backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Pasangan Sering Bilang Anda Cuek? Coba Lakukan Tips Ini!

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 06/11/2023

Pasangan Sering Bilang Anda Cuek? Coba Lakukan Tips Ini!

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan permasalahan dalam suatu hubungan, salah satunya adalah sifat pasangan yang terlalu cuek. Cuek berarti bahwa Anda tidak peka terhadap situasi atau kondisi orang lain, padahal kepedulian merupakan salah satu kunci hubungan yang sehat.

Supaya sifat cuek Anda tidak sampai berdampak buruk pada hubungan, simak informasi berikut untuk mengatasinya.

Cara agar tidak cuek ke pasangan

Sifat cuek sering kali menimbulkan konflik dalam sebuah hubungan. Pasalnya, pasangan Anda akan merasa tidak dipedulikan dan berjuang sendiri dalam hubungan tersebut.

Anda sendiri mungkin hanya belum tahu cara menunjukkan kepedulian. Namun, jika dibiarkan berlarut-larut, hubungan yang telah lama dijalin bisa saja kandas di tengah jalan.

Sebelum terlambat, cobalah beberapa cara berikut agar Anda tidak lagi cuek ke pasangan.

1. Jadi pendengar yang baik

terbuka dengan pasangan

Langkah awal untuk menunjukkan kepedulian pada pasangan supaya tidak dinilai cuek adalah dengan menjadi pendengar yang baik.

Pastikan bahwa saat partner Anda bercerita, Anda tidak asyik sendiri dengan ponsel. Meski terkesan sepele, hal ini berdampak besar pada komunikasi dengan pasangan.

Dengan belajar untuk saling mendengarkan, Anda dan pasangan juga bisa lebih memahami kondisi satu sama lain.

2. Pahami bahasa cintanya

Mengutip laman University of Arkansas System, mengetahui bahasa cinta atau love language pasangan akan memudahkan Amda untuk menunjukkan kasih sayang.

Jika pasangan Anda lebih menyukai sentuhan fisik (physical touch) dibandingkan kata-kata afirmasi (word of affirmation), akan lebih baik jika Anda memberinya pelukan alih-alih kata-kata penyemangat saat ia berada dalam situasi yang sulit.

Anda bisa mengetahui bahasa cinta pasangan dengan bertanya langsung atau memperhatikan kebiasaannya selama ini.

Tahukah Anda?

Terdapat lima bahasa cinta, yaitu kata-kata afirmasi, sentuhan fisik, tindakan atau bantuan (acts of service), memberikan hadiah (gifts giving), dan waktu bersama (quality time).
Setiap orang sebenarnya memiliki kelima bahasa cinta tersebut, hanya saja dengan porsi yang berbeda-beda.

3. Terlibat dalam kehidupan pasangan

Cara selanjutnya agar Anda tidak lagi terkesan cuek pada pasangan adalah dengan terlibat langsung dalam beberapa aspek kehidupannya.

Jika Anda merasa bingung bagaimana mulai melakukannya, jangan ragu untuk bertanya langsung pada pasangan tentang hal apa yang bisa Anda lakukan untuknya.

Menunjukkan kepedulian akan aktivitas pasangan merupakan salah satu cara menunjukkan kasih sayang. Bahkan, cara ini juga bisa membantu menghilangkan sifat cuek Anda sedikit demi sedikit.

Dengan begitu, pasangan Anda akan merasa bahwa Anda juga tertarik untuk lebih mengenalinya. Meski begitu, pastikan bahwa Anda tidak melewati batasan yang telah disepakati bersama.

5. Beri kejutan

Salah satu cara menunjukkan perhatian agar tidak terlihat cuek di mata pasangan adalah dengan memberikan kejutan.

Tidak perlu makan malam mewah atau hadiah mahal, Anda bisa memberikan kejutan sederhana seperti menawarkan jemputan sepulang kerja atau membuatkannya makan malam.

Kejutan juga tidak perlu diberikan setiap waktu. Namun, usahakan untuk memberikannya sesekali supaya pasangan Anda merasa menjadi orang yang spesial.

6. Tunjukkan apresiasi

Ketika pasangan Anda memberikan hadiah atau menunjukkan perhatiannya, jangan lupa untuk menunjukkan rasa terima kasih atau bentuk apresiasi lainnya.

Membuat pasangan merasa dihargai merupakan salah satu cara menghilangkan sifat cuek sekaligus menjaga hubungan tetap harmonis.

Ketika merasa dihargai, pasangan Anda akan menunjukkan lebih banyak perhatian yang tentunya akan membuat Anda juga merasa senang.

7. Perbaiki cara komunikasi

Apakah sifat cuek Anda muncul saat ada hubungan sedang renggang? Jika ya, sebaiknya mulailah mempertimbangkan untuk menghentikannya.

Pasalnya, bersikap cuek saat ada masalah justru bisa memperburuk kondisi hubungan Anda. Anda akan semakin frustrasi, sedangkan pasangan Anda merasa kian diabaikan.

Alih-alih menghindari permasalahan dengan bersikap cuek, akan lebih baik jika Anda dan pasangan sama-sama memperbaiki cara berkomunikasi.

Carilah waktu yang pas untuk mengobrol santai bersama pasangan. Dengan kepala dingin, sampaikanlah uneg-uneg satu sama lain supaya kedua belah pihak bisa menemukan jalan keluar yang terbaik.

Jika Anda sudah melakukan berbagai cara di atas, tetapi pasangan Anda tetap menilai bahwa Anda cuek, tak ada salahnya untuk meminta bantuan pihak ketiga yang netral, misalnya seorang psikolog.

Dengan begitu, Anda bisa menerima pendapat dari seseorang yang bisa dipercaya sehingga salah satu pihak tidak merasa dirugikan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 06/11/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan