7. Perhatikan kekhawatiran pasangan

Jangan mengabaikan kekhawatiran pasangan Anda. Cobalah untuk selalu terbuka dalam menyampaikan perasaan yang mengganjal antara satu sama lain.

Dengan begitu, Anda dan pasangan bisa menemukan solusinya bersama. Jika terus dibiarkan, rasa khawatir yang berlarut-larut dapat berujung pada rusaknya hubungan.

8. Jangan malu untuk meminta maaf

Banyak orang yang sering merasa gengsi untuk meminta maaf kepada pasangan. Bahkan, tak jarang beberapa orang malah melemparkan kesalahan ke pasangannya.

Tindakan yang termasuk dalam bentuk gaslighting ini tentu bisa makin memperkeruh suasana. 

Tidak malu untuk meminta maaf adalah satu langkah untuk berubah menjadi lebih baik. Ini juga merupakan salah satu bentuk komunikasi yang baik.

Setiap orang punya pandangan berbeda untuk menilai effort pasangan. Terlepas dari itu, Anda cukup melakukan yang terbaik dalam hubungan, entah apa pun hasilnya.

Kesimpulan

  • Effort adalah bentuk upaya untuk memberikan yang terbaik dalam hubungan.
  • Tidak selalu berupa barang mewah, effort dalam hubungan bisa ditunjukkan dengan tindakan sederhana yang membuat pasangan merasa berharga dan dicintai.
  • Bentuk effort yang sederhana misalnya dengan memberikan dukungan, bersikap terbuka soal emosi satu sama lain, dan selalu ada saat dibutuhkan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Bayu Galih Permana · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan